Spesifikasi Panel Listrik dan Tempat Distributor Panel

Dalam penyediaan energi listrik, pengelolaannya dibantu teknologi yang disebut panel listrik. Kebutuhan panel listrik sudah menjadi keharusan bagi setiap konsumen. Tujuannya tentu saja untuk mengatur arus keluar masuk listrik. Kita sebaiknya mengetahui spesifikasi panel listrik dan tempat distribusi panelnya sebelum memasang panel listrik.

Panel listrik atau dikenal juga dengan istilah electric switchboard adalah peralatan yang terdiri atas beberapa komponen listrik. Komponen-komponen tersebut berfungsi untuk menyalurkan tenaga listrik dari sumber tenaga kepada penggunanya.

Panel listrik terbuat dari plat besi dengan ketebalan 0,5 – 1 mm. Ukuran plat besi ini biasanya disesuaikan dengan besarnya panel dan papan yang akan digunakan sebagai tempat pemasangan komponen-komponen listrik..

Komponen Panel Listrik

Komponen listrik ini terdiri dari komponen power, komponen indikator, komponen control, dan komponen pengaman. Berikut ini beberapa rangkaian pembentuk panel surya :

  • MCCB (Moulded Case Circuit Breaker)

Komponen ini berguna sebagai pengaman terjadinya hubungan singkat (short circuit) dan beban lebih (overload).  Komponen ini mencegah terjadinya kerusakan baik pada motor listrik  maupun kebakaran akibat short circuit yang biasanya menimbulkan bunga api.

MCBB biasanya digunakan untuk keperluan industri salah satunya untuk motor listik industri karena MCCB hanya untuk pengaman listrik 3 phase.

  • Miniature Circuit  Breaker (MCB)

Komponen listrik yang satu ini berguna untuk mengamankan beban lebih (overload) atau hubungan singkat (short circuit) yang  disebabkan adanya lonjakan listrik disengaja maupun tidak disengaja.

  • ACB (Air Circuit Breaker)

Circuit breaker merupakan komponen yang berguna untuk melindungi peralatan listrik dan masalah-masalah lain yang kerap muncul, seperti panas berlebih, voltage berlebih, atau terlalu turun.

  • Lampu Panel

Lampu panel berfungsi untuk menunjukkan jika ada arus atau tegangan yang masuk. Biasanya, lampu ini terdiri atas beberapa warna yang menandai tegangan distribusi. Phase R berwarna merah, S berwarna biru, S berwarna kuning, dan T berwarna merah.

  • Selector Switch

Selector switch berada di luar panel listrik. Fungsinya  memilih mode atau mengubah arah arus listrik yang bekerja.

  • Timer Listrik

Timer kepanjangan dari Time Delay Relay. Ini  adalah komponen elektronik yang dibuat untuk menunda waktu yang bisa disetting sesuai range timer. Caranya dengan memutus sebuah kontak relay yang biasanya digunakan untuk memutus atau menyalakan sebuah rangkaian control

  •  Emergency Stop

Emergency berfungsi untuk memberhentikan mesin secara cepat (emergency). Kontak emergency stop ini biasanya menggunakan kontak N/C. Prinsip kerjanya dengan memutus tegangan utama control pada mesin. Kita bisa memencetnya dengan tangan untuk  mengaktifkan emergency stop ini.

  •  Push Button

Push Botton merupakan  komponen penting yang berada pada panel listrik sebagai komponen control. Fungsi untuk menghubungkan arus listrik jika tombol akan menyambungkan N/O (Normally Open). Jika tombol dilepas  atau  N/C  (normally close),  tegangan akan lepas.

  •  Amperemeter

Ampere meter adalah suatu alat instrumen yang wajib ada  karena berfungsi untuk mengukur nilai arus listrik. Salah satu komponen pentingnya adalah ct (current transformator). Ada yang satu phasa dan ada yang tiga phasa.

  •  Voltmeter

Volt Meter digital berfungsi untuk menampilkan voltase atau tegangan 1 phase 3 phase baik pada mesin listrik maupun panel distribusi secara realtime.

  • Magnetic Contractor

Fungsi magnetic Contractor mirip  saklar yang biasa kita gunakan di rumah untuk menyalakan dan memadamkan lampu

  • Thermal Overload Relay (TOR)

Thermal overload relay (TOR) berfungsi untuk mengamankan beban berlebih (overload). Cara mengoperasikannya cukup dengan menggunakan push button start/stop.

  • Power Supply

Komponen listrik ini berfungsi sebagai penyangga tegangan dari 220V ke 24V DC  serta 12V DC tergantung kebutuhan.  Power supply ini ada yang bisa diletakkan pada omega rails maupun langsung di baut pada base plate  planet listrik.

Silakan kunjungi https://galleoncy.com/ untuk mengetahui informasi lebih komplet mengenai spesifikasi panel listrik dan tempat distributor panelnya.

Post A Comment