Tips Memilih Beras Pandan Wangi Yang Asli Berkualitas Baik

Berbagai macam-macam beras di Indonesia memang sudah sangat melimpah, salah satu jenis beras yang sering digunakan banyak orang adalah beras pandan wangi. Beras adalah salah satu kebutuhan pokok yang harus selalu terpenuhi. Karena tanpa beras kita tidah bisa membuat nasi yang merupakan makanan pokok orang Indonesia. Jenis beras yang para petani tanam ada banyak seperti beras IR42, Rojolele, Pandan Wangi, Setra ramos, beras merah, dan beras. Namun salah satu yang menjadi favorit banyak orang adalah jenis pandan wangi.

Beras dengan jenis pandan wangi ini sudah banyak digunakan oleh banyak kalangan, karena memang memiliki aroma yang wangi atau harus seperti namanya. Namun dalam memilih beras pun kita perlu selektif agar mendapatkan yang bagus dan berkualitas. Biasanya kualitas dari beras tersebut mempengaruhi harganya yang terbilang jauh lebih mahal. Akan tetapi banyak pula beras dengan harga terjangkau yang kualitasnya baik. Salah satu jenis beras seperti pandan wangi juga banyak yang menjualnya dengan harga murah namun kualitasnya tidak bagus. Hal ini tentu akan membuat para pembeli akan merasa rugi karena membeli beras yang tidak layak atau tidak bagus kualitasnya. Nah, sebaiknya sebelum membeli beras sebaiknya Anda ikuti beberapa tips berikut ini.

  1. Cek Tekstur Berasnya

Ketika membeli beras dengan harga yang murah, hal yang pertama harus diperhatikan adalah memastikan jika beras yang dipilih juga bagus dan berkualitas. Melakukan hal seperti pilah pilih beras tentu sangat wajib dilakukan sebelum membelinya. Tips yang pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan mengecek atau memberhatikan kualitas dari tekstur beras yang dipilih. Pastikan memilih beras yang kokoh dan tidak mudah patah jika dipegang. Jika beras mudah patah maka kualitasnya tidak bagus. Tekstur beras jenis pandan wangi ini umumnya bertekstur pulen dengan bentuk yang terlihat bulat dan berwarna putih kekuningan.

  1. Mencium Aromanya

Biasanya beras yang dibeli akan dapat ditentukan enak atau tidaknya dari rasa nasi ketika matang. Jika Anda salah dalam memilih beras, maka nasi akan memiliki rasa yang kurang enak. Jika seperti itu, maka makanan apapun akan terasa kurang nikmat dengan rasa nasi yang kurang sedap. Nah, untuk mengetahui beras tersebut memiliki kualitas baik atau tidak kita bisa mencium aroma beras. Jika aroma beras tidak bau apek, maka beras tersebut aman dan enak untuk dimasak. Aroma beras jenis pandan wangi cenderung akan berbau harum yang alami, namun hati-hati dengan bau harum yang terlalu menyengat. Karena bisa jadi itu adalah aroma buatan yang sengaja dibuat oleh penjual.

  1. Lihat Kondisi Berasnya

Membeli sesuatu pastikan untuk melihat atau memperhatikan kondisi dari barang tersebut, begitu pula dengan membeli beras harus selalu melihat kondisi beras terlebih dahulu seblum membelinya. Ciri kondisi beras yang bagus dan baik adalah bersih, maksudnya tidak memiliki banyak kerikil ataupun kutu di sekitar beras. Jika bersih, maka kondisi beras tersebut berkualitas baik dan aman untuk dikonsumsi. Namun, akan menimbulkan tanda tanya pula jika beras dalam kondisi berwarna terlalu putih. Karena bisa jadi beras tersebut menggunakan pemutih yang tentu akan membahayakan kondisi kesehatan kita.

Nah, beberapa tips diatas mungkin akan membantu Anda dalam memilih beras yang berkualitas baik dan bagus. Baik itu beras dengan jenis pandan wangi ataupun lainnya, pastikan Anda memilihnya dengan baik dan benar.

Post A Comment