Cara Membuat Keripik Nangka Yang Lezat Dan Gurih

Hallo teman-temanku, pada artikel kali ini saya akan membagikan beberapa resep dan juga cara membuat keripik nangka yang nikmat dan juga bikin kamu ketagihan, sangat cocok untuk dihidangkan bersama teman-teman kamu ataupun keluarga kamu yang menyukainya.

Kalian pasti sudah tahu bukan dengan makanan yang unik satu ini, makanan yang memiliki cita rasa yang sangat gurih dan juga cara pengolahannya sangat mudah banget sehingga kamu akan ketagihan jika sudah mencobai resep yang saya bagikan kali ini kepada kalian.

Maka dari itu, saya akan membagikan resep dan juga cara membuat keripik nangka yang sangat nikmat dan juga bikin kalian ingin menambah terus menerus. Sangat cocok juga jika dihidangkan ketika sedang menonton acara televisi atau sedang menonton drama.

 

Pengertian Keripik Nangka

Keripik nangka adalah salah satu makanan tradisional yang memiliki cita rasa yang sangat renyah nan gurih. Makanan ini terbuat dari nangka yang sangat segar sehingga rasanya jauh lebih menggugah selera dibandingkan dengan makanan lainnya.

Makanan ini sudah ada sejak zaman dahulu hingga zaman sekarang dan juga sudah ditemukan sekitar 10 abad yang lalu dan mengalami perubahan yang sangat cepat. Banyak sekali yang menyukai makanan nikmat yang satu ini dan juga ingin mencobanya terus-terusan.

Jadi jangan heran jika banyak sekali yang mengetahui makanan inikarena ya emang sangat lezat sampai-samai mengalahkan rasa makanan yang katanya sangat lezat. Selain rasanya yang gurih dan enak, makanan ini juga menjadi makanan favorit di Indonesia.

Peminat dari makanan ini juga bertambah banyak setiap tahunnya bahkan jumblah produksi yang dihasilkan sangat sering meningkat, banyak juga konsumen yang tidak kebagian dengan makanannya, jadi sudah tidak diragukan jika makanan ini banyak yang tahu.

Oleh karena itu, saya akan membagikan berapa resep dan juga cara membuat keripik nangka yang jauh lebih nikmat dibandingkan dengan resep-resep yang lainnya. Jadi kalian wajib nih mencobai makanan tradisional yang satu ini, saya jamin kalian akan ketagihan dengan rasanya.

 

Cara Membuat Keripik Nangka Yang Gurih Dan Manis Banget

cara membuat  keripik nangka original

1. Keripik Nangka Rasa Original

Bahan-Bahan :

  • 1/2 kg buah nangka yang segar, jangan terlalu matang
  • 150 gram kapur sirih
  • mineral udara 1 liter
  • 75 gram garam
  • 150 gram gula pasir
  • 2 liter minyak goreng atau minyak sayur

Cara Membuat Keripik Nangka Rasa Original :

  1. Siapkan semua bahan-bahan yang akan digunakan, kupa seluruh buah nangka dan bersihkan kulitnya beserta jerami-jeraminya, lalu belahlah daging buahnya,  kemudian buang bijinya lalu poong-potong bagian ujungnya.
  2. Setelah itu, campurkan kapur sirih dengan air mineral 1 liter, aduk-aduk hingga semuanya tercampur rata (tujuannya agar rasa dari keripiknya jauh lebih enak dan juga kriuk-kriuk).
  3. Kemudian kalian rendam buah nangka menggunakan air larutan kapur sirih selama kurang lebih 5 jam.
  4. Jika sudah waktunya, cuci kembali buah nangka dengan air bersih, lalu angkat dan juga tiriskan terlebih dahulu agar airnya hilang dan mengering.
  5. Agar mendapatkan hasil yang maksimal dan juga sedikit mengembang, setelah kalian cuci buahnya kalian jemurkan terlebih dahulu selama kurang lebih 3-5 jam.
  6. Kemudian masukkan kedalam alat penggorengan yang sudah diisi menggunakan minyak goreng atau minyak sayur, panaskan minyak goreeng telebih dahulu hingga suhuyab mencapai 90 derajat celcius.
  7. Jika sudah panas, goreng buah nangka hingga matang dan dan buih-buihan yang ada pada minyak dapat berkurang dan pertanda jika sudah matang. jika sudah matang angkat kemudian tiriskan terlebih dahulu.
  8. Kamu bisa menggunakan mesin penyaring minyak agar keripik nangkanya tidak mudah kapes dan juga teksturnya tetap renyah dan nikmat.
  9. Jika sudah kering siapkan wadah toples yang tertutup untuk menyimpan keripik nangka didalamnya. dinginkan terlebih dahulu keripiknya, jika sudah dingin masukkan kedalam toples yang sudah disediakan
  10. Kalian juga bisa memakannya secara langsung dengan keluarga kamu yang tercinta ataupun bersama teman-teman kamu.

