Ini Cara Menggunakan Mesin EDC Dengan Benar

Pembayaran Non Tunai menjadi idaman dizaman serba maju saat ini. Contohnya saja pembayaran tol yang menggunakan kartu, Gopay, DANA dan OVO. Seakan tak mau ketinggalan, Bank juga mengeluarkan sebuah mesin EDC yang digunakan sebagai pembayaran non tunai.

Mesin EDC atau Electronic Data Capture saat ini sudah dikeluarkan hampir setiap bank besar di Indonesia. Mesin EDC diperuntukkan bagi nasabahnya yang memiliki sebuah bisnis cafe, supermarket atau toko.

Bank sendiri mengeluarkan mesin EDC agar transaksi para pebisnis dapat dilakukan dengan cepat dan singkat. Biasanya kita perlu menyediakan kembalian atau menghitung uang yang diberikan oleh pembeli.

mesin edc mandiri error

mesin edc mandiri error

Dengan adanya mesin EDC, aktifitas tersebut tidak perlu kita lakukan sebab mesin edc hanya perlu menginput besaran harga dan akan menariknya melalui kartu debit atau kredit dari pembeli. Cara ini terbilang cukup simpel dan memudahkan bagi penjual maupun pembeli.

Namun kita sebagai pengguna wajib mengetahui bagaimana cara menggunakan mesin edc dengan baik dan benar menurut bank penyedia. Karena kalau kita salah mengoperasikannya alhasil mesin edc error ataupun rusak.

Yuk simak Cara Menggunakan Mesin EDC Dengan Benar dibawah ini :

  • Pelanggan (pembeli) akan menyerahkan sebuah kartu, bisa kartu kredit ataupun debit dari penyedia bank.
  • Kemudian kasir hanya perlu menginput biaya yang dibebankan kepada pembeli.
  • Setelah penginputan, kita hanya perlu meminta pengguna untuk memasukkan pin untuk menyelesaikan transaksi.
  • Setelah pin dimasukkan, mesin edc akan mengeluarkan struk transaksi tersebut dan tandanya transaksi sudah berhasil.
  • Biaya transaksi tersebut akan langsung ditarik kedalam sistem bank secara otomatis.

Mudah banget bukan cara menggunakan mesin edc yang baik dan benar seperti diatas. Mesin edc ini memang sangat bermanfaat bagi kita yang memiliki bisnis.

Selain dapat mempersingkat waktu, kita juga bisa mengurangi trouble saat mengembalikan uang ataupun salah penghitungan harga dari barang yang kita jual.

Tak hanya bagi penjual atau pebisnis, bagi nasabah atau pembeli juga sangat menguntungkan karena kita tidak perlu lagi membawa uang cash kemana-mana. Cukup membawa kartu debit atau credit dan melakukan transaksi menggunakan mesin edc.

Leave a Reply