Ternyata Begini Dampak Sampah Bagi Sektor Pertanian

Dari banyaknya yang terkena dampak dari sampah, salah satu yang juga pasti tidak akan luput adalah sektor pertanian. Nyatanya memang pertanian itu bisa juga terkena dampak dari yang namanya sampah.

Volume sampah yang kian hari terus bertambah memang bisa dirasakan langsung oleh kita. Terlebih apabila sampah itu dibuang bukan ke dalam tempat sampah stainless alias secara sembarangan pasti nantinya akan membawa dampak buruk.

Terlebih jika yang dibuang ke tanah itu adalah sampah anorganik seperti misalnya kertas, plastik, gelas, kaca, dll maka ketika ia dibiarkan begitu saja di tanah ia akan mengeluarkan suatu zat bernama koloid  yang pastinya akan merusak tumbuhan atau tanaman yang terkontaminasinya.

Kualitas air yang seharunya digunakan oleh tumbuhan atau tanaman untuk melakukan fotosintesis atau proses tumbuhan lainnya malah mengakibatkan tumbuhan tersebut gagal tumbuh dengan maksimal atau bahkan mati.

Banyak contoh lokasi – lokasi dimana di sekillingnya banyak sampah, pasti tanahnya menjadi tidak subur, dan tumbuhan pun menjadi kesulitan untuk tumbuh di lingkungan tersebut. Atau apabila tumbuh pun, kualitas tanaman tersebut sangatlah tidak bagus.

Makanya, hal ini sangat berbagai bagi pertanian. Karena sektor pertanian membutuhkan siklus udara yang bersih, air yang jernih dan juga tanah yang subur agar tanaman atau juga pepohonan yang ditanam bisa tumbuh dengan maksimal.

Tidak hanya sampah anorganik saja ternyata. Sampah organik yang tidak diolah atau dibiarkan begitu saja di atas tanah akan menghasilkan yang namanya asam organik dimana asam ini nantinya akan menyebabkan pengasaman tanah dan juga air.

Dengan begitu, maka Ph pada air tersebut bisa berubah. Padahal air adalah unsur utama untuk tumbuhan bisa tumbuh dengan baik.

Selain itu juga mikroorganiksme yang melakukan dekomposisi pada sampah organik tersebut akan menyerap unsur basa yang ada pada lingkungan.

Sampah organik yang ada pada tanah juga akan mengakibatkan oksidasi. Makanya hal seperti akan sangat berpengaruh sekali pada sektor pertanian, karena nantinya tanaman atau tumbuhan yang ditanam akan kehilangan unsur hara. Dan yang ada adalah kandungan beracun bagi tanaman itu sendiri.

Nah maka dari itu, jangan sampai menyepelekan keberadaan sampah apalagi jika sektor pertaniannya berada di dekat tempat pembuangan sampah.

Usahakan tanaman dan tumbuhan kita tidak bersentuhan langsung dengan sampah supaya bisa tumbuh dan panen secara maksimal.

Post A Comment