Minyak Atsiri Sereh Wangi

Hai guys, hari ini kami ingin memberikan informasi mengenai Minyak Atsiri Sereh Wangi nih. Apakah kalian sudah tau apa itu minyak atsiri? Yuk simak artikel ini.

Sekilas Tentang Minyak Atsiri Sereh Wangi

Minyak Atsiri Sereh Wangi

 

Indonesia merupakan salah satu negara penghasil minyak atsiri terbesar di dunia. Hingga 40 jenis minyak atsiri diketahui, 20 di antaranya merupakan minyak potensial yang telah berkembang di pasaran dan memiliki nilai ekonomi tinggi.

Minyak atsiri bersifat minyak terbang (volatile). Minyak ini terbuat dari metabolit sekunder pada tumbuhan dan ditemukan di akar, kulit kayu, daun, bunga dan biji.

Sumber baru minyak atsiri terus diteliti. Salah satu minyak atsiri yang paling menjanjikan adalah minyak dari akar serai wangi.

Serai wangi (Cymbopogon nardus. L) merupakan salah satu jenis tanaman minyak atsiri yang telah mengalami evolusi. Dari penyulingan daunnya diperoleh minyak sereh wangi yang dikenal di dunia sebagai minyak sereh wangi.

Minyak sereh wangi Indonesia di pasar dunia dikenal dengan nama “Citronella Oil of Java”. Komoditas ini memegang peranan yang sangat penting sebagai sumber devisa dan pendapatan, serta sebagai sumber lapangan kerja bagi petani.

Produksi minyak sereh wangi di Indonesia dihasilkan pada tahun 2004 dari Nangroe Aceh Darussalam, Jawa Barat, Jawa Timur dan Lampung dengan luas total 3.492 hektar di seluruh Indonesia.

Minyak sereh diperoleh dari tanaman serai wangi, yang mengandung senyawa serai wangi sekitar 32-45%, geraniol 10-12%, sitronelol 11-15%, geranil asetat 3-8%, sitronelal asetat 2-4% dan sedikit seskuiterpen dan senyawa lainnya.

Serai merupakan salah satu bahan baku yang menjanjikan. Permintaan minyak sereh wangi cukup tinggi dan harganya stabil dan cenderung meningkat. Uniknya, budidayanya tidak terlalu rumit dan tanaman ini bisa hidup di daerah pinggiran bahkan di bekas areal pertambangan.

Sebelum Perang Dunia II, Indonesia adalah pengekspor utama minyak sereh wangi. Namun, saat ini, RRC adalah negara produksi utama. Pasalnya, produksi minyak sereh wangi di Indonesia terus menurun dan kualitasnya kalah dengan China dan Taiwan. Padahal, permintaannya cukup besar karena permintaan pasar selalu meningkat 3-5% per tahun.

Negara pengimpor minyak sereh wangi Indonesia adalah Singapura, Jepang, Australia, Meksiko, India, Taiwan, Amerika Serikat, Prancis, Inggris, Jerman dan Spanyol. Serai bahkan dapat digunakan sebagai sumber serat untuk peternakan sapi.

Baca juga : Cara Pembuatan Minyak Atsiri dari Sereh

Manfaat Minyak Atsiri

Minyak Atsiri Sereh Wangi

Minyak serai dibuat dengan ekstraksi dari tanaman serai, sehingga memiliki aroma jeruk yang menyegarkan dan diminati tidak hanya karena aromanya yang menyegarkan, tetapi juga mengandung berbagai manfaat kesehatan. Berikut adalah berbagai manfaat minyak serai yang perlu Anda ketahui:

1. Dapat melawan bakteri

Minyak serai dapat digunakan untuk mengobati luka dan mencegah infeksi. Satu penelitian telah menunjukkan bahwa minyak sereh sangat efektif dalam memerangi bakteri yang resistan terhadap obat, termasuk:

  • Infeksi kulit
  • Radang paru-paru (pneumonia)
  • Infeksi darah
  • Infeksi usus

Penelitian lain menunjukkan bahwa minyak sereh dapat membunuh bakteri Acinetobacter baumannii, yang umumnya menyebabkan pneumonia dan infeksi darah.

2. Dapat membunuh jamur

Minyak serai juga terbukti efektif membunuh jamur penyebab kutu air, kurap, dan infeksi jamur di daerah selangkangan.

Peneliti dalam sebuah penelitian meyakini bahwa setidaknya jamur obat harus mengandung ekstrak minyak serai hingga 2,5% untuk hasil yang maksimal dalam menyembuhkan berbagai penyakit akibat infeksi jamur.

