Cara Menyimpan Buah di Kulkas Agar Awet dan Tidak Mudah Busuk!

Halo teman-teman semua! Seperti yang kalian lihat di judul, jadi pada artikel kali ini aku bakalan kasih tau nihh cara menyimpan buah di kulkas agar taha lama dan tidak mudah busuk.

Kira-kira apa aja yaa cara nya? Eitsss sebelum kita membahas soal cara tersebut, yukk kita lihat penjelasan di bawah ini!

Buah

cara menyimpan buah

Buah yang kita kenal ini biasanya berasal dari sebuah bunga. Akan tetapi pada setiap arti bunga itu tidak dapat menghasilkan buah. Nahh ada nihh contoh bunga yang dapat menghasilkan buah, diantaranya adalah mangga, jambu, dan rambutan. Sedangkan untuk bunga yang tidak menghasilkan buah yaitu adalah bunga melati.

Kemudian pada umumnya buah dapat menghasilkan sesuatu yang disebut biji. Akan tetapi ada juga lohh buah yang dibuat menggunakan rekayasa genetik. hal ini ditujukan agar buah tersebut tidak memilik biji, contohnya adalah buah semangka non biji.

Pengertian Buah

Pengertian buah dapat diartikan sebagai salah satu bagian dari tanaman dalam suatu pohon yang memiliki daging buah serta dapat dkonsumsi . Jika buah dikonsumsi maka dapat memberikan efek mengenyangkan, menyehatkan dan yang paling penting yaitu dapat dikonsumsi sebagai camilan.

Berdasarkan dari segi ilmu botani, buah juga dapat diartikan sebagai salah satu struktur organ pada tanaman yang berbunga dengan hasil perkembangan lanjutan dari bakal buah yang dapat dimanfaatkan sebagai tempat untuk menyimpan hasil fotosintesis pada bagian daun.

Umumnya buah juga dapat dijadikan sebagai sebuah tempat yang digunakan untuk membungkus serta melindungi biji dengan sebuah tujuan agar tanaman dapat terus mengalami proses regenerasi.

Manfaat Buah :

cara menyimpan buah

Sebelum membahas soal cara menyimpan buah di kulkas, yukk kita simak terlebih dahulu kegunaan buah yang terdapat di dalam berbagai jenis tanaman atau tumbuhan secara umum adalah sebagai berikut :

1. Mengurangi Kadar Kolesterol

Buah dapat digunakan untuk mengurangi kadar kolesterol yang cukup tinggi di dalam tubuh. Kadar kolesterol yang tinggi dapat dipengaruhi oleh beberapa sebab, namun faktor terbesar yang dapat menyebabkan kadar kolesterol dalam tubuh sering naik adalah pola hidup yang tidak sehat.

Buah sangat kaya akan vitamin C dan juga serat sehingga sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, selain itu buah mangga juga sangat kaya akan kalium yang dapat berfungsi sebagai pengatur keseimbangan cairan di dalam tubuh kita.

2. Menjaga Kesehatan Mata

Buah juga sangat kaya akan vitamin A yang baik untuk menjaga kesehatan mata kita. Buah juga mampu mengobati penyakit anemia. Anemia merupakan sebuah penyakit yang diakibatkan oleh adanya jumlah sel darah merah rendah dari batas normalnya.

Buah juga kaya akan zat besi, sehingga buah sangat baik jika dikonsumsi bagi penderita anemia namun hal ini juga harus tetap diseimbangkan dengan mengonsumsi makanan yang mengandung folat, vitamin B-12 dan juga vitamin C sehingga dapat membantu proses pengobatan anemia secara maksimal.

3. Mampu Menurunkan Tekanan Darah

Tekanan darah yang tinggi dapat diturunkan dengan suatu cara yaitu dengan mengubah pola hidup sehat, dengan melakukan diet balance. Diet ini dilakukan dengan olahraga rutin, dan juag bagi kalian yang merokok, maka kurangi kebiasaan tersebut.

Selain itu kamu juga dapat melakukan suatu pengobatan dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan kalium, salah satunya yaitu dengan mengonsumsi buah-buahan. Karena kandungan yang terdapat di dalam buah sangat kaya akan kalium yang baik bagi penderita darah tinggi.