Nah jadi seperti itu ya guys resep dan juga cara membuat keripik nangka yang nikmat dan juga lezat, saya jamin rasanya tidak akan kalah dengan makanan yang memiliki harga mahal bahkan makanan ini jauh lebih murah dan juga enak dibandingkan makanan yang mahal-mahal.

Untuk resep seanjutnya saya akan membagikan resep dan juga cara membuat keripik nangka yang rasanya jauh lebih nikmat dan gurih dibandingkan dengan resep keripik yang lainnya, jadi kalian tidak perlu ragu untuk mencoba dan juga membuatnya bersama keluarga kalian ya.

2. Keripik Nangka Rasa Pedas Original

Cara membuat keripik nangka rasa pedas original

Bahan-Bahan :

  • 2 kilogram buah nagka yang segar, pastikan untuk yang jangan terlalu matang
  • 1 liter air mineral bersih
  • 80 gram garam halus
  • 200 gram gula pasir
  • minyak goreng, secukupnya saja
  • 100 gram kapur sirih
  • Bubuk cabai, sesuai selera masing-masing

Alat-Alat :

  • vacuum friying (mesin penggoreng yang hampa udara)
  • wadah toples yang bersih
  • pisau dapur yang tajam

Cara Membuat Keripik Nangka Rasa Pedas Original :

  1. Siapkan seluruh alat dan jugga bahan yang akan digunakan untuk memasak, pisahkan buah nangka dengan biji yang ada didalamnya. Agar tidak lengket pada saat proses pemisahan, gunakanlah minyak goreng ditangan kalian.
  2. Kemudian belahlah daging nangkanya menjadi 3-4 bagian, untuk pemotongan bisa diatur sesuais elera masing-masing. Jika sudah dibelah menjadi beberapa bagian, kalian taruh buah nangka kedalam wadah lalu sisihkan.
  3. Setelah itu, rrendamlah potongan daging nangka tadi menggunakan larutan air yang sudah dicampuri dengan kapur sirih, tunggu selama 3 jam atau bisa juga semalaman. tujuannya agar getahnya benar-benar menghilang dari nangka.
  4. Jika sudah direndam dengan menggunakan larutan kapur sirih, cuci kembali buaah nangka hingga benar-benar bersih, angkat dan tiriskan terlebih dahulu hingga airnya benar-benar bersih
  5. Larutkan gula pasir dengan garam kedalam air putih lalu rendam kembali buah nangka selama kurang lebih 1-2 jam. jika sudah pada waktunya tiriskan kembali buah nangka yang sudah direndam.
  6. Masukkan potongan daging buah nangka kedalam alat mesin vacuum fryin, panaskan dengan minyak goreng dengan menggunakan suhu sekitar 90 derajat celcius.
  7. Kemudian kalian gorengkan buah nangka hingga benar-beenar matang dan warnanya berubah menjai sedikit kecoklatan atau golden brown.
  8. Jika sudah matang, angkat dan tiriskan keripik nangka hingga minyaknya benar-benar menghilang. Lakukkan hingga semua keripik selesai.
  9. Kalau sudah digorng semua, siapkan wadah toples yang bersih untuk tempat keripik nangka, tunggu keripik hingga dingin, jika sudah dingin masukkanlah kedalam toples yang sudah disiapkan tadi.
  10. Atau kamu juga bisa memakannya langsung bareng teman-teman kamu ataupun bersama keluarga tercintamu.

