Cara Membuat Tali Tambang Serabut Kelapa

Serabut kelapa tak hanya dapat digunakan sebagai kayu bakar, namun bisa juga disulap menjadi tambang serabut kelapa. Yuk kita simak informasi lengkapnya dalam artikel berikut ini!

Tanaman kelapa juga dikenal sebagai pohon serbaguna karena hampir semua bagiannya dapat dimanfaatkan untuk kehidupan manusia, mulai dari batang, daun, bunga, hingga buahnya. Air dan daging buah kelapa bisa dimanfaatkan untuk menjadi minuman, makanan, santan ataupun minyak kelapa. Tak hanya itu, serabut buah kelapa pun juga bisa dimanfaatkan.

Artikel Lainnya : 8 Resep Dessert Daging Kelapa Muda | Enak dan Mudah

Serabut atau sabut kelapa adalah serat-serat kasar yang melapisi batok kelapa. Serabut kelapa biasa dianggap sebagai limbah dan hanya ditumpuk dibawah tanaman kelapa lalu dibiarkan membusuk dan mengering. Biasanya serabut kelapa dijadikan sebagai kayu bakar.

Namun tahukah Anda? ternyata sabut kelapa juga dapat diubah menjadi produk-produk kerajinan yang memiliki nilai jual. Serabut kelapa sebelumnya diolah terlebih dahulu menjadi serat sabut lalu diolah kembali hingga menjadi produk-produk kerajinan. Diantaranya produk-produk kerajinan dari serabut kelapa yaitu keset, pot, dekorasi, tali tambang dan masih banyak lagi.

Tali tambang dari serabut kelapa dikenal dengan kekuatannya. Selain itu, tambang sabut kelapa juga lebih tahan lama karena tidak mudah berjamur, dan pastinya ramah lingkungan. Cara membuat tambang serabut kelapa bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu secara manual dan dengan menggunakan mesin pemintal sabut kelapa.

Cara Membuat Tambang Serabut Kelapa Secara Manual

Berikut ini langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk membuat tali tambang dari serabut kelapa muda:

  1. Pertama, pisahkan sabut kelapa dari batoknya.
  2. Setelah itu, ambil beberapa serabut kelapa, pastikan jangan terlalu tipis atau terlalu tebal.
  3. Selanjutnya, gabungkan serabut kelapa tersebut dengan cara memutar atau memelintirkannya. Lakukan langkah ini hingga mendapatkan panjang tambang yang diinginkan.
  4. Setelah dirasa cukup, ikat kedua bagian ujungnya. Tali tambang sabut kelapa pun siap digunakan.

Cara Membuat Tambang Dengan Mesin Pemintal Tali

Selain dengan cara manual, Anda juga dapat menggunakan bantuan mesin pemintal tali. Pastikan sabut kelapa sudah dipisahkan, baru kemudian dipintal menggunakan mesin ini. Jika dibandingkan dengan cara manual, hal ini tentu bisa menghasilkan tali yang lebih rapi dan kuat.

Tak hanya dapat digunakan untuk memintal tali yang berasal dari bahan serabut kelapa, mesin ini juga bisa digunakan untuk memintal tali dari eceng gondok, mendong dan bahan lainnya.

Beberapa keunggulan yang bisa Anda dapatkan dengan penggunaan mesin memintal tali serabut kelapa diantaranya yaitu :

  • Mesin pemintal tali serabut kelapa berfungsi untuk memintal sabut kelapa hingga menjadi produk tali tambang
  • Tali tambang yang dihasilkan lebih elastis dan kuat.
  • Mesin pemintal tali ini sangat mudah digunakan atau dioperasikan bahkan oleh pemula sekalipun.
  • Mesinnya memiliki bentuk yang fleksibel sehingga mudah untuk dibawa kemana saja.
  • Penggunaan mesin pemintal tali tidak memakan banyak waktu dan tenaga sehingga lebih efisien.
  • Memudahkan usaha Anda untuk mendapatkan produk tambang yang kuat dan berkualitas.

Biasanya tali tambang serabut kelapa digunakan sebagai cocomesh atau jaring-jarng sabut kelapa yang berfungsi sebagai penguatan tebing, pencegah erosi, penguatan tanah rawan longsor, media tumbuh tanaman, reklamasi bekas tambang atau pantai, penguatan jalur sepanjang rel kereta, penguatan tebing jalan atau jembatan, dan lain sebagainya. Untuk info lebih lanjut tentang cocomesh, Anda bisa mengikuti workshop yang diadakan oleh rumah sabut.

Demikian tadi informasi lengkap tentang cara membuat tali tambang dari bahan serabut kelapa. Semoga informasi ini bermanfaat serta menambah wawasan Anda tentang pemanfaatan serabut kelapa menjadi produk-produk kerajinan.

 

Leave a Reply