Cara Pembuatan Minyak Atsiri Dari Sereh Sederhana

Hallo Sobat semuanya!

Pada kesempatan kali ini, penulis yang kece ini akan membagikan mengenai Cara Pembuatan Minyak Atsiri Dari Sereh Sederhana. Iya Minyak Atsiri Sereh ini merupakan salah satu jenis minyak atsiri yang diolah menggunakan metode penyulingan dengan alat destilasi minyak atsiri.

Minyak ini juga cukup diminati oleh banyak orang, maka dari itu juga permintaan semakin banyak. Lalu bagaimana si Proses dari Pembuatan Minyak Atsiri Sereh ini. Berikut ini prosesnya :

3 Cara Membuat Minyak Atsiri Sereh

Cara Pertama Pembuatan Minyak Atsiri Sereh

Hasil gambar untuk minyak atsiri sereh

Sebelum masuk ke teknik penyulingannya, ada 3 Langkah untuk Cara Pembuatan Minyak Atsiri dari Sereh yang perlu diperhatikan agar cara membuat Minyak Atsiri Sereh dan juga menghasilkan minyak yang lebih maksimal.

  • Daun Sereh Sebagai Bahan Baku

Hasil gambar untuk sereh

Daun merupakan bahan utama dalam bahan baku pembuatan Minyak Atsiri Sereh. Mutu dari daun saat dipanen itu sangat menentukan keberhasilan proses penyulingan Minyak Serai. Disarankan, jika sobat inin memanen daun saat tanaman serai wangi ini berusia sekiar 6-9 bulan.

Teknik pemotongan dalam tanaman serai ini juga perlu diperhatikan lhoo, karena potongan juga dapat mempengaruhi jumlah produksi Minyak Serai. Potongannya yaitu sekitar 5 cm di atas bahan pelepah dengan helaian daun dari paling bawah yang belum mati atau kering.

  • Persiapan Bahan

Hasil gambar untuk persiapan bahan pembuatan sereh

Akan jauh lebih baik nih sobat jika melakukan proses penyulingan disaat daun masih dalam keadaan segar. Namun, hal itu ngga bisa dilakukan nih kalau sobat mau memproduksi Minyak Serai dalam jumlah yang cukup besar.

Agar tidak menurunkan kadar dari sitronelal dan geraniol, sekaligus juga mencegah pembusukan, sobat cukup dengan menjemur daun yang dipanen selama kurang lebih 3-4 jam, atau juga bisa dikeringan di tempat yang teduh selama 3-4 hari.

  • Teknik Penyulingan

Hasil gambar untuk teknik penyulingan sereh

Penyulingan merupakan cara yang paling umum dan tepat untuk memproduksi Minyak Serai. Proses penyulingan ini dimulai dengan memasukkan air ke dalam alat suling dalam jumlah yang diperlukan.

Berikut proses penyulingan daun serai yang akan sobat lakukan:

  • Masukkan air ke dalam alat suling secukupnya
  • Masukkan serai ke dalam ketel suling, isolasi pinggirannya untuk mencegah panas mengalir ke luar
  • Setelah beberapa saat kemudian, Minyak Atsiri akan terlihat di tabung pemisah. Lamanya proses penyulingan atau destilasi ini tergantung pada jumlah bahan baku yang akan dimasukkan dalam sekali proses.

Jika sobat menggunakan sekitar 1 ton daun, maka sobat memerlukan waktu sekitar 5 jam untuk melakukan penyulingan dengan kecepatan sekitar 120 kg uap/jam. Dan bisanya, minyak yang dihasilkan dari proses penyulinggan ini memiliki kualitar sekitar 0,7-0,9%.

Kemudian, untuk mengukur kadar dari Minyak Sereh Wangi itu bisa menggunakan Alkoholmeter/meterlak. Alat ini sering digunakan sebagai pendekatan untuk mengukur kualitas beberapa jenis Minyak Atsiri pada perdagangan di tingkan penyuling, misalnya itu ada minyak nilam, cengkeh, sereh wangi, pala, dan lain sebagainya.

Cara Kedua Membuat Minyak Sereh.

