Profil Sunmi, dari Menjadi Wonder Girls hingga Berkarir Solo

Profil Sunmi – Lee Sun-Mi, atau yang lebih dikenal dengan Sunmi, ialah pelantun lagu’ Gashina’. Lagu yang ditulis oleh Teddy Park dan Sunmi ini langsung menjadi hit sejak dirilis pada 22 Agustus 2017. Nama Sunmi pun semakin populer setelah Gashina dirilis.

Namun, ternyata banyak yang belum tahu bahwa dulunya Sunmi adalah mantan anggota girlgroup Wonder Girls dan sudah lebih dulu debut sebagai penyanyi solo dengan merilis lagu ’24 Hours’. Lalu, bagaimana perjalanan awal karirnya?

Lee Sunmi lahir di Iksan, Jeolla Utara, Korea Selatan pada 2 Mei 1992. Sunmi memiliki dua orang adik laki-laki. Pemilik nama panggilan Mimi dan Miya ini merupakan lulusan Sekolah Menengah Atas Chung Dam dan Universitas Dongguk jurusan Teater Musikal.

Sunmi debut pada saat usianya masih 16 tahun sebagai anggota girlgroup Wonder Girls. Wonder Girls debut tahun 2007 di bawah naungan JYP Entertainment dan lagu pertama mereka diproduksi langsung oleh Park Jin-Young (founder JYP Entertainment). Wonder Girls yang beranggotakan lima orang saat awal debut, yakni; Sunye, Sohee, Yeeun, Hyuna dan Sunmi ini dipilih melalui audisi, dan nama mereka mulai terkenal saat lagu ‘Tell Me’ dirilis.

Pada Januari 2010, JYP Entertainment mengonfirmasi bahwa Sunmi akan rehat sementara dari karir musiknya dan fokus pada pendidikan. Faktanya, pada Februari 2010, Wonder Girls dijadwalkan untuk melakukan tur konser namun terpaksa dibatalkan karena Sunmi meninggalkan grup.

Sunmi kembali bergabung bersama Wonder Girls pada tahun 2015 setelah ia menyelesaikan pendidikannya. Wonder Girls comeback hanya dengan empat anggotanya. Anggota yang aktif pada saat itu hanya Yeeun, Yubin, Hyelim, dan Sunmi. Pada 3 Agustus 2015, Wonder Girls merilis album ‘Reboot’ dengan konsep yang benar-benar berbeda, konsep band. Yeeun memainkan piano, Yubin memainkan drum, Hyelim memainkan gitar, dan Sunmi memainkan bass.

Di tahun 2016, Wonder Girls kembali dengan merilis lagu ‘Why So Lonely’. Sunmi, Hyelim dan Yubin turut andil dalam penulisan lagu ini. ‘Why So Lonely’ berhasil mendominasi seluruh tangga lagu di Korea Selatan.

Wonder Girls resmi dibubarkan pada 26 Januari 2017 setelah masa kontraknya habis dengan JYP Entertainment dan lagu terakhir mereka yang berjudul ‘Draw Me’ dirilis pada 10 Februari 2017. Hyelim dan Yubin memutuskan untuk memperpanjang kontrak mereka, sementara Sunmi dan Yeeun tidak. Mereka ingin fokus sebagai penyanyi solo.

Sunmi debut sebagai penyanyi solo pada tahun 2013 dan merilis lagu ’24 Hours’ yang ditulis dan diproduksi oleh Park Jin-Young. Debutnya disambut baik oleh para penggemarnya dan berhasil mendapatkan predikat ‘All Kill!’ pada seluruh tangga lagu di Korea Selatan.

Kemudian, Sunmi merilis album pertamanya ‘Full Moon’ yang dirilis pada 17 Februari 2014 bersamaan dengan Music Video yang diunggah di kanal YouTube resmi milik JYP Entertainment. Album tersebut pun sukses mencapai peringkat ke-2 pada Gaon Digital Charts mingguan dan peringkat ke-3 pada Billboard’s Korea K-pop Hot 100.

Setelah memutuskan untuk bersolo karir dan meninggalkan JYP Entertainment, Sunmi bergabung dengan MakeUs Entertainment pada akhir Februari 2017. Agensi tersebut juga menaungi penyanyi Park Won dan Urban Zakapa. Di tahun yang sama, MakeUS Entertainment mengumumkan Sunmi akan kembali dengan lagu ‘Gashina’.

‘Gashina’ adalah lagu pertama Sunmi sejak bergabung dengan MakeUs Entertainment. Pada Januari 2018, Sunmi kembali merilis lagu berjudul ‘Heroine’, yang ditulis oleh Sunmi dan Teddy Park. Gashina dan Heroine, keduanya berhasil memuncaki berbagai tangga lagu baik di Korea Selatan, maupun di US World Digital Song Sales.

Setelah sukses merilis kedua single tersebut, Sunmi merilis album yang berjudul ‘Siren’ pada 4 September 2018 dan berhasil menduduki posisi ke-9 pada tangga album Korea Selatan. Lagu terbaru Sunmi berjudul ‘Lalalay’ yang baru saja dirilis pada 27 Agustus 2019 juga berhasil memuncaki di tangga lagu seperti; MelOn, Genie, Bugs, Mnet, Naver, dan Soribada.

Post A Comment