Apa Sih Kerupuk Kentang Itu? Yuk Simak Cara Buatnya

Halo teman teman pecinta kerupuk! Seperti yang ada pada judulnya, pada artikel kali ini saya akan membagikan tips bagaimana cara buat kerupuk kentang yang enak, gurih dan renyah tanpa msg loh.

Anda pasti masih cukup asing dengan kerupuk kentang, atau mengira salah judul? Kerupuk kentang ini memang belum sepopuler keripik kentang tapi rasanya tidak kalah loh sama keripik kentang.

Di Indonesia sendiri peminat dan juga penggemar kerupuk sangatlah tinggi. Hal ini menyebabkan Peluang usaha kerupuk, salah satunya kerupuk kentang sangat menjanjikan. Apalagi masih sedikit saingan dalam usaha kerupuk kentang, untuk lebih jelasnya anda dapat membaca artikel cara membuat kerupuk kentang. Pada artikel tersebut di jelaskan mengenai analisis usaha ini.

Untuk anda yang berminat untuk memulai usaha ini tetapi modal yang anda miliki tidaklah banyak tidak perlu khawatir. Anda masih bisa memulai usaha ini dengan cara anda hanya membeli alat yang paling dibutuhkan yaitu hand sealer. Selain mesin tersebut anda bisa menggunakan alat masak yang ada di dapur rumah anda untuk produksinya.

Apa itu mesin hand sealer? mesin ini merupakan mesin perekat plastik yang di gunakan untuk merekatkan bungkus supaya tidak ada udara luar yang masuk sehingga kerupuk bisa bertahan lebih lama.

Lalu bagaimana cara mendapatkan mesin tersebut? Anda bisa mendapatkannya di website rumahmesin.com, pada website tersebut anda dapat menemukan berbagai macam jenis mesin yang berkualitas serta dengan harga yang aman untuk kantong anda.

Nah sebelum kita masuk ke cara buat kerupuk kentang. Yuk simak dulu bagaimana cara memilih kentang yang bagus dan juga manfaat dari kentang.

Cara Memilih Kentang yang Berkualitas dan Berbagai manfaat Kentang

Cara Memilih Kentang Yang Berkualitas

Kentang, apakah anda menyukai sayuran yang satu ini? Kentang merupakan salah satu dari banyak bahan makanan yang mempunyai penggemar yang cukup banyak. Bukan hanya karena rasa dari kentang yang enak tetapi juga dikarenakan kentang adalah sumber karbohidrat sehingga dapat anda manfaatkan sebagai bahan makanan pokok pengganti nasi ataupun pengganti jagung. Jadi bagi anda yang sedang melakukan diet karbo, anda dapat mengganti makanan pokok Anda dengan menggunakan kentang putih.

Kentang kentang ini bisa dikatakan cukup awet untuk disimpan dalam kurun waktu yang cukup lama lho teman teman. Tetapi Anda juga harus waspada karena pada dasarnya kentang bisa saja berubah menjadi busuk atau lembek padahalanda menyimpannya dalam tempat yang benar. Kali ini saya akan memberikan Tips dalam Memilih Kentang Yang Bagus Dan juga Berkualitas untuk bisa anda masak menjadi berbagai makanan yang nikmat serta lezat.

Tips ini dapat menjadi tambahan sumber informasi untuk anda. Dan saya harap dapat Anda gunakan saat anda berbelanja kentang baik itu di pasar tradisional ataupun pada supermarket.

  • Waspadai kentang yang berwarna hijau dan Tidak memiliki tunas

Anda pasti terkadang menemui banyak sekali kentang yang sudah berwarna hijau yang dijajakan oleh para penjual di pasaran. Waspadailah kentang yang sudah berwarna hijau ini ya, lebih baik Anda untuk tidak memilihnya atau membelinya karena biasanya kentang yang memiliki warna hijau. Hal ini menunjukan bahwa kualitas ketang yang kurang baik atau bahkan tidak layak konsumsi. Warna hijau yang terdapat pada kentang biasanya disebabkan oleh usia kentang yang masih terlalu muda saat di panen serta terlalu banyak atau terlalu lama terpapar oleh sinar matahari. Kentang hijau ini juga memiliki racun teman teman karena mengandung senyawa yang bernama solanina yang dapat menyebabkan gatal-gatal, mual, diare serta sakit pada bagian kepala atau pusing.