Nah Jadi seperti itu guys beberapa resep dan juga cara membuat keripik nangka rasa pedas original yang bisa kalian coba dan juga kalian sajikan untuk keluarga kalian, saya jamin rasanya jauh lebih mantap dan bikin kamu ketagihan. Jika butuh mesin bisa membelinya di web Rumah Mesin.

 

Manfaat Buah Nangka Untuk kesehatan Manusia

1. Dapat Melancarkan Pencernaan Manusia

Kandungan yang terdapat pada buah nangka adalah kandungan vitamin dan nutrisi sehingga dapat membantu kamu untuk melancarkan pencernaan manusia, jadi jangan ragu untuk mencobanya dirumah kalian masing-masing ya.

Kalian wajib mengkonsumsi makanan yang terbuat dari bahan olahan berupa buah nangka, karena buah nangka dapat membantu kamu mengatasi masalah pencernaan yang sering terjadi pada manusia, sehingga buah nangka ini memang diperlukan untuk tubuh.

2. Mencegah Terjadinya Kanker

Buah nangka memiliki kanungan berupa kandungan antioksidan yang bermanfaat untuk melawan sel kanker yang sering terjadi pada manusia, kanker ini memang sangat ditakuti oleh warga diseluruh dunia karena dapat memicu kepada kematian yang sering terjadi pada manusia.

Maka dari itulah saya rekomendasikan kepada kalian untuk mengkonsumsi buah nangka sesuai dengan tubuh kalian dan konsumsilah secara teratur dan benar agar kalian bis aterhindar dari penyakit yang sangat berbahaya satu ini.

3. Meningkatkan Ketahanan Daya Tubuh Manusia

Kandungan selanjutnya yang ada pada buah nangka adalah kandungan vitamin C yang dapat membantu kamu untuk meningkatkan daya tahan tubuh sehingga sangat wajib sekali untuk mengkonsumsi buah nangka secukupnya agar tubuh kamu dapat memiliki daya tahan tubuh yang cukup.

Oleh karena itu, kamu harus mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C agar kamu tidak akan mudah sakit dan juga tubuh kamu akan tetap kuat dan juga bisa melakukan aktivitas yang berat seharian, jadi konsumsilah makanan yang memiliki bahan dasar berupa nangka.

4. Dapat Mencegah Darah Tinggi

Untuk kandungan yang selanjutnya adalah kandungan kalium yang dapat mencegah terjaddinya penyakit darah tinggi sehingga sangat diwajibkan untuk kau mengkonsumsi makanan yang mengandung kandungan kalium ini, terlebih lagi jika kamu memiliki darah tinggi.

Maka kamu wajib mengkonsumsinya sesuai dengan kebutuhan yang ingin dimiliki tubuh kamu, mengkonsumsi buah nangka memanglah sangat bagus terlebih lagi jika kau mengkonsumsinya disaat kamu sedang memiliki waktu yang sangat luang dan bersantai.

5. Bisa Memperkuat Gigi Dan Tulang Manusia

Kandungan yang terdapat pada buah nangka adalah kandungan kalsium dan juga kandungan zat besi yang bagus untuk memperkuat tulang dan juga memperkuat gigi,jika kamu ingin memiliki tulang yang kuat dan gigi yang sehat maka konsumsilah buah nangka.

Jadi jangan ragu untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung buah nangka ini, karena buah nangka sangat memiliki banyak sekali manfaat didalamnya sangat cocok untuk kamu yang ingin melakukan gaya hidup yang sehat, saya jami kalian akan sehat dan kuat jika memakannya.

 

Tips Dan Trik

Jika kalian sedang mengkonsumsi makanan berupa keripik nangka maka kalian wajib mengkombinasikannya menggunakan air teh hangat karena keripik nangka sangat cocok jika dikombinasikan dengan minuman yang snagat hangat dan nikmat.

Selain itu, makanlah ketika kalian sedang menonton filem ataupun drama karena akan menambah jauh lebih menyenangkan dan juga bisa meningkatkan mood kamu, jadi jangan ragu untuk memakannya ketika sedang menonton film dirumah ya.

Nah jadi cuma itu saja ya teman-teman beberapa resep dan juga cara membuat keripik nangka yang rasanya sangat nikmat dan juga sangat lezat, jadi kalian wajib nih nyobain resep yang nikmat satu ini bersama teman-teman atau keluarga kalian, sekian dan terimakasih.

Post A Comment