Dresden Kota Wisata Cantik di Jerman

DRESDEN HANYA BERJARAK SEKITAR KURANG LEBIH 194KM DARI BERLIN ATAU DAPAT DITEMPUH SEKITAR 2 JAM DENGAN MENGGUNAKAN KERETA DARI BERLIN. SAYA BERKESEMPATAN UNTUK MENYAMBANGI KOTA CANTIK INI MESKIPUN HANYA SEBENTAR. SEBENARNYA ITINERARY TUR EROPA SAYA KALI INI HANYA BERENCANA SINGGAH DI BERLIN, NAMUN SETELAH BROWSING BEBERAPA SPOT WISATA DEKAT KOTA BERLIN, SAYA MEMUTUSKAN UNTUK MENCOBA KE KOTA LAIN DI JERMAN YANG TERDEKAT DENGAN BERLIN.

Dresden Kota Wisata Cantik di Jerman

JADILAH SAYA KE DRESDEN DENGAN PULANG HARI DARI BERLIN. DAN JUGA KARENA JARAKNYA TIDAK TERLALU JAUH DITEMPUH DENGAN KERETA, APALAGI KERETA DI JERMAN SANGAT NYAMAN, SEHINGGA PENGALAMAN NAIK KERETA MENJADI PENGALAMAN MENYENANGKAN TERSENDIRI BAGI SAYA.

Karena khawatir salah beli tiket, saya memutuskan untuk beli langsung ke loket yang ada petugasnya. Perlu diingat kalau beli di loket dikenai biaya sedikit lebih mahal dibandingkan dengan membeli tiket di vending machine. Hal ini juga berlaku jika kita hendak beli karcis kereta langsung dengan petugas kereta, maka harga karcis menjadi sedikit lebih mahal. Setelah urusan tiket beres, saya bergegas masuk ke gerbong kereta sesuai yang tertera di karcis kereta. Kereta di Jerman sangat bersih dan semua berangkat on time, sehingga saya sengaja datang lebih pagi agar tidak ketinggalan kereta.

Istana Megah Abad ke 18

Dresden memiliki sejarah kelam di masa lalu, dimana kota ini pernah dihancurkan oleh tentara sekutu di tahun 1945. Banyak infrastruktur dan bangunanbangunan di kota ini yang hancur akibat pemboman besar-besaran itu. Sebelum kehancuran ini Kota Dresden adalah kota universitas yang terkenal akan arsitektur, sejarah dan keseniannya.

Seiring dengan berjalannya waktu, dunia memasuki era perang dingin (Cold War) dan Dresden menjadi bagian dari Jerman timur. Dengan keruntuhan tembok Berlin dan bersatunya Jerman, perlahan-lahan Kota Dresden mulai menata kotanya kembali dan hingga saat ini kota ini terus membangun dan mempercantik dirinya. Bahkan untuk mengukuhkan sejarahnya sebagai kota yang kaya kultur budaya, Kota Dresden ikut mencalonkan diri untuk mendapatkan predikat European Capital of Culture 2025.

Seperti umumnya kota-kota di Eropa, Kota Dresden juga memiliki istana. Swinger merupakan salah satu kompleks bangunan bergaya Baroque yang terkenal di Jerman. Kompleks yang juga digunakan sebagai tempat acara perayaan-perayaan istana, kesenian dan turnamen ini dibangun atas perintah Raja Augustus the Strong di abad ke 18.

Halamannya sangat luas dan nampak beberapa kolam air mancur kecil bertebaran di dalam kompleks ini. Kita juga dapat melihat koleksi porselen dari Tiongkok, Jepang dan Meissen milik raja Augustus the Strong. Konon jumlahnya mencapai 200.000 buah. Untuk masuk ke museum ini bisa bayar tiket seharga 12 Euro per orang Tidak hanya porselen, kita juga dapat melihat koleksi lukisan-lukisan pelukis terkenal seperti Rembrant dan Raphael. Kita juga dapat menemukan lukisan Sistine Madonna karya pelukis Raphael di Old Masters Picture Gallery. Jumlah lukisan di tempat ini kurang lebih ada 700 buah, jika kamu pecinta lukisan jangan melewatkannya ini.

Semperoper, Gedung Opera Terkenal di Dresden

Tidak jauh berjalan dari tempat ini kita dapat mengunjungi gedung opera Dresden yang lebih terkenal dengan sebutan Semperoper Dresden. Eropa terkenal dengan apresiasinya yang tinggi terhadap musik. Hampir di setiap kota yang saya kunjungi, selalu menemukan tempat opera, tidak peduli besar atau kecil gedungnya. Bahkan kita dapat menemui pemain musik sedang menunjukkan keahlian bermusiknya di alun-alun kota atau pun di pinggir jalan. Semprepor dibangun di tahun 1841 dengan menggabungkan gaya klasik dan Reinassance.

Karena waktu yang terbatas saya hanya menyempatkan fotofoto sebentar di depan gedung indah ini. Untuk bisa masuk ke dalam gedung opera pun tidak sembarangan, petugas sempat memberhentikan saya ketika hendak masuk untuk sekedar foto. Setelah saya informasikan bahwa saya turis yang hanya berkunjung sesaat ke kota ini, beliau pun memperbolehkan saya untuk ambil foto sebentar, sambil ditungguin pula. Jika ingin nonton opera di sini, kita dapat beli tiket secara online di website Semproper dan juga dapat melihat informasi lengkap jadwal pertunjukan yang ada.

Artikel ini pernah di muat pada blog https://wisataalam.co.id/