Kamu Tidak Produktif Saat Pandemi? Yuk Simak Tips Ini!

Saat pandemi covid-19 ini banyak sekali perusahaan maupun UMKM bahkan sekolah yang memberlakukan sistem kerja dan belajar dari rumah. Kebijakan ini tentu membawa habit baru bagi masyarakat, gejolak perubahan yang cukup besar ini dapat membuat seseorang menjadi tidak produktif yang akan berpengaruh terhadap kinerja dan prestasi ke depannya.

Tentunya kamu tidak mau kan terus menerus menjadi tidak produktif seperti ini? Kamu bisa menyimak beberapa cara agar tetap produktif saat pandemi covid-19 dibawah ini.

  • Punya ruang kerja sendiri

Kamu bisa memiliki ruangan kerjamu sendiri dan memang khusus digunakan untuk bekerja agar pekerjaan kamu dan urusan rumah tidak mengganggu produktivitasmu. Daripada kamu bekerja di kasur dan berujung pada malas-malasan, coba pindahkan laptop dan pekerjaanmu lalu cari meja dan kursi yang nyaman dan jauh dari gangguan. 

Dengan kamu melakukan ini kamu jadi lebih mudah terkonsentrasi karena dalam otakmu saat kamu sudah duduk disana artinya kamu sudah saatnya bekerja.

Aplikasi Rekomendasi Saham

  • Komunikasi tim

Komunikasi dengan tim kamu baik atasan maupun rekan kerja ini tetap harus dijaga agar kamu tidak ketinggalan akan berita dikantor dan bisa saling berkomunikasi serta bertukar pikiran selama dirumah. Kamu bisa memanfaatkan aplikasi-aplikasi meeting online yang saat ini tengah digandrungi untuk saling berkomunikasi satu sama lain.

  • Tetap termotivasi

Ketika kamu merasa terlalu lama berdiam diri dirumah dan stres karena tidak jelas akan sampai kapan beraktivitas dirumah ini ternyata dapat berdampak ke moral dan produktivitas kamu lho.

Karena hal tersebut kamu jadi merasa kurang termotivasi yang berujung terganggunya kinerja kamu. Sebaiknya kamu tetap melakukan komunikasi ke teman-teman kamu, ke bos kamu ke siapapun itu agar kamu tidak merasa kesepian dan terisolasi saat dirumah.

  • Memiliki batasan saat bekerja

Saat kamu bekerja di rumah terkadang kamu lupa untuk rehat dan beristirahat sebentar, kamu bisa lho menyalakan alarm jika memang saat makan siang telah tiba atau saat memulai dan mengakhiri pekerjaan kamu menyeduh kopi sebentar, hal ini dilakukan agar kamu tidak menjadi lupa waktu.

  • Beradaptasi dan tetap semangat

Kamu harus terbiasa dengan gaya hidup yang seperti ini dan mulai menyesuaikan diri dengan keadaan. Saat akhir meeting kamu bisa juga saling menyemangati tim kamu untuk bertahan dikondisi seperti ini, sulit memang tapi mungkin karena belum terbiasa. Menjaga komunikasi ini benar-benar hal yang penting dilakukan agar kamu bisa saling support dan tetap terjaga semangatnya.

Simak artikel terkait lain [5 Tips Keren Agar Tetap Produktif Selama WFH]

Leave a Reply