Alangkah lebih baik jika Anda tidak memilih kentang yang sudah memiliki tunas pada bagian cekungan umbinya. Tunas-tunas ini biasanya memiliki ukuran kecil seperti daun dan juga bentuknya akan bergerombol. Apabila satu tunas saja sudah tumbuh, bukan tidak mungkin jika ada tunas lain juga akan ikut tumbuh pada bagian cekungan kentang. Hal ini bukan berarti kentang tersebut sudah tidak layak untuk anda konsumsi. Hanya saja hal ini menandakan kalau kentang tersebut sudah lama untuk disimpan pada usatu tempat atau dipanen. Sebaiknya anda untuk tidak memilih kentang yang sudah bertunas ini untuk anda konsumsi. Dari pada kentang ini dibuang sebaiknya tanam saja kentang tersebut menjadi tanaman dalam pot Anda.

  • Perhatikan ciri fisik kentang, Memiliki bobot yang pas dan keras

Kentang yang masih baik dan layak untuk anda konsumsi juga dapat terlihat dari bentuk fisik kentang tersebut. Kentang yang berkualitas bisa ditandai dengan ciri permukaannya yang halus, mulus dan juga tidak terdapat cekungan yang dapat mengarah pada bagian yang busuk tersebut. Sayuran kentang ini yang mempunyai kulit yang mulus biasanya memiliki rasa yang akan jauh lebih manis jika dibandingkan dengan kentang yang mempunyai kulit yang kasar. Kentang ini cocok sekali jika Anda yang ingin mengolahnya menjadi makanan seperti kentang kering ataupun kentang goreng.

Bobot dari ketang juga bisa menjadi penanda kentang yang mempunyai kualitas bagus. Kentang yang memiliki kualitas bagus cukup berat karena daging umbi kentang tersebut tebal dan juga padat. Kentang yang keras juga bisa jadi menandakan kalau daging umbi kentang masih utuh dan juga tidak terdapat kerusakan atau bahakan kebusukan di dalam kentang. Berbeda dari kentang yang mempunyai bobot ringan tentu saja hal tersebut dapat mengindikasikan kalau bagian dalam umbi kentang tersebut sudah rusak atau bahkan menjadi sarang serangga di dalamnya dan ulat.

  • Pilih kentang yang kering dan Segera olah kentang

Jangan pernah sekali-kali Anda untuk memilih kentang dalam keadaan yang basah permukaannya. Karena kandungan air tersebut yang terdapat pada bagian luar kulit kentang dapat menyebabkan kentang menjadi lembab. Kelembaban yang berlebihan inilah yang dapat memicu kentang menjadi cepat untuk menjadi busuk dan juga lembek. Namun jika anda sudah terlanjur untuk membeli kentang dan kentang tersebut basah, keringkan kentang tersebut dengan menggunakan kertas tissue hingga kering. Kemudian angin-anginkan kentang tersebut sampai permukaan kentang itu tidak basah lagi atau kering.

Hal yang terpenting untuk dilakukan setelah Anda mendapatkan dan membeli kentang dengan ciri-ciri di atas yaitu dengan Anda harus mengolah serta memasaknya. Sebaiknya tidak menyimpan kentang tersebut terlalu lama merupakan kunci untuk bisa mendapatkan kentang yang segar dan kaya akan manfaat.

Trik atau cara untuk menyimpan kentang supaya bisa bertahan lebih lama yaitu dengan menyimpan kentang didalam ruangan yang terbuka yang teduh dan juga tidak terkena sinar matahari secara langsung. Anda dapat meletakkan kentang didalam keranjang yang mempunyai sirkulasi udara yang baik dan bagus sehingga kentang tersebut tidak akan lembap. Kentang akan lebih baik jika dikonsumsi sampai 2 minggu dari waktu anda membelinya. Jadi, jangan sampai anda salah ya dalam memilih kentang yang mempunyai kualitas yang baik.

Setelah anda mengetahui bagaimana cara memilih kentang yang berkualitas, sekarang simak yuk berbagai manfaat yang anda dapatkan jika mengonsumsi kentang. Agar anda tidak ragu lagi untuk mengonsumsi kentang terutama jika di olah dengan cara buat kerupuk kentang ini.

Berbagai Manfaat dari Kentang

  • Mengandung antioksidan dan Bebas Gluten

Kentang sangatlah kaya akan kandungan senyawa karetonoid, flavonoid, dan juganasam fenolik. Senyawa senyawa tersebut berperan sebagai antioksidan di dalam tubuh anda yang akan mencegah radikal bebas muncul yang biasanya akan merusak sel tubuh anda.