3. Mencegah peradangan

Peradangan sangat berbahaya, bahkan dapat menyebabkan penyakit yang mengancam jiwa. Satu studi mengatakan bahwa minyak serai, yang mengandung citral, sebenarnya dapat mencegah peradangan.

Dalam penelitian hewan ini, minyak sereh diambil untuk mencegah peradangan pada edema kaki. Bahkan, minyak serai wangi yang dioleskan juga dapat mencegah peradangan pada edema telinga tikus.

Namun, karena manfaat minyak sereh wangi baru dirasakan pada hewan laboratorium, sebaiknya jangan mencobanya tanpa berkonsultasi dengan dokter.

4. Mengandung antioksidan

Antioksidan dapat mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas dalam tubuh. Ada banyak sumber antioksidan alami yang bisa Anda coba, termasuk minyak serai.
Dalam sebuah penelitian, minyak serai terbukti efektif melawan radikal bebas di dalam tubuh karena mengandung antioksidan.

5. Mencegah sakit maag

Minyak serai juga dianggap sebagai obat herbal untuk pencegahan sakit maag. Dalam sebuah penelitian pada hewan, minyak sereh telah membuktikan kemampuannya untuk mencegah sakit maag, yang dapat menyebabkan sakit perut.

Namun, penelitian pada manusia masih perlu dilakukan untuk membuktikan manfaat minyak serai yang satu ini.

6. Mencegah mual

Minyak serai juga dapat membantu mencegah mual karena aromanya yang sangat menenangkan. Tak heran banyak teh herbal yang mengandung serai.

7. Mencegah diare

Diare tidak hanya menyebabkan masalah pada sistem pencernaan. Dehidrasi juga bisa terjadi karena diare.

Sayangnya, obat diare yang dijual bebas tanpa resep biasanya memiliki efek samping seperti sembelit.
Inilah sebabnya mengapa banyak orang beralih ke pengobatan alami seperti minyak serai. Sebuah penelitian pada hewan juga menunjukkan bahwa minyak serai dapat mencegah diare.Namun, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan kebenaran manfaat minyak sereh.

8. Menurunkan tekanan darah tinggi

Minyak serai merupakan bahan alami populer yang sering digunakan untuk pijat, dan aromanya bisa menenangkan.

Ternyata, efek minyak serai yang digunakan untuk pijat bisa menurunkan tekanan darah tinggi.
Dalam sebuah penelitian, para peneliti melihat perbedaan tekanan darah dan denyut nadi di antara responden yang mengalami pijat minyak serai. Pemeriksaan ini dilakukan seminggu sekali selama tiga minggu.

Akibatnya, minyak serai telah terbukti menurunkan tekanan darah diastolik. Para peneliti percaya bahwa minyak serai memiliki efek menenangkan pada sistem saraf.

9. Meredakan sakit kepala

Menurut sebuah penelitian, aroma minyak serai dapat membantu mencegah sakit kepala. Oleh karena itu, komponen eugenol dalam minyak sereh dianggap memiliki kemampuan yang sama dengan aspirin.
Eugenol, yang ditemukan dalam minyak serai, dipercaya dapat mencegah pembekuan trombosit. Selain itu, eugenol juga dapat membantu tubuh untuk melepaskan hormon kebahagiaan serotonin.

10. Meredakan gangguan stres dan kecemasan

Banyak yang telah membuktikan kemampuan minyak serai untuk mencegah gangguan stres dan kecemasan, terutama ketika digunakan sebagai aromaterapi selama sesi pijat. Dalam sebuah penelitian, minyak sereh digunakan sebagai aromaterapi untuk menurunkan tekanan darah diastolik dan dengan demikian mengurangi gangguan stres dan kecemasan.

11. Meredakan nyeri sendi

Rheumatoid arthritis dapat menyebabkan nyeri sendi yang mengganggu. Namun jangan khawatir, para peneliti telah membuktikan bahwa minyak sereh dapat meredakan nyeri sendi akibat rheumatoid arthritis, terutama bila dioleskan pada area yang terkena.
Dalam penelitian ini, ditunjukkan bahwa nyeri sendi akibat rheumatoid arthritis berkurang 50-80%.

Nah, itulah penjelasan tentang minyak atsiri sereh wangi. Untuk proses penyulingan kalian bisa menggunakan Alat Destilasi Minyak Atsiri. Untuk alat-alat lainnya kalian bisa mengunjungi RumahMesin . Semoga bermanfaat 🙂

 

Leave a Reply