Bahan :

  • Sereh
  • Air
  • Es Batu

Alat :

  • Pisau dan talenan
  • Baskom ukuran sedang
  • Botol kaca kecil
  • Panci
  • Selang kacil yang panjang

Langkah-Langkah :

  1. Potong sereh yang sudah dipanen sekitar ukuran 5 cm. Untuk hasil yang tahan lama, Sobat bisa menjemur sereh yang sudah dipanen kurang lebih selama 3-4 jam. Tujuannya itu supaya sereh nanti tidak akan mudah busuk.
  2. Kemudian, lubangi bagian panci. Pastikan ya Sobat bagian lubang nya itu hanya cukup untuk selang yang nanti akan dimasukkan sebagai tata cara membuat Minyak Sereh.
  3. Lubangi bagian kanan dan kiri, ukuran sesuai dengan diameter selang.
  4. Selanjutnya, masukkan air kedalam panci. Isilah dengan air, setengah panci saja lalu tutup dengan sekat yang biasanya diguankan untuk menutup makanan.
  5. Masukkan sereh yang tadi sudah dipotong-potong kedalam panci yang sudah berisi air tadi. Keseluruhan membuatnya seperti mengukus makanan pada umumnya.
  6. Jangan lupa juga, pastikan panci tertutup dengan rapat, agar tidak ada uap sereh yang terbuang dengan sia-sia. Pastikan juga bahwa tutup panci sudah berlubang dan sudah dipasang atau dimasukkan dengan selang.
  7. Siapkan baskon yang sudah dilubangi bagian kanan dan kirinya, kemudian masukkan selang dari ujung kanan dan keluar dari ujung kiri baskom.
  8. Kemudian, jika beberapa selang sudah masuk kedalam baskom, masukkan es batu yang telah disiapkan kedalam baskom.
  9. Siapkan juga botol kaca dan masukkan ujung selang tadi kedalam botol.
  10. Tunggu beberapa saat, nanti Minyak Sereh akan menetes dan mengalir dengan sendirinya kedalam botol.

Itulah cara Pembuatan Minyak Sereh dengan sangat sederhana dan pastinya bisa coba di rumah masing-masing. Lalu gimana caranya jika menggunakan proses penyulingan atau destilasi?

Cara Ketiga dengan Penyulingan Ala Rumahan.

Hasil gambar untuk penyulingan minyak atsiri

Oke, jadi Proses Penyulingan ini merupakan salah satu metode yang dilakukan dengan Minyak Sereh untuk ektsrasi Minyak Atsiri yang terdapat atau terkandung dalam tanaman sereh sendiri.

Dan pastinya menggunakan alat destilasi minyak atsiri, dan alat pendukung lainnya. Alat ini bisa dibeli di toko mesin atau juga bisa didapatkan di toko online dengan mudah dan terpercaya. Silahkan bisa cek disini.

Tetapi ada juga yang ingin membuat alat penyulingan sendiri, dengan memanfaatkan bahan-bahan yang ada disekitarnya, ngga salah kan kalau kita mencoba?

Cara membuat Minyak Sereh dengan metode ini sangat penting untuk dilakukan. Pada disaat proses penyulingan, selang yang berasal dari tempat sereh itu diuapkan, dan akan dimasukkan ke dalam lubang dibaskom tersebut yang telah disiapkan.

Setelah selang sudah diatur, Sobat bisa masukkan es batu yang lumayan cukup banyak kedalam baskom. Uap dari sereh tersebut nanti akan melewati tumpukan dari es batu dan Minyak Atsiri akan berhasil disuling dibagian ujung selang.

Jangan lupa juga Sobat, untuk menyiapkan tempat yang bersih/higenis, kalau bisa disimpan dengan botol kaca yang berwarna gelap. Nah kurang lebihnya seperti itu mengenai Proses Penyulingan ala Rumahan yang bisa dilakukan oleh Sobat.

A. Perakitan Alat Destilasi Sederhana

Alat :

  • Baskom
  • Panci
  • Selang
  • Lem
  • Kawat
  • Es batu
  • Alat pelubang baskom

Jika tidak ingin membuat alat destilasi, bisa saja mencari alat di toko mesin, bahkan bisa dibeli lewat online dengan terpercaya, cek disini.

