10 Kegunaan Minyak Serai Wangi Untuk Kesehatan

Halo sobat semua! Pada kali ini penulis akan menjelaskan tentang kegunaan minyak serai wangi. Kalian sudah pada tau belum nih, gimana cara membuat minyak atsiri? Pada umumnya minyak atsiri dibuat menggunakan proses penyulingan yang menggunakan alat atau mesin penyulingan. Mesin ini dinamakan mesin destilasi minyak atsiri.

Kegunaan Minyak Serai Wangi Untuk Kesehatan

kegunaan minyak serai wangi

  1. Mengusir serangga alami

Minyak serai wangi memiliki kegunaan untuk mengusir nyamuk aedes aegypti yang menyebabkan demam berdarah. Menurut beberapa penelitian, kamu perlu mengoleskan minyak serai wangi setiap 30 – 60 menit sekali untuk mempertahankan efektifitasnya sebagai pengusir serangga.

Kamu dapat mencampurkan beberapa tetes minyak serai wangi dan beberapa tetes minyak kelapa, kemudian oleskan ke tubuh seperti lotion. Atau kamu bisa mnggunakan cara lain, yaitu dengan melarutkan beberapa tetes minyak serai wangi dalam botol spray berisi air kemudian gunakan untuk menyemprot kulit atau pakaian kamu. Mengoleskan minyak serai wangi secara langsung ke tubuh di anggap lebih efektif untuk memerangi serangga daripada dalam bentik lilin aroma terapi.

  1. Anti inflamasi dan Pereda nyeri

Sifat antioksidan dalam minyak serai wangi mampu meningkatkan peredaran darah. Sehingga minyak serai wangi sebagai pengobatan arthritis alami, khususnya untuk mengurangi nyeri yang terkait dengan masalah ortopedi seperti osteoarthritis dan rheumatoid arthritis.

Cara pemakaiannya cukup mudah, yaitu dengan mencampurkan minyak serai wangi dengan minyak carrier kemudian gunakan untuk memijat ke sendi dan otot yang mengalami pembengkakan. Atau dengan berendam menggunakan air hangat yang sudah di tetesi minyak serai wangi untuk mengurangi pembengkakan dan nyeri.

  1. Mengurangi stress

kegunaan minyak serai wangi

Kegunaan minyak serai wangi selanjutnya yaitu mengurangi stress. Minyak serai wangi bermanfaat untuk menenangkan pikiran dan berkonstribusi mengurangi stress serta meningkatkan kualitas tidur kamu. Caranya yaitu dengan mendisfusikan minyak serai wangi di rumah kalian, memijatkan ke kulit atau dengan menyemprot minyak serai wangi pada sprei tempat tidur.

  1. Membantu pencernaan

Minyak serai wangi mendukung organ pencernaan dengan cara mengurangi peradangan dan membantu detoksifikasi hati, perut dan usus. Senyawa tertentu dalam minyak serai wangi dapat mencegah pertumbuhan bakteri dalam saluran pencernaan dan mempercepat penyembuhan penyakit serta luka.

Selain itu, minyak serai wangi juga mampu membunuh organisme ( parasite atau cacing ) dalam usus besar. Kamu bisa mengonsumsi minyak serai wangi dalam jumlah kecil untuk memberi perlindungan terhadap leaky gut syndrome, penyakit autoimun, infeksi pada usus, saluran kencing, kandung kemih, saluran pencernaan, prostat, dan ginjal,

  1. Melancarkan detoksifikasi

Memiliki sifat sebagai agen diaphoretic ( merangsang keringat ) dan agen diuretic ( merangsang berkemih ), sehingga minyak sereh wangi dapat membantu upaya dalam mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

Cara pemakaiannya yaitu cukup meminum 1 – 2 tetes minyak serai wangi dengan madu, lemon dan air hangat dipercaya dapat meningkatkan peluruhan kelebihan lemak, sodium, asam urat dan racun.

  1. Pengharum alami

Kegunaan minyak atsiri serai wangi selanjutnya yaitu sebagai pengharum alami. Hal ini dikarenakan, minyak serai wangi memiliki aroma yang segar dan bersih, seperti aroma lemon. Serai wangi merupakan bahan yang umum ditemukan dalam sabun, lilin, dupa, parfum, serta kosmetik.

Selain itu, minyak ini juga bisa menghilangkan bau di rumah, pencuci piring, kulkas dan mesin cuci dengan cara mendisfusikan atau menyemprot minyak serai wangi yang sudah dilarutkan dengan air.

  1. Melemaskan otot

kegunaan minyak serai wangi

Minyak serai wangi dapat membantu meningkatkan aliran darah sehingga dapat menurunkan kejang otot, nyeri, kram dan pembengkakan. Cara pemakaiannya yaitu dengan mencampur minyak serai wangi dengan minyak carrier. Kemudian gunakan untuk memijat ke bagian otot yang sakit atau ke daerah perut untuk meredakan kram saat PMS.

  1. Pembersih dapur

Sifat anti jamur dan anti bakteri yang kuat dalam minya serai wangi dapat membantu membersihkan dapur, kamar mandi, atau peralatan rumah tangga lainnya tanpa menggunakan bahan kimia. Senyawa methyl isoeugenol efektif mengurangi pathogen dari makanan dan bakteri berbahaya.

  1. Perawatan kulit alami

Menurut penelitian, minyak serai wangi dapat membantu menyembuhkan dermatitis, mengobati eksim, memperlambatk penuaan kulit, menyembuhkan luka bekas gigitan serangga serta mengobati infeksi jamur pada kulit.

Minyak ini juga mampu mempercepat penyembuhan luka dan mengatasi timbulnya jerawat, menyingkirkan kutil, mengobati bisul serta menyembuhkan bintik bintik pada kulit terkait dengan usia.

Selain itu juga dapat membuat kulit tampak muda, halus hingga mengurangi kerusakan akibat paparan sinar matahari. Cara pemakaiannya yaitu dengan mencampur minyak serai wangi dalam jumlah kecil dan minyak kelapa kemudian pijatkan ke wajah.

Atau dengan cara lain yaitu dengan menambahkan 1 – 2 tetes minyak serai wangi ke dalam air mandi atau air pencuci wajah. Jika akan di pakai untuk obat jerawat caranya yaitu dengan mengoleskan beberapa tetes minyak serai wangi menggunakan kapas steril pada jerawat sebanyak 3 kali sehari.

  1. Shampoo dan conditioner alami

Penggunaan Minyak serai wangi sudah sangat popular sebagai pembersih sekaligus conditioner alami. Minyak ini membantu menghilangkan minyak yang berlebih pada rambut sekaligus mencegah rambut dari ketombe dan membuat rambut tampak lebih bersinar.

Banyak orang merasa kalau minyak ini juga dapat menambah volume rambut, mencegah rambut kusut serta membantu melindungi warna rambut dari kerusakan akibat paparan sinar matahari.

Cara pemakaiannya yaitu dengan menambahkan beberapa tetes minyak serai wangi ke shampoo atau conditioner kamu. Atau kamu juga bisa membuat resep sendiri menggunakan cleansing oil seperti coconut oil yang juga bermanfaat untuk rambut.

Itulah 10 kegunaan minyak serai wangi untuk Kesehatan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian semua serta dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian.

Untuk artikel selengkapnya silahkan kunjungi Kegunaan Minyak Atsiri. Jika ada kritik dan saran yang membangun, silahkan tulis pada kolom komentar di bawah

Sekian, mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan artikel ini.

Terima kasih dan sampai jumpa!

Post A Comment