Resep Cinnamon Roll Yang Lembut Dan Wangi

Resep cinnamon roll – Halo warga internet kembali lagi di artikel saya, Pada artikel ini kita akan membahas mengenai resep cinnamon roll yang lembut dan wangi. Kalian pasti sudah tidak asing lagi kan dengan kata kata cinnamon roll atau roti gulung.

Coba tebak apa itu cinnamon roll? Dan asalnya dari mana hayo??? Heh gak tau? Okedeh yuk kita cari tau tentang sejarah dan asal usul cinnamon roll dari pada nanti kebingungan dan bertanya tanya. Berikut adalah 5 fakta dari cinnamon roll.

Fakta Dari Cinnamon Roll

1. Asal Cinnamon Roll

Faktanya, asal muasal cinnamon roll masih dalam pembahasan. Beberapa negara bersaing untuk mendapatkan gulungan kayu manis sebagai spesialisasi. Namun, sejarawan makanan yakin bahwa resep cinnamon roll pertama kali ditemukan di Eropa Utara.
Menurutnya, saat itu cinnamon roll dibuat dengan pengaruh teknik baking Jerman dan bahan yang digunakan dari Swedia dan Denmark. Sementara itu, American Institute of Bread (AIB) mengatakan hal lain.
AIB mengatakan asal-usul resep kayu manis gulung kembali ke abad pertengahan di Yunani kuno. Selain itu, AIB juga menyebut Inggris adalah negara pertama yang memperkenalkan cinnamon roll modern.

2. Faktor Utama Munculnya Cinnamon Roll

Meski asal-usulnya tidak jelas, ada beberapa hal yang menjadi faktor utama munculnya cinnamon roll. Faktor utamanya adalah adanya bumbu kayu manis. Kayu manis adalah rempah-rempah yang berasal dari kulit pohon cemara, yang merupakan genus kayu manis.
Menurut laporan dari iFood TV, perdagangan rempah-rempah dari Asia Tenggara yang membuat gulungan kayu manis. Bumbu kayu manis banyak dibudidayakan di Asia Tenggara. Saat itu banyak orang Eropa yang menanam kayu manis di negaranya.
Tak hanya itu, Sri Lanka, salah satu negara Asia yang dikenal sebagai penghasil kayu manis, menarik orang Eropa untuk mencampurkannya ke dalam makanan mereka. Salah satunya digunakan untuk membuat pasta kayu manis.

3. Banyak Julukan

Banyak negara yang sadar bahwa cinnamon roll adalah spesialisasi mereka. Oleh karena itu, kue yang dikenal dengan nama cinnamon roll cake ini memiliki banyak nama di setiap negara. Kue ini sudah ada di Swedia sejak Perang Dunia I pada tahun 1920-an.
Saat itu, Swedia mengenalnya sebagai Cannellpool. Sedangkan di Finlandia terkenal dengan kue korvapuusti-nya. Gulungan kayu manis di Finlandia biasanya lebih besar, berdiameter 20 cm, atau beratnya mencapai 20 gram.
Berbeda dengan Amerika yang lebih akrab dengan istilah kue madu. Meskipun kue ini termasuk dalam kategori donat, tampilannya seperti cinnamon roll. Ada negara yang menyebutnya siput kayu manis, bakpao kayu manis hingga kayu manis pusaran karena berbentuk spiral.

4. Terdapat Hari Perayaan

Di Swedia ada hari untuk merayakan gulungan kayu manis. Dikenal sebagai Hari Kue Kayu Manis Nasional, dirayakan setiap 4 Oktober. Perayaan hari linting kayu manis dimulai pada 1999 saat Hembakningsrådet merayakan hari jadinya yang keempat puluh empat, lapor Acemen (13/4/10).
Saat itu masyarakat Swedia merayakan kekayaan tradisi daging sapi atau roti Swedia dan kini menjadi tradisi yang diadakan setiap tahun. Adanya hari perayaan cinnamon roll di Swedia bisa dipengaruhi oleh beberapa hal.
Pertama, cinnamon roll merupakan makanan yang selalu disajikan saat sarapan atau makan malam. Tidak hanya itu, cinnamon roll juga menjadi camilan yang tidak boleh dilewatkan saat acara keluarga atau kumpul bersama teman dan keluarga.

5. Bahannya

Menurut iFood TV, gulungan kayu manis secara tradisional dibuat dari adonan roti manusia dalam bentuk tepung, susu, ragi, air, telur, mentega, dan vanila.
Adonan kemudian diuleni, dihaluskan dan ditaburi bubuk kayu manis dan gula pasir. Kemudian dipotong memanjang, digulung dan dipotong melintang 2 cm. Di atasnya diberi gula dan kayu manis bubuk.
Beberapa varian ini menambahkan kismis cincang sebagai tambahan. Juga, gulungan kayu manis klasik memiliki karamel yang ditambahkan ke dalamnya. Kemudian adonan bisa dibakar sampai empuk.
Proses pembuatan cinnamon roll tidak memakan waktu lama. Yang dibutuhkan hanyalah sedikit usaha untuk mendapatkan adonan yang sempurna. Saat ini gulungan kayu manis disajikan di banyak kedai kopi modern, untuk industri rumahan.

Resep Cinnamon Roll Yang Lembut Dan Wangi

Bahan Bahan Resep Cinnamon Roll

  • 250 gram tepung bro ukuran sedang
  • 180 ml susu cair
  • 30 gram gula pasir
  • 1 sendok teh vanilla
  • 30 gram gula merah
  • 1 butir telur
  • 100 gram tepung terigu kualitas tinggi
  • 3 gram garam
  • 50 gram mentega cair
  • 7 gram ragi
Bahan Isian :
  • 1 sendok makan kayu manis bubuk
  • 125g gula merah
  • 1 sendok makan tepung maizena
  • 75 gram mentega
  • 1 sendok teh garam

Topping :

  • Cheese Glaze

Langkah Langkah Resep Cinnamon Roll

  1. Masukkan semua bahan adonan ke dalam blender serbaguna , dan aduk dengan kecepatan sedang hingga rata.
  2. Pindahkan adonan ke permukaan talenan yang diolesi mentega.
  3. Tutupi adonan dengan mangkuk, biarkan selama 20-30 menit.
  4. Uleni adonan dan gulung menggunakan gulungan setebal 1/2 cm.
  5. Buat isinya. Campurkan mentega, tepung maizena, kayu manis dan garam, dan aduk rata.
  6. Olesi permukaan adonan dengan campuran mentega, lalu taburi gula merah hingga tercampur.
  7. Gulung adonan dan potong menjadi 12 bagian yang sama.
  8. Atur di atas loyang yang sudah diolesi minyak. Tutup dengan kain bersih dan biarkan hingga adonan mengeras, kurang lebih 15-20 menit.
  9. Panaskan oven gas sampai 180 ° C. Setelah peregangan, panggang selama 20-25 menit.
  10. Keluarkan gulungan kayu manis dari wajan dan dinginkan di rak pendingin hingga konsistensinya renyah.
  11. Berikan topping cheese glaze di atasnya. Gulungan kayu manis siap disajikan.

Resep Cinnamon Roll Yang Lembut Dan Wangi

Nah itu dia resep cinnamon roll yang lembut dan wangi. Sekian resep yang saya berikan, mohon maaf ya jika resepnya kurang jelas, jika ingin request resep apa untuk artikel selanjutnya kalian bisa komen di kolom komentar. Selamat Mencoba dan salam kuliner

Leave a Reply