Cara Kerja :

  1. Langkah pertama, buatalah lubang pada bagian kiri dan kanan baskom
  2. Kemudia, masukkan selang kedalam baskom yang sudah dilubangi
  3. Isilah dengan air dan es batu pada baskom sebagai kondensator
  4. Masukkan selang di tutup panci yang sudah dilubangi jika kurang kuat dapat di lem dan diberi kawat
  5. Letakkan sarangan dalam panci

B. Identifikasi Kemurnian Minyak Sereh

Bahan :

  • Minyak sereh

Alat :

  • Timbangan digital
  • Botol penampung destilat atau minyak sereh
  • Gelas ukur

Cara kerja :

  1. Timbang botol destilat yang kosong (berat botol kosong tanpa tutup)
  2. Timbang botol yang sudah berisi destilat (berat botol destilat)
  3. Kemudian hitunglah berat pada minyak atsiri dengan total = berat botol destilat – berat botol kosong tanpa tutup
  4. Ukur volume minyak sereh dengan gelasukur
  5. Selanjtnya, hitung rendemen = (berat minyak atsiritotal/berat sereh mula-mula) x 100%
  6. Hitung massa jenis minyak sereh = berat minyak atsiri total/ volume minyak sereh
  7. Bandingkan massa jenis minyak sereh yang diperoleh dengan massa jenis minyak sereh SNI = 0,880-0,922
  8. Catat waktu tetes pertama minyak

C. Cara Lain Penyulingan :

Dan berikut inilah cara menyuling serai wangi yang akan dilakukan :

  1. Langkah pertama masukkanlah air ke dalam alat suling secukupnya
  2. Masukkan serai ke dalam ketel suling, kemudian isolasi pinggirannya yang bertujuan untuk mencegah panas mengalir ke luar
  3. Setelah ditunggu beberapa saat, minyak atsiri akan terlihat mengalir menuju tabung pemisah

Itulah cara Pembuatan Minyak Sereh dengan sangat sederhana dan pastinya bisa coba di rumah masing-masing. Lalu gimana caranya jika menggunakan proses penyulingan atau destilasi?

Kandungan Kimia Minyak Sereh

Kandungan yang terdapat dari sereh itu terutama Minyak Atsiri dengan komponen sitronelal ( 30-45%) , geraniol ( 65-90% ), sitronelol ( 11-15%) , geranil asetat ( 3-8% ), sitronelil asetat (2-4%), kadinen, vanilin, limonen, kamfen, kavikol, eugenol, elemol, kadinol.

Faktanya, komponen kimia dalam Minyak Sereh Wangi itu cukup komplek Sobat. Menurut Sastrohamidjojo (2007), kandungan utama yang terpenting pada Sereh Wangi itu ada sitronelal dan geraniol. Kedua senyawa tersebut itu dapat mempengaruhi kualitas minyak, kemudian dapat menentukan intensitas bau, harum, serta nilai harga Minyak Atsiri Sereh.

Standar Mutu Minyak Atsiri Sereh.

Standar mutu dari Minyak Atsiri Sereh Wangi ini untuk kualitas ekspor dapat dianalisasikan berdasarkan dengan SNI 06-3953-1995. Menurut dari kriteria 9 fisi yaitu berdasarkan warna bobot jenis, indeks bias. Sedangkan dilihat secara kimia berdasarkan dari total geraniol dan sitronelal, kemudian kelarutan dalam etanol yang sekitar 80%.

Minyak Sereh Wangi tidak memenuhi syarat ekspor apabila kadar dari geraniol dan sitronelal rendah atau juga tidak mengandung bahan penuaan. Kadar yang rendah biasanya itu disebabkan oleh jenis tanaman sereh yang kurang baik, disamping itu juga pemeliharaan atau budidayan tanamnya kurang baik serta pengambilan umur tanamn sereh yang terlalu tua. Bahan-bahan tambahan yang terdapat dalam Minyak Sereh Wangi ini berupa lemak, alkohol, dan juga minyak tanah sering digunakan sebagai bahan pencampur ( Ketaren dkk., 1978 ).

Itulah Cara Pembuatan Minyak Atsiri Dari Sereh Sederhana dan beberapa topik pelengkap yang semoga dapat menambah wawasan Sobat semuanya. Untuk artikel lainnya silahkan sobat bisa kunjungi Pembuatan Minyak Atsiri dan juga Jenis Minyak Atsiri lainnya.

Sekian dari penulis, mohon maaf jika terdapat kekurangan atau kesalahan didalam artikel ini. Jika ada saran atau kritik yang membangun silahkan bisa disampaikan melalui laman komentar chat yang ada dibawah.

Dan juga jangan lupa untuk share artikel ini sebanyak-banyaknya, agar Sobat yang lain juga tahu. Yuk saling berbagi ilmu.

Terima Kasih dan sampai jumpa esok!

Leave a Reply