Bahkan, sekumpulan radikal bebas ini diyakini ahli sebagai salah satu faktor risiko dari munculnya berbagai macam penyakit kronis misalnya seperti penyakit jantung, diabetes, dan bahkan penyakit kanker. Penelitian dalam Nutrition and Cancer tahun 2011 juga menunjukan kalau antioksidan yang terdapat dalam kentang bisa membantu menekan pertumbuhan sel kanker dalam hati dan juda pada usus besar.

Maka dari itu,supaya menurunkan risiko anda terhindar dari semua penyakit tersebut, Anda dapat mengonsumsi kentang secara teratur.

Kandungan zat yang ada didalam kentang juga bebas akan kandungan gluten. Gluten merupakan slah satu jenis protein yang ditemukan dalam biji-bijian, contohnya seperti pada biji gandum. Bagi orang yang mengalami masalah dalam mengolah kandungan gluten ini seperti penyakit celiac, kentang bisa loh untuk dijadikan pilihan yang tepat sebagi pengganti.

Meskipun bebas kandungan gluten, tetapi tidak semua resep olahan makanan yang berbahan dari kentang benar-benar bebas akan gluten. Beberapa hidangan yang berasal dari kentang juga mengandung gluten seperti dalam saus, ataupun roti yang berasal dari kentang. Apabila Anda memiliki penyakit celiac atau sensitivitas terhadap gluten, pastikan lagi ya untuk membaca daftar bahan makanan lengkapnya terlebih dahulu.

  • Membantu kendalikan gula darah dan Menjaga tekanan darah normal

Banyak yang mengatakan bahwa kentang buruk bagi penderita diabetesi, padahal malah sebaliknya. Manfaat kentang yang selanjutnya yaitu bisa membantu untuk mengendalikan kadar gula dalam darah anda. Jadi sumber karbohidrat yang satu ini cukup aman ya bagi orang yang menderita diabetesi.

Kentang kaya akan kandungan pati yang biasa disebut dengan pati resisten yang tidak dapat diserap sepenuhnya oleh tubuh anda. Ketika pati resisten ini masuk ke dalam usus besar pada tubuh anda. Pati resisten ini akan menjadi sumber makanan juga nutrisi untuk bakteri baik yang terdapat di dalam usus. Penelitian juga menyatakan kalau pati resisten bisa membantu membuat kerja insulin, yaitu hormon pengendali gula darah dalam tubuh, menjadi lebih optimal lagi.

Tidak hanya itu, sebuah penelitian pada Medicine (Baltimore) 2015 yang dilakukan pada orang yang memiliki penyakit diabetes tipe dua, juga menunjukan kalau setelah mereka mengonsumsi makanan yang mengandung pati resisten, gula darahnya terbukti lebih stabil.

Menariknya lagi, Anda juga dapat loh meningkatkan kandungan pati resisten yang terdapat pada kentang ini. Dengan cara menyimpan kentang yang sudah direbus di dalam lemari es kurang lebih semalaman lalu dimakan keesokan harinya selagi kentang masih dingin.

Manfaat kentang yang tidak kalah penting yang lain yaitu bisa membantu menstabilkan tekanan darah pada tubuh. Dilansir dari laman Live Science, kentang adalah sumber kalium yang sangat baik, bahkan jumlahnya sendiri lebih banyak jika dibandingkan dengan buah pisang. Kalium merupakan mineral yang bisa membantu untuk menurunkan tekanan darah anda. Yaitu dengan cara merangsang pembuluh darah pada tubuh untuk melebarkan ukurannya. Tidak hanya itu, di dalam kentang juga terkandung kalsium dan juga magnesium, yang juga berperan dalam mengendalikan tekanan darah yang normal.

Dilansir dalam laman Live Science, Institute for Food Research juga sudah menemukan kalau kentang memiliki kandungan bahan kimia yang disebut dengan kukoamines, yang berhubungan juga untuk dapat menurunkan tekanan darah dalam tubuh.

  • Baik untuk pencernaan

Manfaat yang selanjutnya yaitu masih berkaitan dengan kandungan pati resisten yang terkandung dalam kentang yang ternyata juga bisa membantu untuk memperbaiki sistem pencernaan anda. Jadi saat pati tersebut masuk ke dalam usus, pati resisten ini akan dimakan atau di konsumsi oleh bakteri baik yang ada. Kemudian, bakteri baik ini yang akan mengubah pati resisten menjadi asam lemak rantai pendek.

