Cara Membuat Kerupuk Udang Renyah Dan Manfaatnya Bagi Tubuh!

Cara Membuat Kerupuk Udang – Secara umum, kerupuk udang putih agak cokelat ketika digoreng, ada yang berbentuk agak persegi tetapi ada yang agak besar, dan sampai sekarang masih sangat mudah ditemukan di pasar tradisional atau toko kelontong.

Di beberapa daerah kerupuk ini juga digunakan sebagai oleh-oleh seperti di Sidoarjo, Cirebon dan lainnya, yang semuanya memiliki karakteristik atau selera sendiri.

Di sini saya akan memberi Anda resep dan cara membuat kerupuk udang yang bisa dibuat di rumah dan bahan-bahannya sangat mudah ditemukan. Berikut ini resep dan cara membuat kerupuk udang yang sudah saya tulis.

Bahan kerupuk udang:

  1.     700 gram udang segar berukuran sedang
  2.     500 gram tepung tapioka
  3.     5 siung bawang putih, dihaluskan
  4.     1 butir telur
  5.     2 sendok makan garam
  6.     2 sendok makan gula pasir
  7.     200 ml air
  8.     Daun pisang, untuk membungkus adonan
  9.     Minyak goreng

Cara Membuat Kerupuk Udang:

  1.     Kupas kulit udang dan lepaskan kepala. Cuci udang sampai bersih lalu tiriskan.
  2.     Blender / giling udang menggunakan blender.
  3.     Campurkan udang giling, tepung tapioka, bawang putih, garam, dan gula ke dalam wadah. Campur dengan baik.
  4.     Tuang air sedikit demi sedikit, sambil terus diaduk.
  5.     Tambahkan telur, lalu uleni adonan sampai rata dan tidak lengket.
  6.     Bungkus campuran menggunakan daun pisang, dan bentuk menjadi gulungan longitudinal.
  7.     Kukus adonan selama 3 jam sampai matang. Hapus lalu dinginkan.
  8.     Iris kerupuk menjadi irisan tipis, lalu keringkan di bawah sinar matahari hingga benar-benar kering selama sekitar 1-2 hari.
  9.     Panaskan banyak minyak. Kerupuk goreng hingga mengembang dan renyah. Angkat dan tiriskan.
  10.     Siap disajikan atau disimpan dalam wadah kedap udara atau vacuum sealer.

Manfaat Udang

1. Udang untuk Penyeimbangan Hormon

Manfaat paling penting dari mengonsumsi udang adalah menyeimbangkan hormon dalam tubuh. Secara khusus, jika kita sering melakukan kegiatan olahraga, makan udang sangat bermanfaat. Udang memiliki banyak kandungan protein yang akan membantu menghasilkan hormon dan menyeimbangkan jumlah hormon.

Terutama jika kita menginginkan peningkatan massa otot, massa otot pembentuk hormon dapat diproduksi dengan baik oleh nutrisi yang terkandung dalam udang.

2. Udang Mencegah Kanker

Penyakit berbahaya seperti kanker dapat dicegah dengan mengonsumsi udang. Pada 56 mikrogram dalam 4 ons udang yang kita konsumsi, ada selenium dengan jumlah yang tepat untuk memenuhi kebutuhan mineral selenium dalam tubuh kita. Mineral selenium adalah antioksidan yang dapat mencegah pertumbuhan sel kanker.

Bahkan, beberapa penelitian yang telah dilakukan membuktikan bahwa kandungan selenium yang terkandung dalam udang dapat diserap dengan baik oleh tubuh kita.

3. Udang Dapat Mencegah Penyakit Jantung, Diabetes dan Anti-depresi

Selain kanker, udang juga bisa menjadi pencegah yang bisa dikatakan unik untuk menghindari risiko penyakit kardiovaskular, misalnya gagal jantung. Sekali lagi, mineral selenium adalah faktor yang sangat berpengaruh dalam mencegah penyakit jantung ini. karena kekurangan mineral selenium sebenarnya bisa mengakibatkan risiko tinggi gagal jantung.

Diabetes tergolong penyakit yang cukup sulit disembuhkan, kita juga bisa mencegahnya dengan memasukkan udang ke dalam makanan yang kita konsumsi setiap hari.

Dan satu hal lagi, mineral selenium yang ada dalam udang juga bermanfaat untuk pencegahan atau pengobatan bagi penderita depresi.

4. Udang sebagai sumber Omega 3

Beberapa orang menganggap udang sebagai sumber kolesterol jahat atau LDL tinggi, sehingga mereka memilih untuk tidak memasukkan udang dalam menu sehat sehari-hari. Meskipun udang memiliki kandungan omega 3 yang sangat lengkap, omega 3 sangat penting bagi otak.

Banyak penelitian telah membuktikan kebenaran bahwa udang mengandung beragam omega 3. Dalam empat ons udang, terkandung 50% Asam Eicosapentaenoic atau EPA dan juga Asam Docosahexaenoic atau DHA dalam persentase seimbang 50%. EPA dan DHA sendiri adalah dua jenis omega 3 yang berperan aktif dalam menjaga sistem saraf yang sehat dan sebagai faktor pencegahan penyakit yang berkaitan dengan jantung.

Demikian artikel tentang cara membuat kerupuk udang renyah dan manfaatnya bagi tubuh. Anda dapat mencoba membuat berbagai inovasi unik tentang cara membuat kerupuk udang dengan menambahkan bahan-bahan lain yang membuat kerupuk udang lebih lezat dan lezat. Anda juga bisa mencoba box dryer untuk mengeringkan biji-bijian. Terima kasih dan semoga berhasil!

Leave a Reply