Lensa Ultra Wide Premium – Canon EF 11–24mm f4L USM

Lensa Ultra Wide Premium – Canon EF 11–24mm f4L USM


Fotoboth – Canon meluncurukan sebuah lensa premium yang mampu menghasilkan tingkat ketajaman tinggi, untuk jajaran kamera high-end dari Canon. Sebelumnya, jajaran lensa premium L series Canon hanya memiliki focal length 16mm saja untuk lensa wide terlebar yang pernah mereka ciptakan. Tetapi, saat ini berbeda. Canon merilis lensa premium dengan panjang fokal di bawah 16mm. Canon 11-24mm f4 USM hadir untuk membuat terobosan baru dalam jajaran lensa L series Canon. Sesuai dengan kelasnya, lensa premium ini juga dibandrol tidak murah, yakni sekitar Rp.45 juta rupiah. Fantastis! Dengan bobot sekitar 1.180gr, lantas kinerja apa yang mampu dihasilkan oleh lensa ini Mari simak pengujian CHIP Foto Video betikut ini.

Pada pengujiuan ini, CHIP Foto Video menggunakan bodi kamera Canon EOS 5D Mark III. L Series yang Melegenda Di kalangan fotografer, khususnya fotografer yang menggunakan kamera Canon, pasti sudah tidak asing lagi dengan keberdaan lensa L series Canon yang terkenal memiliki ketajaman yang tinggi. Canon 11-24mm dibalut dengan bodi alumunium yang kokoh serta dilengkapi dengan weather sealed. Sebagai lensa dengan panjang fokal ultra wide, Canon 11-24mm f4 USM ini cukup menarik. Biasanya lensa ultra wide memiliki rentang fokal yang tidak begitu panjang, namun kali ini Canon hadir dengan pajang fokal hingga 24mm. Dengan focal length 11mm, Anda dapat menangkap berbagai macam objek yang ada di sekitar Anda.

Mulai dari landscape hingga fotografi arsitektur dapat di atasi dengan baik oleh lensa ini. Kualitas lensa premium dipadukan dengan bodi kamera full frame, menjadikan Anda benar-benar fotografer profesional yang mampu menghasilkan gambar yang menakjubkan. Canon 11-24mm f4 USM merupakan lensa sebaguna dengan tingkat distorsi yang rendah. Hal ini dipengaruhi oleh kualitas optik yang digunakan Canon. Optik dengan berkualitas tinggi akan mengurangi efek distorsi, ketika menggunakan panjang fokal ultra wide sekalipun. Cepat dengan Ultrasound Peran motor ultrasound pada lensa ini wajib diacungi jempol.

Pasalnya, dengan motor ultrasonic, lensa ini mampu menghasilkan kecepatan autofocus yang baik, yakni hanya sekitar 0.17 detik. Selain mode autofocus, Canon juga memberikan opsi manual fokus terhadap lensa ini, bagi Anda yang lebih memilih menggunakan MF dibandingkan AF. Sementara itu, jarak fokus terdekat yang mampu ditangkap oleh lensa ini adalah 0.24 meter. Dalam motor lensa, terdapat 16 elemen yang cukup baik. Ketika CHIP Foto Video melakukan pengujian, baik di dalam lab ataupun langsung terjun ke praktik, lensa ini menghasilkan ketajaman yang tinggi di bagian tengah.

Saat menggunakan wide angle, Canon 11-24mm f4 USM hanya menghasilkan efek distorsi sebesar 0.4 persen saja. Vignett yang dihasilkan cukup terasa, terlebih dengan menggunakan bukaan terlebar lensa. Di balik vignett yang dihasilkan, ternyata lensa ini mampu memberikat kualitas gambar yang mempunyai detail cukup tinggi. Hal ini dapat dibuktikan dengan resolusi yang mampu dihasilkan oleh lensa ini, yaitu sekitar 1.519 pasang garis pertinggi gambar dan 1.700 pada sisi area tengah gambar.

Post A Comment