4. Mampu Mencegah Penyakit Kanker

Manfaat buah yang selanjutnya yaitu mampu mencegah terjadinya penyakit kanker, dan biasanya penyakit ini diakibatkan oleh berkembangnya sel sel abnormal yang tidak dapat di kontrol dan jika hal ini dibiarkan saja maka jaringan dalam tubuh dapat mengalami kerusakan yang cukup parah.

Namun dengan mengonsumsi buah-buahan secara rutin maka hal ini dapat mencegah terjadinya penyakit kanker. Hal ini karena senyawa antioksidan berikut yang terkait dengan senyawa, isoquercitrin, gallic, querticin, astragalin, methylgallat yang dapatberfungsi untuk melindungi atau mencegah serangan penyakit yaitu kanker prostat, kanker usus, serta penyakit kanker payudara.

5. Mampu Meningkatkan Kecerdasan Otak

Seperti yang kita ketahui bahwa sebagian besar buah banyak mengandung vitamin B6 yang sehingga dapat meningkatkan kinerja otak secara maksimal dan juga mampu menjaga fungsi otak dengan baik.

Jika kita rutin mengkonsumsi buah maka kesehatan tubuh kita akan terjaga dan dapat meningkatkan kinerja otak.

6. Baik untuk pencernaan

Buah sangat baik untuk pencernaan karena buah banyak mengandung senyawa enzim yang dapat  berfungsi untuk melancarkan saluran pencernaan, selain itu juga buah mengandung banyak serat serta kadar air yang cukup tinggi sehingga cukup baik untuk  mencegah penyakit sembelit serta mengontrol buang air besar sehingga dapat menyehatkan pencernaan

7. Anti Inflamasi

Di dalam buah terdapat enzim anti inflamasi yang dapat mencegah dan mengobati penderita arthritis,osteoporosis,dan edama dengan cara meredakan rasa sakit, dan juga dapat di gunakan untuk mencegah perkembangan pada sel kanker.

8. Menyehatkan Tulang

Di dalam buah juga terdapat kandungan vitamin k yang sangat tinggi,maka dari itu cara mengkonsumsi buah secara rutin dapat mencukupi kebutuhan vitamin k dalam tubuh. Vitamin K juga berfungsi untuk menjga kesehatan tulang dengan cara melakukan tindakan untuk mengubah protein matriks tulang, meningkatkan penyerapan kalsium serta dapat mengurangi ekskresi kalium.

9. Menguatkan Sistem Imun

Senyawa beta karoten pada beberapa buah dpat bermanfaat dalam meningkatkan sistem imun dalam tubuh. Krena itu, mengkonsumsi buh menjadi pilihan yang tepat untuk mencegah serta mengobati berbagai penyakit, contohnya seperti infeksi, pilek, flu, dan meredakan demam.

10. Mencegah Penyakit Jantung

Buah yang mngandung serat, kalium, serta vitamin berfungsi untuk membantu tubuh untuk mencegah penyakit jantung. Kita dapat terhindar dari penyakit jantung dengan rutin mengkonsumsi buah.

11. Penurunan Berat Badan

Sebagian buah yang mengandung senyawa enzim dapat memberikan dampak dalam pengurangan protein, karbohidrat, serta lemak dalam tubuh sehingga metabolisme tubuh menjadi lebih optimal dan lemak dalam organ dapat terbakar menjadi energi.

Mengkonsumsi buah merupakan pilihan yang tepat untuk melangsingkan tubuh karena selain manfaatnya yang cukup banyak, buah juga memenuhi kecukupan nutrisi harian.

12. Mempercepat Pertumbuhan Luka

Senyawa enzim proteolitik chymopapain pada sebagian buah berfungsi mempercepat penyembuhan luka serta mencegah terjadinya infeksi pada daerah kulit yang terbakar. Biasanya buah yang digunakan yaitu buah papaya karena kandungan papain di dalamnya.

13. Mencegah Asma

Sebagian buah yang mengandung beta karoten dapat berfungsi untuk mengurangi pengembangan penyakit asma. Cara mengkonsumsi dari buah ini yaitu dapat dimakan secara langsung atau dibuat jus.

14. Mencegah Diabetes

Buah yang mengandung serat tinggi dapat membantu menurunkan risiko diabetes. Makanan kaya serat yang terkandug dalam buah dapat membantu mengelola kadar insulin dalam tubuh sehingga kadar gula akan lebih terkontrol dan akan meminimalisir penyakit diabetes.

