Cara Menanam Kencur di Polybag yang Mudah

Cara Menanam Kencur di Polybag

Cara Menanam Kencur di Polybag – Kencur atau dengan nama latin Kaempferia galanga merupakan salah satu jenis tanaman herbal yang masuk dalam suku temu-temuan. Rimpang kencur memiliki segudang manfaat, diantaranya dapat dijadikan sebagai bumbu masakan maupun sebagai bahan baku jamu.

Banyaknya manfaat kencur ini menjadikannya sebagai salah satu rempah-rempah yang akan dibutuhkan setiap saat. Untuk itu, Anda perlu membudidayakan tanaman kencur sendiri di rumah.

Membudidayakan tanaman kencur tergolong cukup mudah. Jika dirawat dengan baik, tanaman kencur dapat tumbuh subur serta memproduksi rimpang yang banyak.

Selain ditanam di lahan perkebunan, tanaman kencur ternyata juga bisa dibudidayakan di polybag lho. Berikut ini beberapa kelebihan menanam kencur di polybag:

  • Mudah ditata
  • Perawatan menjadi lebih mudah
  • Tidak memerlukan pengolahan lahan
  • Mudah dalam pengkondisian lahan tanam agar produktivitasnya tinggi
  • Memudahkan pada saat pemanenan
  • Tidak tergenang air saat musim penghujan

Cara Menanam Kencur di Polybag

Ada beberapa tahapan yang perlu dilakukan saat menanam kencur di polybag. Mari kita simak cara-caranya berikut ini:

1. Perhatikan Syarat Tumbuh Kencur

Pada dasarnya, cara menanam kencur di polybag tidak jauh berbeda dengan cara menanam kencur di lahan terbuka. Pasalnya, semua tahapan budidaya kencur di polybag maupun di lahan terbuka adalah sama dari tahap pembibitan hingga panen. Yang membedakan adalah media tanam yang digunakan.

Agar tanaman kencur bisa tumbuh secara optimal, maka kita perlu memperhatikan syarat-syarat tumbuhnya terlebih dahulu sebelum memulai menanam kencur.

Tanaman kencur dapat tumbuh subur pada media tanah liat berpasir dengan pH tanah 5-6. Selain itu, tanaman kencur juga membutuhkan unsur hara, sinar matahari dan air yang cukup.

Rimpang kencur bisa berkembang secara maksimal jika ditanam pada media tanah yang gembur dan berpasir.

2. Persiapan Bibit Kencur

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan setelah mengetahui syarat-syarat tumbuh kencur yaitu pembibitan. Pembibitan kencur biasanya menggunakan rimpang kencur yang sudah tua dan berumur sekitar 10 bulan atau telah memiliki 2-3 calon tunas. Pastikan rimpang kencur yang akan digunakan sebagai bibit ini terhindar dari penyakit maupun jamur.

Setelah didapatkan bibit kencur dengan kualitas baik, kemudian letakkan bibit-bibit  tersebut pada tempat yang tidak terpapar sinar matahari secara langsung selama beberapa hari hingga bibit kencur siap ditanam.

3. Persiapan Media Tanam Polybag | Cara Menanam Kencur di Polybag

Tahapan selanjutnya yiaitu mempersiapkan media tanam polybag. Siapkan polybag berukuran besar agar rimpang kencur dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Anda dapat menggunakan polybag dengan ukuran 35 cm atau 50 cm.

Setelah itu, masukkan media tanam ke dalam polybag hingga memenuhi 2/3 bagiannya.

Media tanam yang digunakan merupakan campuran tanah dan pupuk kompos/ kandang, atau campuran tanah dan pasir dengan perbandingan 4 : 1.

Setelah diisi dengan media tanam, selanjutnya polybag tersebut diletakkan pada tempat yang teduh atau terhindar dari sinar matahari langsung selama sekitar 1 atau 2 hari agar kondisi tanahnya lebih stabil.

4. Penanaman Bibit Kencur pada Polybag

Buatlah lubang tanam pada media tanam polybag sedalam 5 hingga 7 cm atau disesuaikan dengan panjang rimpang bibit kencur.

Kemudian masukkan bibit kencur ke dalam lubang tanam dengan posisi calon tunas menghadap ke bagian atas. Dalam satu media tanam polybag, bisa ditanami sebanyak 2 rimpang bibit kencur dengan jarak penanaman yaitu sekitar 10-15 cm.

5. Tahap Perawatan

Agar bibir kencur bisa tumbuh dengan baik maka perlu dilakukan perawatan yang benar. Perawatan tanaman kencur yang ditanam di dalam polybag yaitu meliputi penyiraman, pemupukan, penyiangan dan pengendalian hama penyakit.

Proses penyiraman dilakukan 2 kali sehari pada pagi dan sore hari. Banyaknya penyiraman bisa Anda sesuaikan dengan kondisi cuaca. Bila pada musim penghujan, maka penyiraman dapat dikurangi atau ditunda pada keesokan harinya.

Namun, jika saat musim kemarau, maka Anda perlu menyiram kencur lebih banyak dari biasanya agar kondisi tanah tidak kering dan tetap lembab.

Selain penyiraman, tanaman kencur juga memerlukan zat unsur hara yang mencukupi agar bisa tumbuh dengan optimal. Tahapan pemupukan ini dapat Anda lakukan dengan penggunaan pupuk kandang atau pupuk kompos.

Pada musim penghujan, biasanya di dekat tanaman kencur akan ditumbuhi rumput-tumput liar atau gulma. Keberadaan gulma ini dapat mengganggu pertumbuhan tanaman kencur karena bisa merebut zat unsur hara di dalam tanah.

Proses pembersihan gulma ini bisa Anda lakukan dengan cara mencabuti rumputnya satu per satu hingga ke akar.

Selain gulma, keberadaan hama dan penyakit juga dapat mengganggu pertumbuhan tanaman kencur. Hama yang seringkali menyerang tanaman kencur yaitu ulat daun. Pengendalian terhadap hama ini dapat dilakukan secara manual dengan membunuh ulat daun dan menyingkirkan bagian yang terserang hama.

6. Tahap Panen Rimpang Kencur | Cara Menanam Kencur di Polybag

Cara panen rimpang kencur yang di tanam di dalam polybag cukup mudah, Anda hanya perlu merobek polybag untuk mengeluarkan rimpangnya. Umur panen rimpang kencur pun berbeda-beda sesuai dengan kebutuhannya.

Untuk kebutuhan konsumsi, rimpang kencur sudah bisa mulai bisa dipanen sejak berumur 6 bulan. Jika digunakan dalam kebutuhan industri, maka kencur sebaiknya dipanen saat berumur sekitar 8 bulan. Namun, jika rimpang kencur akan digunakan sebagai bibit, maka panen dilakukan saat tanaman kencur berumur 10-12 bulan.

Baca Juga : Cara Buat Jamu Beras Kencur dan Khasiatnya

Wah ternyata syarat tanam kencur serta cara menanam kencur di polybag sangat mudah ya. Jadi, tunggu apalagi? masih ragu untuk menanam kencur?

Dengan membudidayakan kencur sendiri di rumah, Anda tak perlu lagi jauh-jauh mencari dan membeli kencur di pasar.

Demikian tadi informasi mengenai cara menanam kencur di polybag, semoga artikel ini dapat bermanfaat serta bisa menambah wawasan anda. Untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, Anda dapat mengunjungi website kami hanya di SciencefictionTwin.

Leave a Reply