10 Manfaat Minum Air Kunyit Sebelum Tidur

Manfaat Minum Air Kunyit Sebelum Tidur – Kunyit meupakan salah satu rempah-rempah yang kerap digunakan sebagai bahan masakan dan bahan jamu tradisional. Selain dapat memberikan warna dan cita rasa yang khas, rimpang kunyit juga memiliki segudang manfaat yang telah terbukti dapat mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Kandungan curcumin dan nutrisi lain yang ada di dalam rimpang kunyit diyakini sangat berkhasiat untuk mengobati masalah pada organ tubuh hingga untuk memerangi infeksi virus dan bakteri.

Tak heran, rimpang kunyit tak jarang digunakan sebagai bahan minuman herbal seperti jamu tradisional. Beberapa jamu tradisional yang menggunakan bahan kunyit diantaranya yaitu jamu kunyit asam, jamu sinom dan lain sebagainya. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa Anda rasakan jika minum air kunyit secara rutin sebelum tidur.

Manfaat Minum Air Kunyit Sebelum Tidur

10 Manfaat Minum Air Kunyit Sebelum Tidur

1. Detoksifikasi Hati

Manfaat yang pertama yaitu mampu mendetoksifikasi racun dalam hati. Rimpang kunyit telah terbukti memiliki segudang manfaat bagi hati. Di dalam tubuh, kunyit akan membersihkan serta mencegah penumpukan asam lemak di organ hati Anda.

Hal inilah yang menyebabakan air kunyit akan secara efektif dapat meningkatkan kinerja organ hati untuk memproses makanan sert asecara teratur membuang zat-zat yang tidak dibutuhkan oleh tubuh.

2. Bantu Kurangi Peradangan

Manfaat selanjutnya dari minum air kunyit sebelum tidur yaitu membantu mengatasi peradangan yang ada pada tubuh. Kandungan kurkumin sebagai komponen utama kunyit memiliki sifat sebagai antioksidan dan anti inflamasi.

Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa kandungan dalam rimpang kunyit ini dapat mengobati peradangan ringan hingga kondisi yang lebih parah seperti radang sendi, penyakit radang usus, pankreatitis, dan lain sebagainya.

3. Membuat Tubuh Mampu Melawan Bakteri

Manfaat minum air kunyit sebelum tidur yang berikutnya yaitu mampu melawan bakteri yang dapat menginfeksi tubuh. Oleh karena itu minuman yang satu ini bisa Anda jadikan sebagai antibiotik tambahan.

Sebuah penelitian telah berhasil menunjukkan bahwa kunyit memiliki sifat antibiotik yang mampu melawan infeksi yang disebabkan oleh bakteri, virus, dan jamur. Hal ini tentu membuat air kunyit sebagai salah satu minuman alami yang baik untuk mengobati pilek dan sakit tenggorokan.

4. Melawan Sel Kanker

Air kunyit juga diyakini dapat membantu dalam melawan penyakit kanker. Rimpang kunyit terkenal dengan kandungan antioksidannya yang melimpah. Selain itu, sejumlah penelitian juga berhasil menunjukkan bahwa antioksidan dalam rimpang kunyit mampu memerangi efek buruk radikal bebas dalam tubuh Anda.

Tentu hal ini dapat menurunkan risiko munculnya penyakit kronis seperti kanker. Tidak hanya mampu mencegah kanker, mengonsumsi air kunyit sebelum tidur juga mampu mengatasi penyakit kanker.

Dalam sebuah studi penelitian membuktikan bahwa dengan mengonsumsi kunyit, Anda dapat menghilangkan sel-sel kanker pada tubuh sekaligus menghentikan pertumbuhan tumor atau sel kanker jahat.

5. Menghilangkan Lemak Tubuh

Mengonsumsi air kunyit sebelum tidur juga diakini dapat mengatasi masalah lemak yang menumpuk di dalam tubuh. Kunyit tak hanya mampu meningkatkan sistem metabolisme tubuh, namun juga dapat mencerna lemak dengan lebih cepat.

Dalam sebuah studi penelitian, berhasil membuktikan bahwa mengonsumsi air kunyit dapat menurunkan berat badan serta mencegah penimbunan lemak di tubuh. Manfaat kunyit yang satu ini tentu bisa Anda rasakan jika dikonsumsi secara teratur.

6. Menjaga Jantung Tetap Sehat

Manfaat minum air kunyit sebelum tidur juga diyakini dapat membuat jantung tetap sehat. Hal ini dikarenakan kandungan dalam rimpang kunyit mampu memblokir pelepasan sitokin yang ada di dalam tubuh.

Sitokin merupakan salah satu zat yang menyebabakan peradangan dan penyakit kardiovaskular. Dengan mengonsumsi air kunyit setiap malam tentu dapat membantu Anda mengurangi risiko penyakit jantung.

7. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Minum air kunyit sebelum tidur juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh Anda. Hal ini berkat kandungan kurkumin sebagai salah satu antioksidan dalam kunyit yang memiliki segudang manfaat. Kandungan yang ada di dalam rempah-rempah ini diyakini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta mencegah efek buruk akibat radikal bebas.

Selain itu, kurkumin juga berperan sebagai modulator imun, yang akan membantu mengatur fungsi sel imun melawan kanker. Lipopolisakarida dalam kunyit juga dikenal dengan sifat anti bakteri dan anti virusnya yang dapat membantu mencegah infeksi.

8. Melancarkan Sistem Pencernaan Serta Menurunkan Berat Badan

Kandungan dalam rimpang kunyit juga dipercaya mampu melancarkan sistem pencernaan. Beberapa kandungan nutrisina diketahui dapat merangsang produksi empedu sehingga sistem pencernaan pun lebih efisien.

Minum air kunyit sebelum tidur juga diyakini dapat meredkaan perut kembung serta produksi gas yang berlebih. Sistem pencernaan yang lancar merupakan kunci metabolisme yang baik.

9. Tingkatkan Kesehatan Kulit

Tak hanya untuk mengobati masalah kesehatan, kunyit juga mampu menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Bahkan di India, kunyit dijadikan sebagai salah satu bagian ritual kecantikan dan perawatan kulit.

Antioksidan yang terkandung dalam kunyit dipercaya dapat menghambat efek buruk yang disebabkan oleh radikal bebas, seperti tanda-tanda penuaan dini. Bila dikonsumsi secara rutin, air kunyit dapat membantu Anda mendapatkan kulit yng lebih cerah, sehat dan awet muda.

10. Mencegah dan Mengatasi Alzheimer

Kandungan kurkumin dalam rimpang kunyit ini juga bermanfaat dalam membantu mengurangi beberapa kondisi neurodegeneratif. Sifat antioksidan dan anti inflamasinya dapat mencegah kerusakan sel, mengatasi peradangan, dan mengurangi  plak atau endapan amiloid. Jika dikonsumsi secara teratur, air knyit dipercaya dapat mencegah beberapa kondisi neurodegenerasi ini.

Demikian beberapa manfaat minum air kunyit sebelum tidur. Meskipun memiliki banyak manfaat, namun konsumsi air kunyit secara berlebihan dapat menimbulkan efek yang buruk bagi tubuh. Oleh karena itu, air kunyit sebaiknya dikonsumsi dalam jumlah sewajarnya saja.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda, jangan lupa kunjungi halaman utama website kami untuk mendapatkan artikel dan informasi menarik lainnya.

Post A Comment