Dot gigi pelatihan ortodontik untuk anak

Apakah empeng mempengaruhi pembentukan gigi?

Produk Bayi TerbaikMengisap jari atau mengisap empeng memengaruhi pembentukan gigi, tetapi ini adalah salah satu gerakan naluriah pertama manusia yang muncul dari kebutuhan untuk makan. Membantu bayi menenangkan kecemasan dan rasa sakit akibat pertumbuhan gigi dan mengurangi kemungkinan kematian mendadak. Spesialis merekomendasikan agar orang tua melepas dot dari 24 bulan. Sampai usia tersebut, kerusakan dan malformasi yang disebabkan oleh tekanan mandibula pada dot masih dapat disembuhkan tanpa memerlukan perawatan ortodontik. Meskipun disarankan setelah 12 bulan pemakaian dot dikurangi.

Menurut penelitian Jane Soxman yang diterbitkan oleh General Dentistry, penggunaan dot dianjurkan maksimal 6 jam sehari. Penggunaan dot setelah usia tiga tahun dan lebih dari 6 jam dapat menyebabkan maloklusi yang disebut gigitan terbuka. Yaitu antara bagian atas dan bagian bawah terdapat celah saat mulut ditutup.

Di sisi lain, Anda harus ingat bahwa agar dot aman, dot harus memenuhi standar yang ditetapkan oleh AENOR (Asosiasi Standarisasi dan Sertifikasi Spanyol). Untuk melakukan ini, dot harus terbuat dari bahan plastik, ujungnya harus dibulatkan, harus memiliki cincin atau pegangan untuk dapat mengeluarkannya dari mulut dan ukuran dot tidak boleh lebih dari 3,3 cm.

Jari lebih buruk dari dot untuk pembentukan gigi

Namun, selalu lebih baik bagi anak laki-laki atau perempuan untuk menggunakan empeng daripada mengisap jari, yang biasanya adalah ibu jari. Kebiasaan ini menimbulkan risiko lain selain malformasi pada gigi karena tidak dapat disterilkan seperti empeng.

Dalam hal pembentukan gigi, mengisap jempol menyebabkan berbagai masalah keselarasan dan beberapa hanya dapat diatasi dengan perawatan ortodontik di tahun-tahun berikutnya. Mengisap jari menyebabkan anak mengalami gigitan terbuka. Demikian pula, karena tekanan yang diberikan oleh anak pada jari, langit-langit mulut naik secara berlebihan dan lengkung rahang atas secara bertahap menyempit. Deformasi ini dapat menyebabkan masalah dalam mengunyah dan menelan makanan serta mengganggu perkembangan bicara serta diksi anak.

ortodontik anak di Granada

Tips untuk meninggalkan dot:

1.- Semakin cepat Anda meninggalkan empeng, semakin mudah dan semakin sedikit sindrom penarikan yang akan Anda derita.

2.- Lebih baik meninggalkannya secara tiba-tiba, tetapi jika diputuskan untuk meninggalkannya secara bertahap, Anda dapat mengoleskan lemon atau sesuatu yang memberikan rasa tidak enak pada puting susu.

3.- Anda harus tegas setelah proses dimulai.

4.- Kaitkan meninggalkan dot dengan sesuatu yang positif seperti menjadi “laki-laki atau perempuan besar” atau dengan hadiah dari beberapa karakter yang fantastis (peri dot).

5.- Hukuman tidak boleh digunakan karena, kami tegaskan, ini lebih buruk daripada laki-laki atau perempuan yang mengisap jari mereka.

Bagaimanapun, ingatlah bahwa kunjungan pertama ke dokter gigi di masa kanak-kanak dianjurkan pada usia 6 tahun. Masalah apa pun yang mungkin timbul dalam pembentukan gigi akan lebih mudah dan lebih murah untuk diselesaikan jika dokter gigi dan ortodontis tepercaya Anda mendeteksinya tepat waktu. Di klinik gigi De Vicente Ortodoncia, spesialis ortodontik √Āngeles de Vicente memiliki pengalaman lebih dari 30 tahun dalam merawat anak-anak dengan masalah gigitan atau maloklusi. Hasilnya selalu sama: mencapai senyum yang sehat, seimbang, dan sempurna.

Leave a Reply