Fujinon Super EBC XF 35 MM F2R WR – Lensa Kecil Super Tajam

Fujinon Super EBC XF 35 MM F2R WR – Lensa Kecil Super Tajam

Akumoment – Dengan ukurannya yang lebih kecil, kamera mirrorless menawarkan mobiltas yang lebih tinggi sebagai keunggulan. Karena itu, pabrikan selalu ditantang untuk bisa melahirkan produk-produk baru yang makin kecil dan ringkas. Tantangan tersebut coba dijawab Fujifilm dengan melahirkan lensa Fujinon Super EBC XF 35 mm f2.0 R WR. Lensa berukuran kecil tersebut dilengkapi dengan feature Weather Resistent. Dengan memilih kecepatan maksimum lensa di f2, fujifilm dapat merancang ukuran lensa premium barunya tersebut menjadi lebih kecil. Sebagai lensa yang dirancang untuk kamera bersensor APS-C, diameter filternya hanya 43 mm.

Secara fisik, membuat bagian depannya jadi lebih kecil dibanding bagian belakang lensanya. Selain kecil, lensa berbodi metal tersebut juga memiliki bobot yang ringan, hanya 170 gram. Membuat penggunanya nyaman saat membawanya bepergian. Walaupun label di lensanya tertera 35 mm, di sistem kamera Fujifilm yang bersensor APS-C, focal length lensa Fujinon XF 35 mm f2 R WR ekuivalen dengan lensa 53 mm. Sudut pandangnya lebih sebagai lensa normal, mendekati sudut pandang mata manusia. Aplikasinya cocok untuk menangkap detail dan untuk membuat single portrait. Contohnya, foto detail di samping ini.

Keunikan yang menjadi salah satu daya tarik di Fujinon XF 35 mm f2 R WR tersebut adalah keberadaan ring untuk mengatur aperture secara manual. Namun, kita bisa juga menggunakan aperture lensa secara otomatis, seperti menggunakan mode Shutter Priority. Caranya, dengan mengatur ring apertue tersebut ke label Auto (A) yang tertera dengan warna merah di ring tersebut. Performa Optik Menawan Dalam pengujian di lapangan, redaksi CFVD terkesan dengan performa optik lensa Fujinon XF 35 mm f2 R WR yang tajam. Di bukaan f2, tidak hanya di bagian tengah gambar, di sisi sudut gambar pun masih memiliki tingkat ketajaman yang tinggi.

Puncak ketajaman gambar bisa diperoleh saat kita menggunakan bukaan aperture di f2.8 sampai f 8. Di f11 dan f16, penurunan ketajaman gambarnya cukup tipis. Lensa tersebut bisa dibilang mampu menjaga kualitas ketajaman gambar hampir di semua pilihan bukaan aperture-nya. Contoh ketajaman gambar di f5.6, bisa diamati pada foto di samping ini. Saat menggunakan lensa tersebut, kita juga tidak perlu khawatir terhadap munculnya gejala distorsi, vignetting, dan chromatic aberration.

Gelas aspherical-nya bekerja dengan sempurna membuat distorsi barrel tidak muncul sama sekali. Demikian juga dengan eksposurnya, di aperture terlebar tidak terjadi penurunan eksposur di sudut-sudut gambarnya. Hal terakhir yang tidak kalah menyenangkan, selain tajam, Fujinon XF 35 mm f2 R WR juga mampu memberikan kecepatan autofokusnya yang memuaskan.

Post A Comment