Cara Mempercepat Kinerja Komputer

Punya komputer yang lambat pastinya sangat membosankan bagi kita terlebih bila digunakan setiap hari. Komputer menjadi salah satu barang elektronik yang begitu penting. Bahkan ada beberapa orang yang tidak bisa hidup tanpa komputer dalam kesehariannya.

Ada beberapa cara yang bisa di lakukan agar komputer bisa berjalan cepat dari sebelumnya. Dan untuk melakukan ini tidak terlalu susah.

Lalu apa yang menjadi sebab komputer ini bisa lambat? Dikutip dari laman servicekomputerpanggilantangerang.com ada beberapa hal yang bisa diulas di sini, seperti:

#. Hardisk
Sangat disarankan untuk memberikan ruang hardisk kosong yang cukup. Dengan ini membuat komputer bisa berjalan dengan baik.

#. Sistem registry
Semakin banyak aplikasi yang kita pasang pada komputer ini akan semakin banyak pula sistem registry baru yang berada pada komputer tersebut.

Cara Mempercepat Kinerja Komputer

#. Anti-virus
Keberadaan software anti-virus sangat diperlukan sekali untuk memblok beragam virus yang akan merusak atau menginfeksi sistem yang ada. Sebab bila virus ini sudah masuk dan berkembang maka akan berakibat fatal salah satunya keamanan data anda sendiri.

#. Spyware
Spyware merupakan sebuah program yang bisa berjalan di dalam komputer tanpa kita tahu. Dari mana datangnya? Hampir seperti virus yang bisa masuk kapan saja ke dalam komputer seperti download aplikasi di internet yang tidak tahu asal-usulnya kebenarannya. Untuk menghapusnya salah satu caranya dengan menginstal anti spyware.

Untuk anda yang sudah mengenal komputer lebih dalam maka untuk melakukan langkah nya jauh lebih mudah, tetapi bagi yang belum tetep bisa untuk mengikuti tips di bawah ini tanpa harus memanggil service komputer panggilan di jaksel. Apa saja sih yang digunakan untuk mempercepat kinerja komputer yang banyak digunakan para teknisi saat ini?

#. Spesifikasi komputer
Spesifikasi komputer ini penting sekali di ketahui bagi siapapun agar tidak salah dalam penggunaan kedepannya. Contohnya komputer yang digunakan untuk mengetik dan game dari spesifikasi pasnya sangat berbeda. Jangan sampai komputer yang digunakan untuk mengetik diinstal aplikasi game apalagi gamenya kategori yang berat. Bisa dikatakan hal ini tidak akan pernah bisa berjalan aplikasi yang ada.

#. Sistem keamanan
Wajib sekali untuk menginstal sebuah anti-virus pada sebuah komputer agar menjaga kesehatan dari komputer tersebut dari virus-virus yang bertebaran saat ini. Untuk anti-virus banyak sekali jenisnya anda bisa pilih yang sesuai kebutuhan dan yang pasti sebaiknya gunakan salah satu saja jangan dipasang terlalu banyak karena efeknya akan membuat komputer sendiri menjadi lambat nantinya.

#. Software
Gunakanlah software yang hanya diperlukan saja dan bila ada yang sudah terpasang dan jarang sekali digunakan ada baiknya untuk dihapus saja. Mengapa? Karena software ini yang dipasang akan memakan tempat di hardisk. Maka dari itu bila tidak digunakan sebaiknya dihapus saja agar memberikan ruang kosong yang lebih banyak.

#. Start up
Saat menghidupkan komputer ada banyak aplikasi-aplikasi yang langsung ON ketika dihidupkan dan efeknya akan membuat loading semakin lama. Untuk mempersingkat waktu hal yang perlu dilakukan adalah dengan mematikan sistem auto start pada software tersebut.

#. Defragment hardisk
File-file atau program yang sering kita buka akan memberi dampak kepada registry jadi tidak beraturan. Efeknya akan membuat kinerja komputer menjadi lambat. Supaya file-file ini menjadi satu bagian maka bisa dilakukan dengan mendefragment hardisk.

#. Register cleaner
Tujuan digunakan hal ini adalah untuk membersihkan register-register tidak penting. Efek yang di dapat dari komputer adalah akan menjadi lebih cepat dan kinerja nya semakin optimal. Salah satu program yang sering di gunakan adalah CC Cleaner.

Post A Comment