Pembuatan Briket dari Tempurung Kelapa

Pembuatan Briket dari Tempurung Kelapa

Pembuatan Briket dari Tempurung Kelapa – Indonesia merupakan salah satu negara tropis yang dikaruniai pohon kelapa yang sangat melimpah. Pohon kelapa sendiri memiliki banyak sekali manfaat dan kegunaan, baik dari pohonnya hingga buahnya.

Meskipun saat ini sudah banyak yang melakukan pengelolaan terhadap pohon kelapa, namun terdapat beberapa potensi dari pohon kelapa yang belum di optimalkan dan dimanfaatkan dengan baik, terutama dalam pemanfaatan limbah kelapa.

Salah satu peanfaatan limbah padat kelapa adalah dengan memanfaatkannya menjadi bahan bakar alternatif. Salah satu bentuk pemanfaatannya adalah dijadikan briket arang. Briket adalah sebuah blok bahan yang dapat menjadi bahan bakar dan biasanya untuk memulai dan mempertahankan api.

Cara Praktis Membuat Briket Arang dari Tempurung Kelapa

 Arang Briket Tempurung Kelapa

Alat dan Bahan :

  • Tempurung kelapa
  • Tepung kanji
  • Air
  • Pipa paralon (bila diperlukan)

Cara Membuat Briket ArangAda Tempurung Kelapa :

  1. Pertama, tempurung kelapa dibakar sampai hangus, kemudian ditumbuk sampai halus dan diayak dengan ukuran lolos 50 mesh dan 70 mesh.
  2. Kemudian buat adonan dari tepung kanji, campurkan tepung kanji dan air.
  3. Selanjutnya, bubuk tempurung kalapa tadi dicampurkan dengan adonan tepung kanji.
  4. Lalu bentuk bola-bola kecil atau dapat dimasukkan dipipa paralon, agar mendapatkan cetakan yang lebih sempurna dan rapi kalian bisa menggunakan mesin briket arang kelapa, dengan mesin tersebut bisa lebih efektif dan bentuknya bagus.
  5. Terakhir, briket yang sudah dicetak tadi dijemur diterik matahari selama kurang lebih 1 hari (sampai briket benar-benar kering)

Proses Pembuatan Briket dari Tempurung Kelapa :

1. Pengarangan

Pada proses ini yang dijadikan arang adalah serbuk gergaji dan tempurung kelapa dengan cara pengarangan manual atau dibakar.

2. Pengayakan

Proses pengayakan ini bertujuan agar arang serbuk gergajian daan tempurung kelapa mendapatkan hasil yang lebih lembut dan halus. arang serbuk gergaji diaak dengan saringan ukuran lolos 50 mesh, sedangkan yang arang tempurung kelapa diayak dengan ukuran lolos 70 mesh.

3. Pencampuran Media

Arang serbuk gergaji dan arang tempurung kelapa yang tadi telah diayak, selanjutnya dicampurkan dengan perbandingan arang serbuk gergaji 10% dan arang tempurung kelapa 90%.

Pada saat proses pencampuran, tambahkan dengan lem tepung kanji sebanyak 2,5% dari banyaknya seluruh campuran arang serbuk gergaji dan arang tempurung kelapa.

4. Pencetakan Briket Arang

Setelah semua bahan bahan tersebut tercampur secara merata, selanjutnya siapkan cetakan briket dan masukkan adonan briket ke dalam cetakan dan dikempa.

Mesin Briket Arang

Dalam proses pembuatan briket arang, memang memerlukan beberapa mesin. Meskipun banyak produsen yang membuat briket arang tempurung kelapa dengan cara tradisional, tapi ada juga yang sudah menggunakan mesin briket arang.

