Proses Pembuatan Bantal Sabut Kelapa dan Manfaat Sabut Kelapa

Halo sahabat kali ini saya akan menjelaskan tentang proses pembuatan bantal sabut kelapa. Serta juga menjelaskan seputar tentang sabut kelapa, seperti pengertian dan beberapa manfaatnya. Baca, simak serta pahami artikel ini agar anda atau saudara paham tentang proses pembuatan bantal sabut kelapa.

Sabut Kelapa

Serabut kelapa merupakan bahan baku kerajinan pembuatan berbagai produk kerajinan sabut kelapa. Pada dasarnya serabut kelapa ini merupakanhasil samping dari pohon kelapa atau limbah dari pohon kelapa.

Pada umumnya serat atau serabut kelapa ini memilki serat yang berbeda-beda sehingga ada yang masih kasar dan kental tersebut sehingga dapat diolah untuk mendapatkan serat yang lembut dengan dua cara, yaitu dengan cara tradisional (manual) dan cara modern (mekanis).

Baca juga : Jual Cocomesh Murah dan Berkualitas

Proses Pembuatan Bantal Sabut Kelapa

proses pembuatan bantal sabut kelapa

Umumnya bantal dan sandaran kepala terbuat dari bahan katun atau dakron, kali ini berbeda. Bantal ini terbuat dari sabut kelapa, prosesnya cukup rumit dan memakan waktu lama. Sebelum memulai, siapkan terlebih dahulu alat dan bahan berikut ini:

  • Panci
  • Bara
  • Pengaduk
  • larutan pemutih
  • minyak sayur
  • Cetakan bantal
  • alu kaca

Cara Membuat Bantal Sabut Kelapa :

  1. Pertama-tama kupas serabut kelapa, kira-kira gunakan sekitar 5 gram.
  2. Kemudian hilangkan warna coklat dari sabut kelapa dengan cara merendah serabut kelapake dalam 100 ml larutan pemutih.
  3. Lalu aduk hingga berubah warna.
  4. Jika warna masih terlalu coklat lakukan perendaman ini sebanyak tiga kali untuk hasil yang lebih baik.
  5. Setelah direndam, lanjutkan proses lembut atau lunak. Pada tahap ini, Anda akan menggunakan minyak sayur untuk penyaringan.
  6. Rendam dalam minyak sayur hingga isi 20 ml. Kami merekomendasikan menghilangkan rendaman dua kali. Jika Anda ingin membuat kerajinan bantal dari kelapa lunak, rendam beberapa kali.
  7. Hasil proses jemur di bawah sinar matahari selama kurang lebih 1-2 hari sampai kering semua.
  8. Jika serabut kelapa sudah kering, letakkan sabut kelapa di atas bantalan dan tekan-tekan sampai menutupi semuanya.
  9. Jika sudah cukup, maka tutup atau jahit dengan benang atau kain.

Beberapa Manfaat Sabut Kelapa

proses pembuatan bantal sabut kelapa

Bahan Dasar Pupuk Organik

Kelapa dan kelapa memiliki nutrisi dan mineral yang cukup tinggi dan tanaman untuk tumbuh, mulai disarankan agar kelapa digunakan sebagai pupuk organik.

Penetralisir Bau Semen

Cara ini cukup mudah, cukup dengan membilas kulit kelapa atau bisa juga dicampur dengan daun busuk dan dibiarkan selama 1 sampai 2 minggu kemudian airnya akan berubah warna menjadi coklat kehijauan. Perubahan warna air menunjukkan bahwa kolam siap untuk media budidaya ikan.

Bahan Dasar Kerajinan

Kerajinan lain yang terbuat dari kulit kelapa yang dikenal dengan lingkungan kita yaitu sabut kelapa, termasuk bahan dasar untuk kerajinan tangan atau barang dagangan.

Bahan Dasar Pembuatan Briket

Pada dasarnya briket bisa terbuat dari batok kelapa atau sabut kelapa. Dan mungkin Anda akan merasa asing jika briketnya terbuat dari kulit kelapa. Briket yang bahan utamanya sabut kelapa lebih ramah lingkungan dan Anda akan menekan biaya produksi, karena biaya produksi briket paduan suara lebih rendah dibandingkan briket batubara.

Sebagai Penyaring Air Sederhana

Salah satu manfaat penting dari sabut kelapa adalah bantuan filter air yang mudah. Sudah pada dasarnya tekstur sabut kelapa berserat sehingga dapat membantu proses penyaringan air. Lalu bagaimana proses penyaringannya?

Pertama-tama kulit pada kelapa dikupas kemudian sabutnya digunakan untuk menyaring airnya. Setiap air yang terikat untuk menembus sabut akan dipisahkan dari debu atau kotoran agar lebih mudah mendekati air yang lebih jernih.

Pengganti Kayu Untuk Memasak

Jika anda atau saudara dinggal di desa maka anda akan sering melihat orang-orang mamasak dengan menggunakan kayu atau serabut kelapa. Beda kalau anda dinggal di kota hanya sedikit orang yang menggunakan bahan bakar kayu atau batok kelapa.

Baca juga : Berikut Ini Memanfaatkan Sabut Kelapa Dalam Kehidupan Sehari-hari

Sekian dari saya kurang lebihya mohon maaf. Semoga artikel saya tentang proses pembuatan bantal sabut kelapa bermanfaat dan berguna untuk anda. Serta bisa juga menjadi referensi buat anda. Selamat mencoba dan semoga berhasil…

Terima kasih:)

Leave a Reply