Manfaat Kelapa Ijo Untuk Ibu Hamil Trimester 7 Bulan

Manfaat kelapa ijo untuk ibu hamil trimester 7 bulan yang perlu anda perhatikan adalah, jangan berlebihan mengkonsumsi susu maupun air kelapa pada saat kehamilan, hentikanlah mengonsumsi susu maupun air kelapa jika membuat tubuh terasa tidak nyaman.

Air Kelapa

Air kelapa

Air kelapa sangat direkomendasikan untuk diminum oleh ibu hamil, susu sendiri merupakan sumber kalsium yang baik bagi ibu hamil. Selain kalsium, susu biasanya ditambahkan vitamin D, Yodium, dan vitamin serta mineral lainnya. Yang paling penting adalah hindari meminum susu segar atau susu yang belum dilakukan pasteurisasi.

Sedangkan air kelapa, di mana dianjurkan mengonsumsi air kelapa asli, Bukan air yang memiliki rasa kelapa, mempunyai manfaat untuk ibu hamil diantaranya adalah : memperkuat sistem kekebalan tubuh bagi ibu dan janin, membantu ibu mengurangi kelelahan, mencegah infeksi saluran kencing pada ibu, melancarkan sirkulasi darah, mengatasi konstipasi / sembelit pada ibu.

Manfaat Kelapa Ijo Untuk Ibu Hamil Trimester 7 Bulan

Air kelapa

Banyak orang yang mengatakan jika mengonsumsi air kelapa selama hamil bisa membuat kulit bayi menjadi putih bersih. Namun, bukan hanya air kelapa saja yang bermanfaat tetapi juga daging kelapa. Jika ingin memotong buah kelapa untuk mengonsumsi daging kelapa menggunakan mesin pengolahan daging kelapa. 

Belum berhenti di situ, tak sedikit pula yang mengasumsikan bahwa banyak manfaat air kelapa untuk ibu hamil ketika dikonsumsi rutin. Berikut ini adalah manfaat kelapa ijo untuk ibu hamil trimester 7 bulan.

Baca Juga : Manfaat kelapa ijo untuk ibu hamil

1. Mengurangi Rasa Lelah

Salah satu keluhan yang sering dirasakan oleh ibu hamil adalah mudah lelah. Kandungan elektrolit dalam air kelapa nyatanya bisa membantu mengatasi masalah yang satu ini.

Cairan elektrolit di dalamnya dapat mengganti cairan tubuh yang hilang sehingga ibu hamil terhindar dari dehidrasi. Garam alami pada tubuh dapat digantikan dengan air kelapa karena mengandung garam alami seperti natrium, kalium, dan klorida.

2. Mencegah Infeksi Saluran Kencing

Ingat, infeksi saat hamil tentu saja bisa membahayakan janin. Termasuk infeksi saluran kencing. Sayangnya ibu hamil memang rentan mengalaminya lantaran perubahan hormon dan perkembangan rahim yang menekan kandung kemih.

Dengan mengonsumsi air kelapa, masalah ini bisa dicegah. Pasalnya air kelapa merupakan diuretik alami yang akan membuat ibu hamil lebih mudah untuk mengeluarkan urine dan mencegah terjadinya infeksi saluran kemih.

3. Meningkatkan Kadar Kolesterol Baik

Air kelapa memiliki kandungan yang bisa menurunkan kolesterol buruk sekaligus akan meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika untuk menjaga kolesterol serta mendapatkan dampak positif yang baik bagi kesehatan, disarankan mengonsumsi air kelapa secara teratur.

 

Manfaat Minum Susu Bagi Ibu Hamil

Mengkonsumsi susu ibu hamil disaat mengandung memang menjadi hal umum yang dilakukan oleh para calon ibu. Namun, apakah mengkonsumsi susu tersebut ternyata memang memberikan manfaat bagi janin maupun sang ibu itu sendiri? Ternyata susu ibu hamil memang memiliki kandungan gizi baik yang dibutuhkan oleh ibu yang sedang mengandung tersebut.

Beberapa kandungan yang terdapat pada susu ini adalah mineral, protein, vitamin D serta kalsium. Dimana kandungan tersebut memang bukan hanya baik bagi sang ibu, namun juga bagi janin yang tengah dikandung. Lantas, apa saja sih manfaat minum susu untuk ibu hamil yang akan didapatkan? Berikut ulasannya.

