Ciri Khas Cincin Berlian Asli yang Wajib Anda Pelajari

Bicara berlian sangat menarik, karena setiap orang pasti tahu berapakah harga Cincin Nikah Berlian. Berlian terbentuk dari gejala alam selama ribuan bahkan jutaan tahun dengan dasar mineral di dalamnya. Maka, tidak heran jika berlian memiliki bentuk kuat dan berkilau indah saat terkena cahaya. 

Ciri Khas Cincin Berlian Asli yang Wajib Anda Pelajari

Saat ini, ada banyak pengusaha muda muncul untuk memulai bisnis berlian asli. Jangan sampai Anda salah pilih beli Cincin Nikah Berlian, kenali ciri-cirinya yuk!

  • Lakukan cek embun 

Anda bisa memberikan embun lewat udara dari mulut, sama halnya dengan Anda menghembuskan udara ke depan cermin ya. Jika ada embun atau partikel air menempel pada permukaan berlian bisa dipastikan berlian tersebut palsu atau banyak campuran. 

Berlian asli tidak akan menyerap embun, tetap kering dan kesat. Apabila ada embun kemungkinan campuran dalam berlian adalah kristal kaca. 

  • Ada banyak sertifikat berlian

Berlian dengan berat karat di atas 0,18 dipastikan ada sertifikat GIA. Ada juga sertifikat AGS, IGI dan sejenisnya. Dalam sertifikat tersebut akan dijelaskan detail bagaimana kondisi berlian. Sertifikat tersebut dibuat berdasarkan kesepakatan internasional sehingga Anda tidak perlu ragu akan keasliannya. 

Jangan percaya dengan pembelian berlian yang hanya menyertakan surat cincin saja karena bisa dibuat dengan berlian palsu sedangkan bahan cincinnya asli emas kuning. Pihak yang mengeluarkan sertifikat berlian asli tentunya telah dahulu menguji di laborat karena berlian termasuk bahan alam yang dibuat dengan proses alamiah. 

  • Kilauan cahaya pantulan

Meneliti berlian asli atau palsu tidak cukup hanya dengan mengandalkan harganya yang tinggi saja tetapi juga melihat langsung kondisi Cincin Nikah Berlian. Anda bisa mengamati kilauan cahaya dari berlian, jika muncul kilauan warna putih dan abu-abu dengan sedikit campuran warna pelangi dipastikan bahwa berlian tersebut asli, namun jika berlian diberikan cahaya dengan pantulan warna pelangi maka berlian tersebut palsu. 

Biasanya, pihak penjual nakal akan bermain spektrum cahaya agar kilauan cahaya putih bisa muncul layaknya berlian asli. 

  • Masukkan ke dalam air

Setiap benda memiliki massa jenis yang berbeda, untuk berlian sendiri cukup besar kendati ukurannya kecil. Untuk menguji keaslian berlian bisa mencelupkan ke dalam gelas berisi air mineral. Jika berlian asli akan tenggelam sedangkan untuk berlian palsu akan mengambang atau melayang. 

Apabila Anda membeli cincin berlian dipastikan asli dan bersertifikat dari berbagai pihak ketiga. 

  • Taruh di atas koran 

Uji dengan koran simpel tetapi tidak boleh disepelekan, dengan meletakkan butir berlian di atas tulisan bisa indikasi asli. Apabila tulisan di bawah terlihat maka berlian tersebut palsu sedangkan jika tulisan tidak terlihat maka berbahagialah Anda, berlian tersebut asli.  Tes semacam ini akan sukar dilakukan jika Anda mendapati ukuran berlian sangat kecil, mungkin dengan bantuan lup atau kaca pembesar bisa memperlihatkan tulisan tersebut ada atau tidak. 

  • Penyinaran dengan sinar UV

Tes sinar UV akan menunjukkan warna kebiruan dengan dasar fluorescens sebagai bentuk pemantulan dari sinar UV dengan warna berlian itu sendiri. Jika warnanya biru baik jelas atau samar bisa dipastikan bahwa asli, tetapi ada hal yang mengecoh di sini yaitu warna biru tidak muncul bukan berarti berlian Anda palsu. Terkadang ada jenis berlian asli yang tidak akan mengeluarkan warna biru saat disinari UV.

Beli berlian asli yang bisa Anda lihat di sosmednya. 

Leave a Reply