Resep Es Jagung Kekinian Dijamin Lezat dan Menyegarkan

Hai teman-teman, pada kesempatan kali ini aku akan membagikan resep es jagung kekinian nih yang pastinya dijamin enak, menyehatkan, dan juga menyegarkan. Apakah anda punya stok jagung sisa? Atau anda bingung mau diolah menjadi apa? Mungkin resep yang satu ini bisa menjadi inspirasi nih.

Tapi apakah ada yang tahu cara membuat es krim jagung yang enak? Maknaya simak terus yaaa. Tapi sebelum itu yuk simak terlebih dahulu kandungan nutrisi serta manfaat yang terdapat pada jagung.

Kandungan Nutrisi Jagung

Tanaman jagung sudah sejak dahulu digunakan sebagai makanan pokok pengganti beras, karena kandungan karbohidrat di dalamnya bisa memberikan energi pada tubuh kita untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Bukan hanya itu saja kandungan nutrisi yang ada di dalamnya juga memberikan manfaat kesehatan yang melimpah.

Dalam 100 gram jagung mentah, didalamnya terkandung berbagai macam nutrisi yang diperlukan oleh tubuh kita, seperti protein, lemak, karbohidrat, serat, kalsium, fosfor, besi, natrium, kalium, tembaga, zinc, beta karoten, Vitamin B1,Vitamin B2, Vitamin B3, serta Vitamin C.

Manfaat Mengonsumsi Jagung

resep es jagung kekinian

1. Menjaga kesehatan mata

Si kuning yang memiliki cita rasa manis dan gurih ini ternyata kaya akan vitamin C dan juga vitamin B. Kandungan vitamin C pada jagung dapat memberikan manfaat sebagai penunjang perbaikan sel, meningkatkan kekebalan tubuh, dan juga memiliki sifat anti-penuaan. Sementara vitamin B yang terkandung di dalam jagung berperan penting dalam pengolahan energi.

Kandungan karotenoid yang terdapaat di dalam jagung dikenal dapat mampu menunjang sistem imun tubuh dan sudah terbukti sebagai vitamin yang penting untuk menjaga kesehatan mata. Tingginya kadar karotenoid ini juga bia menurunkan risiko dari degenerasi makular dan juga katarak.

2. Menurunkan risiko kanker

Bagi anda yang merupakan penggemar berat jagung, pasti paham betul sensai kenyang yang sangat memuaskan padahal hanya dengan makan satu bonggol nya saja. Manfaat jagung yang bisa membuat perut kenyang lebih lama ini berkat kandungan seratnya yang bisa mencapai sekitar 2 gram per gram-nya.

Serat sudah menjadi rahasia umum yang merupakan salah satu nutrisi kunci untuk memelihara sistem pencernaan. Dari hasil peneletian terbaru menunjukkan bahwa jagung dapat mendukung pertumbuhan bakteri baik dalam usus besar dan kemudian bakteri tersebut mengubahnya menjadi asam lemak rantai pendek atau SCFA.

3. Melindungi dari risiko penyakit jantung

Kandungan antioksidan sangat baik untuk kesehatan jantung karena dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Salah satu hasil penelitian dari Food Science And Human Wellness, menyebutkan bahwa jagung penting dalam melindungi sekaligus menurunkan risiko penyakit jantung.

Penyakit jantung dan hipertensi merupakan penyakit yang saling berkaitan satu sama lain. Hal ini dikarenakan hipertensi merupakan salah satu faktor risiko terkena penyakit jantung. Tekanan darah yang tinggi dapat memperberat kinerja jantung sehingga dalam jangka panjang bisa menyebabkan masalah pada jantung.

4. Kandungan gula yang aman untuk gula darah

Komposisi utama jagung adalah karbohidrat,  jadi sangat cocok untuk dijadikan sebagai makanan pokok. Namun kandungan karbohidrat pada jagung berbeda dengan seperti yang ada pada roti atau nasi yang lebih cepat menguras energi kita, kandungan karbohidat pada jagung memberikan kita energi yang stabil dan juga lebih tahan lama.

Hal tersebut bisa terjadi dikarenakan kandungan karbohidrat pada jagung merupakan jenis karbohidrat kompleks. Bukan hanya itu, di dalam jagung juga diperkaya dengan serat dan juga protein. Kombinasi dari tiga nutrisi tersebut bisa menyebabkan jagung akan lambat dicerna oleh tubuh.

Ketiga nutrisi tersebut juga bisa memberikan manfaat untuk mengendalikan kadar gula darah, karena serat bisa memperlambat kecepatan tubuh memecah karbohidrat untuk dilepaskan ke dalam aliran darah.

Resep Es Jagung Kekinian

resep es jagung kekinian

Bahan-bahan

  • 2 buah jagung manis
  • 1 wadah¬†heavy whipping cream
  • 1 1/2 cangkir susu
  • 1/2 wadah gula pasir
  • 4 butir telur (ambil kuningnya saja)
  • 1/2 sdt ekstrak vanila

Cara membuat

  1. Langkah yang pertama kupas terebih dahulu jagung dari kulitnya kemudian dicuci sampai bersih.
  2. Setelah itu parutlah jagung yang sudah dibersihkan dan letakkan di wadah yang sudah disediakan. Jika anda tidak punya waktu untuk memarutnya maka anda juga bisa memblendernya supaya lebih hemat waktu dan tenaga.
  3. Siapkan panci kemudian masukkan susu, jagung yang sudah diparut dan juga krim. Masak adonan selama beberapa saat.
  4. Kemudian kocok telur bersama dengan gula pasir dan ditempatkan pada wadah yang terpisah.
  5. Masukkan kuning telur yang sudah dikocok dengan gula secara perlahan ahan pada adonan dan aduk sampai tidak ada yang menggumpal dan juga adonan menjadi kental. Proses memasak hanya akan memakan waktu selama kurang lebih 10-15 menit saja.
  6. Setelah adonan mengental tunggu sampai adonan sedikit dingin kemudian masukkan ekstark vanila lalu aduk. Jika sudah merata masukkan adonan ke dalam wadah yang memiliki tutup.
  7. Kemudian tunggu terlebih dahulu sampai adonan berada pada suhu ruang, lalu baru diamsukkan ke dalam freezer selama kurang lebih 6 jam atau juga bisa semalaman
  8. Setelah es krim membeku, es krimpun bisa langsung disajikan. Untuk menambah kelezatan dan mempercantiknya anda juga bisa menambhakan aneka topping pilihan. Sajikan es krim ini selagi masih dingin.

Bagaimana? Apakah anda tertarik?

Nah itu tadi moms beberapa resep es jagung kekinian yang bisa menjadi referensi untuk moms semuanya buat dirumah masing-masing. Es krim ini sangatlah cocok dinikmati dikala cuaca sedang panas dengan sensasi yang manis menyegarkan.

Es krim ini selain menyegarkan ternyata juga membawa manfaat yang baik untuk kesehatan kita juga loo, jadi yuk cobain resep bikin es jagung kekinian diatas.

Leave a Reply