1. Mengandung Zat Gizi Penting

Seperti yang sudah dijelaskan, susu ibu hamil memiliki kandungan vitamin D, protein, kalsium, serta mineral. Tak hanya itu, susu ini juga dilengkapi dengan kandungan asam folat yang begitu penting untuk tumbuh kembang dari janin. Oleh sebab itu, mengkonsumsi susu ini secara rutin pada masa kehamilan adalah hal yang penting karena untuk membantu mencukupi kebutuhan gizi yang diperlukan oleh sang ibu maupun janinnya.

2. Bayi Akan Lahir Lebih Sehat

Dalam penelitian yang dilakukan pada tahun 2006, mengungkapkan jika ternyata ibu yang secara rutin mengkonsumsi susu pada saat kehamilan dapat membantu bayi memiliki berat tubuh yang lebih besar jika dibandingkan dengan ibu yang mengkonsumsi susu tersebut secara tidak rutin. Ini berarti, bayi dapat lahir menjadi lebih sehat dengan terpenuhinya berat minimal yang dibutuhkan. Para calon ibu sendiri, disarankan untuk mengkonsumsi susu ini sebanyak 250 ml setiap harinya.

3. Berpengaruh Pada Kesehatan Bayi

Susu yang dibuat khusus untuk ibu yang hamil juga akan berpengaruh pada kesehatan bayi itu sendiri. Bayi yang nantinya terlahir dari ibu yang rutin mengkonsumsi susu ibu hamil, memiliki kecenderungan kekebalan tubuh yang lebih kuat, selain itu juga memiliki tubuh yang lebih tinggi. Bukan hanya itu, rutin mengkonsumsinya juga akan membuat kasal insulin yang ada dalam darah menjadi terpenuhi. Dengan begitu, risiko penyakit diabetes tipe II dapat lebih rendah untuk dialami bayi ketika nantinya tumbuh dewasa.

4. Bermanfaat Jangka Panjang Pada Janin

Manfaat susu yang satu ini juga bukan hanya akan dialami oleh janin yang masih berada dalam kandungan maupun sesaat setelah lahir. Namun, manfaatnya juga akan terasa pada jangka panjang. Bayi akan cenderung memiliki pertumbuhan tubuh yang baik. Bukan hanya ibu, anak juga jarang terkena virus penyebab berbagai penyakit. Hal ini dikarenakan adanya kandungan nutrisi yang terdapat pada susu ibu hamil, dimana nutrisi tersebut juga akan berpengaruh ketika bayi terus bertumbuh.

5. Memperbaiki Plasenta

Selain dapat meningkatkan kualitas dari air ketuban, ternyata susu juga memiliki peran untuk memperbaiki plasenta. Plasenta sendiri merupakan jalannya makanan yang dapat menghubungkan nutrisi dari sang ibu kepada sang janin. Plasenta yang baik juga membutuhkan kandungan protein yang cukup. Protein sendiri juga menjadi salah satu kandungan yang terdapat dalam susu ibu hamil, ini sebabnya mengkonsumsi susu tersebut sangatlah penting.

6. Memperlancar ASI

Manfaat lain yang dapat dirasakan adalah ketika sehabis melahirkan. Pasalnya air susu ibu akan lebih lancar keluar berkat adanya kandungan kalsium yang terdapat dalam susu ibu hamil. Air susu ibu yang kurang lancar memang sering membuat resah dan membuat ibu menjadi lebih takut karena mengkhawatirkan gizi si kecil. Namun, susu ternyata dapat membantu meningkatkan produksi ASI ibu sehingga  gizi sang anak juga dapat terpenuhi dengan baik.

7. Membantu Pembentukan Tulang dan Gigi

Gigi serta tulang pada bayi memang harus diperkuat. Salah satu caranya adalah dengan memenuhi nutrisi yang dibutuhkan sehingga tulang dan gigi bisa terbentuk secara sempurna. Kandungan vitamin D serta kalsium yang terdapat dalam susu ibu hamil dapat membantu pembentukan tulang serta gigi pada bayi. Bukan hanya bayi, kesehatan tulang maupun kekuatan gigi ibu juga menjadi lebih baik berkat adanya kandungan tersebut.

 

Dengan demikian pembahasan yang menarik yang mengulas tentang manfaat kelapa ijo untuk ibu hamil beserta manfaat minum susu bagi ibu hamil. Semoga artikel diatas dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua.

Leave a Reply