Menjalankan Bisnis Ketika Pandemi

Meningkatnya perjalanan dari sebuah wilayah ke wilayah lain saat ini telah meningkatkan ancaman pandemi internasional. Dengan kondisi saat ini dimana covid mencancam dimana-mana, maka akan terjadi pembatasan atas perjalanan, terbatasnya sarana transpotasi, menurunnya penjualan dan banyak hal lagi. Dengan memikirkan secara detail hal-hal terkait ini, maka bisnis anda paling tidak akan terhindar dari kerugian. Dan meski di ingat, anda tetap harus sewa ruang kantor jakarta yang sesuai dengan kondisi anda. Berikut ini hal-hal yang harus diperhatikan ketika anda mempersiapkan bisnis anda di masa pandemi.

Sistem Kritis

Analisa sistem dan proses yang ada untuk mengidentifikasi proses bisnis adalah penting, yang diperlukan untuk menjaga fungsi bisnis. Contohnya termasuk pemenuhan pesanan, penggajian, layanan pelanggan dan produksi. Untuk setiap sistem kritis, buat metode pengiriman alternatif jika terjadi pandemi.

Sistem Komunikasi

Membangun sistem komunikasi yang memungkinkan komunikasi jarak jauh dengan karyawan dan pelanggan terkait dampak pandemi. Misalnya, buat nomor telepon karyawan dengan rekaman pesan tentang penutupan perusahaan atau informasi penting terkait pandemi. Tempatkan sistem online serupa di situs web atau Intranet Anda yang dapat diakses karyawan dari rumah. Jika Anda mau, buat area ini dilindungi kata sandi. Secara proaktif memberi tahu karyawan tentang lokasi informasi darurat terkait pandemi ini.

Kerja Jarak Jauh

Bangun sistem yang memungkinkan karyawan untuk bekerja di luar lokasi jika terjadi karantina selama pandemi. Ini mungkin melibatkan sistem panggilan yang inovatif untuk karyawan dan layanan pelanggan, akses jarak jauh yang aman ke Intranet untuk karyawan keuangan, dan opsi konferensi online dan berbasis telepon. Sebagai bonus tambahan, pembentukan sistem ini akan memungkinkan karyawan untuk bekerja di luar lokasi untuk keadaan darurat apa pun atau untuk tujuan lain.

Prosedur Keamanan

Kembangkan prosedur keamanan yang menguraikan persyaratan akses gedung selama pandemi. Buat prosedur berbasis skenario yang memerlukan tingkat penguncian yang berbeda. Misalnya, untuk pandemi yang belum mencapai lokasi geografis bisnis, prosedur penguncian ringan dapat dimulai. Prosedur ini akan mendorong karyawan yang merasa sakit atau demam untuk mengambil cuti sakit. Untuk pandemi yang meluas, penguncian tingkat tinggi akan mencegah akses fasilitas ke siapa pun selain personel keamanan.

Tindakan pencegahan

Siapkan masker pelindung dan sensor suhu untuk digunakan dalam situasi pandemi. Masker dapat diberikan kepada karyawan untuk menjaga sistem yang penting tetap berfungsi tanpa masalah penularan. Untuk bisnis yang sangat sensitif seperti rumah sakit, sensor panas dapat dipasang di pintu masuk gedung. Monitor ini dapat mencegah masuknya siapa pun dengan suhu, dan pada akhirnya dapat membantu melindungi pasien dan karyawan lain dari penyebaran virus pandemi.

Post A Comment