Strategi Membagi Waktu Untuk Ibu Bekerja

Ibu memiliki peranan penting di keluarga, ibu bisa menjadi tempat berbagi dan berkeluh kesah bagi anak dan suami, ibu juga yang terbiasa mengurus anggota keluarga. Membagi waktu antara urusan rumah dan bekerja tentunya bukan perkara mudah.

Perasaan stress saat bekerja dan merasa bersalah karena kurangnya perhatian antara pekerjaan dan keluarga pastinya familiar dirasakan oleh ibu yang bekerja penuh waktu. Dibutuhkan perencanaan dan kerja sama antar keluarga agar ibu tidak terlalu stress dalam membagi waktu.

Simak tips-tips berikut untuk menjaga keseimbangan antara profesi ibu saat bekerja dan saat dirumah.

1. Libatkan Pasangan

Mengatur waktu antara pekerjaan dan mengurus anak sendirian akan terasa berat, cobalah libatkan pasangan untuk meringankan beban yang ada di bahu kamu, minta pada pasangan untuk mengambil alih beberapa tugas seperti membantu membereskan rumah, bergantian menjemput anak dan merawat anak, dan lainnya.

2. Fokus Saat Bekerja dan Saat Dirumah

Jadilah fokus pada setiap pekerjaan yang akan kamu ambil, ketika di rumah jangan mencampur adukkan urusan pekerjaan dengan di rumah dan sebaliknya ketika bekerja jangan mencampur adukkan urusan rumah di dalam pekerjaan. Dengan fokus ketika membagi waktu akan menghindari kamu dari perasaan bersalah kepada keluarga dan stress saat bekerja.

3. Mencari Pekerjaan dengan Jadwal yang Fleksibel

Umumnya waktu bekerja dari jam 9 pagi sampai 5 sore setiap hari senin sampai jumat, ketika kamu sudah memiliki anak dan telah memiliki tempat kerja yang cocok, coba diskusikan ke atasan mengenai waktu bekerja yang tepat bagi kamu dan perusahaan.

Jika kamu sudah memiliki anak dan baru akan memulai bekerja selain mempertimbangkan faktor waktu, pertimbangkan juga faktor lokasi yang dekat dengan rumah.

Aplikasi Rekomendasi Saham

4. Mencari Daycare yang Berkualitas

Pertimbangkan daycare yang ingin kamu pilih, buatlah daftar dan kriteria daycare yang kamu butuhkan. Kamu juga bisa meminta referensi ke kerabat, keluarga ataupun teman. Benefit menitipkan anak ke daycare selain membuat kamu merasa lebih tenang saat bekerja juga agar anak memiliki kesempatan untuk bermain dan bersosialisasi dengan anak lain yang seumuran.

5. Ingat untuk Melakukan Me Time

Menjadi seorang ibu tidak serta merta selalu menempatkan dirinya sebagai prioritas terakhir, penting juga kamu untuk merawat diri sendiri agar kamu memiliki energi dan terhindar dari stress berat. Bicarakan kepada pasangan kamu agar kamu memiliki waktu kosong seharian untuk melakukan hal-hal yang kamu sukai dan inginkan.

Jika kamu belum menikah dan akan menikah, simak beberapa tips mengumpulkan modal menikah berikut ini.

Leave a Reply