Tips Menggelar Acara Lamaran yang Sederhana

Lamaran merupakan salah satu bagian dari perjalanan pernikahan. Lamaran tidak harus selalu dilakukan, tergantung dari adat dan pasangan itu sendiri. Untuk mereka yang menyelenggarakannya, pastinya memiliki kenangan tersendiri yang sangat spesial.

Bagi kamu yang ingin menyelenggarakan prosesi lamaran dengan konsep sederhana dan tidak ribet, ikutilah beberapa tips berikut untuk acara lamaran yang sederhana, tetapi tetap berkesan.

5 Tips Acara Lamaran yang Sederhana

Tips Menggelar Acara Lamaran yang Sederhana

Pemilihan tempat

Untuk acara lamaran yang sederhana dengan low budget, kamu bisa menyewa tempat yang minimalis, seperti di kafe. Jika ingin lebih berhemat lagi, Manfaatkanlah rumah sendiri atau rumah pasangan untuk tempat berlangsungnya lamaran. Tidak hanya gratis, bahkan kamu bisa memanfaatkan biaya tersebut untuk keperluan lainnya.

Menentukan jumlah tamu

Pada dasarnya lamaran bertujuan untuk mempertemukan keluarga dari kedua pihak secara formal. Jadi, kamu tidak perlu mengundang banyak tamu untuk acara tersebut. Undanglah orang yang menurut kamu penting, seperti keluarga inti/besar, atau sahabat dekat. Semakin banyak tamu yang diundang, maka biaya yang dikeluarkan akan semakin banyak. 

Memilih cincin lamaran yang sederhana

Berikut ini adalah cara menentukan cincin yang murah namun berkualitas.

  • Menentukan material yang sesuai

Dalam memilih cincin lamaran, yang terpenting adalah perhatikan material pembuatannya. Apabila bentuknya terlalu tipis dan kualitasnya rendah, maka akan mudah patah. 

  • Membeli secara online

Dengan membeli cincin lamaran dari toko online, kamu dan pasangan tidak perlu capek lagi mengunjungi toko perhiasan satu per satu. Hanya dengan melihat gadget, kalian bisa melihat-lihat dan membandingkan harga cincin dari berbagai toko online.

  • Mempertimbangkan ukuran logam mulia

Harga cincin dipengaruhi dari ukuran logam mulianya. Jika ingin cincin yang murah, belilah cincin dengan logam mulia yang kecil. Selain itu, harganya juga dipengaruhi oleh kualitas batu mulia yang digunakan dan cara pemotongannya. 

Jika ingin mendapatkan cincin lamaran dengan harga yang friendly, berkunjunglah ke toko kami, The Palace Jeweler. Kami menyediakan produk Frank & co. yang menyajikan varian perhiasan dengan harga murah, namun tetap berkualitas.

Mempersingkat rangkaian acara

Jangan memasukkan sesi acara yang tidak begitu penting, sehingga akan menyia-nyiakan waktu. Dengan demikian, kamu bisa memanfaatkan sisa waktunya untuk saling mengobrol dengan keluarga calon mempelai. Hal itu akan membuat hubungan kedua keluarga semakin bertambah erat.

Do it Yourself (DIY)

Untuk keperluan lamaran, seperti katering, foto, dekorasi, dan sebagainya, jangan menggunakan jasa vendor. Kamu dan pasangan bisa mengurusnya sendiri untuk acara lamaran yang sederhana. Jika terlalu repot, minta bantuanlah kepada sahabat dekat untuk membuat dekorasi atau untuk mengurus dokumentasi.

Sedangkan untuk kateringnya, kamu bisa meminta bantuan keluarga atau tetangga. Meski kelihatannya merepotkan dan melelahkan, tetapi itu akan mengurangi pengeluaran kamu dan pasangan.

Itulah beberapa tips menyelenggarakan acara lamaran yang sederhana, tetapi tetap memberikan kesan yang mendalam. Semoga bermanfaat untuk kamu yang ingin melamar pujaan hati.

Leave a Reply