Penggunaan Definite (The) & Indefinite (A, An) Article (Kursus Bahasa Inggris)

Kursus Bahasa Inggris – Penggunaan Definite (The) & Indefinite (A, An) Article dalam Bahasa Inggris

Definite (The) Article

“The” dipakai untuk kata benda yang detil atau telah ada referensi/rujukan pada kata atau kalimat awalnya. Referensi yang menjelaskan tidak selalu sebelum kata benda, namun bisa juga setelah kata benda.

“The” dipakai untuk kata benda yang telah diketahui oleh kedua pihak, di antara pembicara serta pendengar atau di antara penulis serta pembaca.

“The” bisa digunakan untuk kata benda countable dan uncountable, juga bisa digunakan untuk kata benda tunggal dan jamak.

Kegunaan lain dari “the” adalah untuk kata benda yang hanya ada satu-satunya di dunia atau untuk kata benda atau nama sesuatu yang sudah diketahui khalayak.

Kursus Bahasa Inggris

Contoh kalimat menggunakan “the”

  1. The Mount Everest is the highest mountain in Asia.
  2. The woman who is sleeping in my room is my mother.
  3. Fifi played the game from my brother yesterday. She looked very happy.
  4. They told me the legendary story of Tangkuban Perahu. It is famous among children at school.
  5. The Indonesian people would like to campaign about justice. They felt that police officers do not accomplish their work well.

 

Indefinite (A, An) Article

“A, An” dipakai untuk kata benda yang tidak detil atau mungkin tidak jelas rujukannya. Tidak terdapat referensi/rujukan berupa kata atau kalimat baik sebelum maupun sesudahnya.

“A, An” biasanya digunakan apabila pembicara atau penulis menganggap pembaca atau pendengar belum mengetahui kata benda yang dimaksud secara spesifik.

Dengan situasi semacam itu “A, An” dipakai untuk hindari salah pengertian serta kerancuan. “A, An” dapat dipakai untuk kata benda countable serta berbentuk tunggal.

Selain itu, untuk kata benda yang memiliki bunyi konsonan di awalnya, maka “A” yang digunakan, contohnya: a book, a pencil, a blackboard, dan lain-lain.

Sedangkan untuk kata benda yang memiliki bunyi vokal (a, i, u, e, o) di awalnya, maka “An” yang digunakan contohnya seperti an apple, an elephant, an hour, an ear, en eye, dan lain-lain.

Perlu diigat bahwa bunyinya, bukan huruf depannya. Karena juga terdapat kata benda yang berawalan huruf vokal namun dibaca seperti huruf konsonan, contohnya a university.

Kursus Bahasa Inggris

Contoh kalimat menggunakan “a, an”

  1. Give me a piece of paper. I would like to write a letter for my grandmother.
  2. Prita left a book on my desk and disappered. They said that it contained the story of us.
  3. Dena thinks that Ihsan is a happiness for her. Many people are talking behind them.
  4. Kaylie launched a new product of cosmetic. She had announced about the launch to media last month.
  5. We close our restaurant and open a saloon this week.
  6. A friend gave me an apple and asked me to eat it. But, I got stomach ache after biting it.
  7. Brenda’s family is rich. Her father bought a private plane for their family.
  8. The culprit mentioned a name which is related to the case.

 

Itulah tadi ulasan singkat tentang penggunaan Definite (The) & Indefinite (A, An) Article dalam bahasa Inggris yang benar. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kalian yang sedang proses belajar bahasa Inggris supaya semakin lancar. Jangan lupa berikan komentar terbaik kalian dibawah. Terma kasih. Kursus Bahasa Inggri? Ya di Jagobahasa.cocm

Post A Comment