Tujuan penggunaan mesin briket ini adalah agar hasil briket arang tempurung kelapa mempunyai kualitas baik dan bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama, serta bisa mendapatkan sisi efisiensi dan produktivitas yang tinggi dalam proses pembuatannya. Alat dan mesin yang digunakan dalam pembuatan briket tersebut adalah sebagai berikut :

  • Mesin Pengayak Arang
  • Mesin Pengecil Ukuran Arang
  • Mesin Pencampur Adonan
  • Mesin Penepung Arang / Diskmill
  • Mesin Pencetak Briket
  • Mesin Pengulen Adonan
  • Mesin Pemotong Briket
  • Oven Pengering Briket

Kelebihan Briket Arang Tempurung Kelapa

Briket Arang Tempurung Kelapa

1. Sumber Tenaga yang Boleh Diperbaharui

Maksudnya adalah sumber tenaga yang boleh kita dapatkan dari sumber alam dan perbaharuinya dengan sumber alam juga. Jadi sumber tenaga ini tidak akan habis.

2. Suhu yang Dihasilkan Tinggi

Pembakaran arang kelapa ini menghasilkan suhu yang sangat tinggi. Tidak seperti arang yang lainnya, jadi kita jika menggunakan arang tersebut untuk memasak, akan lebih cepat panasnya.

3. Tidak Beracun

Karena proses pembuatan briket dari tempurung kelapa ini dengan proses yang alami, jadi briket ini aman untuk kita gunakan. Bahan tambahan untuk briket ini hanya tepung tapioka atau tepung kanji yang berasal dari singkong.

Tepung kanji ini sebagai bahan perekat adonan briketnya. Itulah yang menjadikan briket arang tempurung kelapa ini tidak beracun (non-toxic) dan menjadi material yang aman.

4. Tidak Berasap

Pada saat dibakar, pada umumnya arang itu pasti akan mengeluarkan asap yang sangat banyak, misalnya jika kita melihat orang sedang membakar sate itu pasti mengeluarkan asap yang banyak.

Tapi beda dengan briket arang tempurung kelapa ini, ketika briket ini dibakar atau digunakan, asap yang akan keluar dari briket ini akan sedikit, bahkan hampir tidak berasap, jadi tidak mengganggu lingkungan dan pernafasan kita.

5. Go Green Energy

Go Green merupakan salah satu keunggulan briket arang tempurung kelapa yang paling terkenal. Go Green Energy merupakan sebutan untuk sumber energi yang bersahabat bagi lingkungan hidup.

Kenapa go green? Karena proses pembuatan briket ini dibuat dengan bahan baku kelapa dan bahan tambahan alami yaitu tepung tapioka, jadi kalau kita menggunakan briket ini tidak akan berasap. Itulah yang menyebabkan briket arang tempurung kelapa ini sangat ramah terhadap lingkungan.

6. Pengganti Batu Bara

Pada umunya, bahan bakar yang digunakan khususnya untuk industri adalah batu bara. Tapi seiring dengan perkembangan zaman, berdasarkan beberapa penelitian ternyata eksplorasi batu bara yang dilakukan secara masif itu bisa menyebabkan rusaknya alam.

Selain itu, ternyata batu bara cenderung dan bermasuk golongan batu bata beracun kalau asapnya dihisap manusia. Oleh karena itu, briket arang tempurung kelapa ini bisa dijadikan solusi bahan bakar alternatif sebagai pengganti batu bara.

7. Waktu Pembakaran yang Lama

Briket arang tempurung kelapa ini mempunyai burning time atau waktu pembakaran yang lumayan lama. Waktu pembakaran ini sekitar 2-3 jam non-stop. Oleh karena itu, menjadikannya briket ini sebagai bahan bakar yang tergolong efektif dan efisien.

8. Sebagai Alternatif Pengganti Kompor Gas

Seiring dengan perkembangan jaman dan teknologi, sekarang ini beberapa produsen sudah melihat potensi briket arang tempurung kelapa dengan menciptakan kompor briket.

Tujuan pembuatan kompor briket ini adalah untuk bisa menggantikan kompor gas yang mayoritas digunakan rumah tangga saat ini.

Itulah, proses pembuatan briket dari tempurung kelapa serta mesin-mesin yang diperlukan. Ada juga beberapa kelebihan briket arang tempurung kelapa bagi kita. Untuk peluang usaha briket arang dapat kalian baca di Usaha Arang Batok Kelapa, siapa tau dapat membantu usaha kalian.

Untuk pembuatan briket arang kayu, kalian bisa membaca artikel ini Cara Membuat Arang Kayu Modern. Semoga bermanfaat 🙂

 

Leave a Reply