15. Bagus Untuk Kulit

Buah yang mengandung vitamin C sangat dibutuhkan untuk digunakan sebagai bahan sintesis kolagen karena dapat digunakan untuk membantu menjaga kulit agar tetap kencang, meningkatkan elastifitas serta menyembuhkan luka bakar. Kandungan vitamin C paling banyak terdapat pada buah jeruk.

Nahh yuk sekarang kita bahas tentang cara menyimpan buah di kulkas yang benar agar buah yang kalian simpan tetap segar dan tahan lama.

Cara Menyimpan Buah Dikulkas :

cara menyimpan buah

1. Pisahkan Buah yang Lama dan yang Baru

Saat kita menyimpan buah, kita sering meyatukan buah yng baru dan yang lama, hal ini membuat buah tersebut tercampur dan mudah membusuk. Agar buah lama tidak mudah membusuk, usahakan untuk memisahkan buah lam dan buah baru sehingga kita akan mendahulukan buah lama agar cepat habis.

2. Menyimpan Buah di Tempat yang Kering

Menyimpan di tempat yang kering dapat menjaga kelembapan buah agar kandungan airnya tetap terjaga. Selain menjaga kelembapan, buah juga tidak cepat busuk dan kisut. Sebaiknya menghindari mencuci buah sebelum menyimpannya di kulkas.

3. Bungkus Apel Menggunakan Kertas

Apakah kalian tau? Bahwa buah apel dapat memproduksi zat etilen yang lebih banyak dibandingkan dengan buah yang lainnya. Gas etilen tersebut dapat membantu proses pematangan pada buah terjadi lebih cepat dan bahkan hal ini dapat memicu terjadinya proses pembusukan.

Jadi untuk menghindari bahwa buah ini akan mencemari buah yang lainnya, maka dari itu bungkus apel dengan menggunakan kertas sehingga kesegaran dari buah ini tetap terjaga.

4. Jangan Simpan Pisang Didalam Kulkas

Untuk kalian yang sering menyimpan pisang di dalam kulkas, maka hentikan kebiasaan buruk tersebut. Karena saat pisang masuk ke dalam kulkas, maka aroma dan rasa dari buah tersebut akan rusak.

Usahakan untuk menyimpan pisangpada suhu ruang dan juga hindari  terkena sinar matahari secara langsung agar pisang yang kalian simpan tidak ceppat matang bahkan menjadi busuk.

5. Jangan Menyimpan Jeruk Secara Ditumpuk

Jika kalian menyimpan jeruk, maka buah ini membutuhkan ruangan yang dingin agar senantiasa segar. Jeruk juga mempunyai usia yang cukup lama apabila di simpan di dalam kulkas.

Tapi kalian juga harus ingat, bahwa kalia tidak boleh menyimpaan jeruk dengan cara di tumpuk. Karena kebiasaan buruk ini justru hanya akan membuat jeruk menjadi lebih cepat busuk dan akan menjadi terbuang sia-sia.

6. Simpan Mangga di Dalam Kulkas

Mangga merupakan salah satu jenis buah yang cepat matang. Maka untuk meminimalisir prosesnya, kamu bisa menyimpan mangga ke dalam kulkas sehingga buah ini memiliki usia yang lebih lama dan agar lebih tahan lama.

7. Simpan Semangka di Dalam Kulkas

Semangka merupakan salah satu jenis buah yang memiliki kadar air yang sangat tinggi. Saat buah ini sudah dipotong, maka semangka ini akan memiliki usia yang pendek.

Oleh karena itu, jika kalian ingin menyimpan semangka lebih lama lagi, maka dari itu kalian bisa menyimpannya di dalam plastik dan dimasukkan ke dalam kulkas sehingga buah ini tidak mengontaminasi buah-buahan yang lainnya dan bahkan semangka ini masih bisa dinikmati selama beberapa hari kedepan.

Untuk menyimpan buah di dalam plastik, disarankan untuk menyimpannya secara kedap udara. Maka dari itu, gunakan vacuum sealer untuk memvacuum plastik yang kalian gunakan dan membuatnya menjadi kedap udara.

Cukup sekian artikel tentang cara menyimpan buah di kulkas yang dapat saya sampaikan, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian semua.

Terima kasih dan sampai jumpa!

Post A Comment