Nah, asam lemak rantai pendek inilah yang mempunyai segudang manfaat juga kegunaan bagi kesehatan tubuh. Contoh manfaatnya yaitu dapat mengurangi risiko terkena peradangan pada usus besar, memperkuat pertahanan usus besar, dan juga bisa mengurangi risiko terkena kanker kolorektal (kanker usus besar). Tak hanya itu asam lemak rantai dari pati resisten ini juga sangat penting dan di butuhkan untuk membantu orang yang sedang mengalami penyakit infeksi usus, seperti penyakit Crohn, atau divertikulitis.

  • Menjaga kesehatan sistem saraf , fungsi otak dan Menjaga kesehatan jantung

Vitamin B6 yang terkandung didalam kentang juga sangat penting untuk membantu menjaga kesehatan neuron atau saraf anda. Vitamin B6 jjuga bisa membantu untuk menciptakan bahan kimia pada otak yakni, termasuk dopamin, serotonin, dan juga noreprinefrin menurut University of Maryland Medical Center.

Hal tersebut berarti, dengan memakan kentang anda dapat membantu mengatasi depresi atau stres yang sedang anda alami. Selain itu, kalium yang terdapat dalam kentang yang dapat mendorong pelebaran pembuluh darah juga bisa membantu memastikan agar otak  mendapatkan cukup darah.

Karotenoid yang ada didalam kentang juga membantu untuk menjaga fungsi dari  jantung dengan sangat baik. Vitamin C dan B6 juga bisa membantu mengurangi radikal bebas yang ada pada sel jantung dan juga sel-sel lain pada tubuh. Vitamin B6 juga mempunyai peranan yang penting dalam membantu proses di dalam tubuh yang bernama proses metilasi.

Proses ini yaitu salah satu manfaatnya dengan mengubah homosistein, molekul yang berbahaya bagi tubuh menjadi metionin, struktur komponen baru yang terdapat dalam protein. Terlalu banyak kandungan homosistein juga dapat merusak dinding pembuluh darah dalam tubuh anda. Dan kadarnya yang akan semakin tinggi mempunyai kaitan terjadinya peningkatan risiko terkena serangan jantung dan juga penyakit stroke.

Ternyata banyak banget ya manfaat yang kita dapatkan kalau mengonsumsi kentang. Nah sekarang kita simak yuk cara buat kerupuk kentang.

Cara Buat Kerupuk Kentang

Bahan Bahan Kerupuk Kentang:

  • 500 g kentang, kukus, haluskan
  • 500 g tepung tapioka
  • 2 1/2 sdt baput bubuk
  • 1 bks kaldu bubuk
  • 2 sdt garam
  • 1 sdt munjung merica bubuk
  • secukupnya air hangat
  • irisan daun bawang, optional

Cara Pembuatan Kerupuk Kentang:

  1. Langkah pertama dalam cara buat kerupuk kentang yaitu campurkan semua bahan yang sudah di tulis di atas lalu uleni dengan menggunakan tangan hingga adonan berubah menjadi kalis. Bentuk adonan kerupuk menjadi seperti lontong mini atau sesuaikan dengan selera anda.
  2. Rebus calon kerupuk kentang ini didalam panci yang berisi air. Dan sebelumnya panci tersebut sudah dipanaskan hingga air di dalamnya mendidih. Jika lontongan adonan sudah terlihat mengapung di permukaan air, tandanya adonannya sudah matang. Angkat dan lakukan sampai semua lontongan adonan habis.
  3. Dinginkan dan masukkan lontongan adonan kerupuk ke dalam kulkas kurang lebih selama semalaman atau minimal hingga adonan berubah menjadi keras. Potong lontongan adonan secara tipis menggunakan pisau yang tajam. Lalu tata di atas tampah ataupun loyang yang akan anda gunakan untuk menjemur. Jemur irisan adonan kerupuk kentang dibawah sinar matahari hingga kerupuk kering. (Lama penjemuran tergantung pada cuaca di saat penjemuran). Setelah irisan kerupuk benar benar kering, goreng kerupuk kentang ini dalam minyak panas dengan nyala api yang sedang.
  4. Setelah kerupuk kentang berubah warna kekuningan itu tandanya sudah matang. Angkat dan tiriskan, gunakan tissue makan untuk mengurangi minyak yang menempel pada kerupuk kentang. Simpan di dalam wadah yang kedap udara misalnya seperti toples.

Wah gampang banget kan teman teman cara buat kerupuk kentangnya. Jangan lupa di praktekin di rumah ya! Semoga artikel yang saya buat ini dapat membantu dan berguna untuk anda. Terima kasih telah meluangkan waktu anda untuk membaca artikel ini ya! sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Leave a Reply