Cara Membuat kerupuk Buah Naga yang Mudah Untuk Dibuat

Assalamualaikum Wr. Wb. kali ini saya akan menjelaskan tentang cara membuat kerupuk buah naga. Kerupuk buah naga cocok untuk dijadikan makanan pendamping menu makan. Proses pembuatan dari kerupuk sendiri sangat mudah, praktis dan bahan-bahan pembuatan mudah didapat.

Manfaat Buah Naga

cara membuat kerupuk buah naga

Selain enak untuk diolah, cara membuat keripik buah naga yang enak, buah naga juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita. Berikut manfaat buah naga untuk tubuh kita

Membantu Mengurangi Berat Badan

Jika anda mengisi perut dengan makanan yang penuh serat dan rendah kalori seperti buah naga, perut anda akan terasa kenyang tanpa bertambah berat badan. Buah naga juga bisa melancarkan pencernaan karena banyak mengandung air.

Camilan Sehat Bagi Orang Diet

Ini sama dengan poin pertama, bagi yang sedang diet, untuk menurunkan berat badan atau mempertahankan berat badan ideal. Jikaanda makan buah naga secara teratur, perut anda akan terasa kenyang tanpa meregangkan tubuh Anda.

Membantu Proses Detoksifikasi

Sebagai sumber antioksidan, buah naga dapat mengurangi radikal bebas dalam tubuh sehingga proses detoksifikasi (pengeluarkan racun dalam tubuh) berjalan lancar.

Mampu Mencegah Kanker

Seperti buah merah lainnya, buah naga mengandung lycopene. Lycopene, yang bertanggung jawab untuk memberikan warna merah pada buah naga, telah terbukti menurunkan risiko kanker prostat.

Buah naga tidak hanya mengandung likopen, tetapi buah naga juga kaya akan antioksidan hyoalbumin yang membantu dalam pembentukan radikal bebas karsinogenik dalam tubuh.

Buah Naga juga kaya akan serat, kalsium, fosfor dan vitamin C dan B2, serta mengeluarkan racun logam dari dalam tubuh, beberapa di antaranya dapat menyebabkan kanker.

Mampu Mencegah Diabetes

Sifat antioksidan yang terdapat pada buah naga berfungsi untuk mencegah penyakit diabetes mellitus karena dapat membunuh sel-sel jahat yang biasanya dihasilkan oleh gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat.

Buah naga aman untuk penderita diabetes karena buah naga memiliki kandungan gula yang sangat sedikit.

Mencegah Tekanan Darah Tinggi dan Serangan Jantung

Selain mencegah kanker, lycopene juga berfungsi sebagai penurun tekanan darah dan pencegahan penyakit jantung seperti serangan jantung mendadak. Karena biji buah naga mengandung lemak omega 3 dan omega 6 yang dapat membantu meringankan penyakit kardiovaskular.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Buah Naga mengandung nutrisi dan nutrisi yang bermanfaat dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jika rajin mengkonsumsi buah, proses penyembuhan luka baik luar maupun dalam akan lebih cepat.

Meningkatkan Nafsu Makan

Vitamin B1 dan B2 dalam buah naga dapat meningkatkan nafsu makan jika rutin mengonsumsi buah naga, terutama bagi anak-anak yang biasanya susah makan. Hal ini sangat bertentangan dengan manfaat buah naga untuk diet, namun bagi yang sedang diet, cukup mengganti menu harian anda dengan buah naga yang juga mengenyangkan tanpa meregangkan tubuh.

Membantu Masalah Pencernaan

Buah naga mengandung serat tinggi yang dapat membantu pencernaan dan mengobati sembelit atau sembelit. Mengkonsumsi daging naga yang mengandung protein baik dapat membuat tubuh Anda sehat dan segar.

Menunda Penuaan Dini

Buah naga dapat menunda penuaan. Karena buah naga mengandung antioksidan yang menjaga kulit tetap kencang dan bisa beregenerasi dengan baik.

Cara Membuat Kerupuk Buah Naga

cara membuat kerupuk buah naga

Bahan-bahan

  • Tepung tapioka –250 gram
  • Jus buah naga merah –100 ml
  • Air bersih –100 ml
  • Bawang putih –5 siung
  • Tepung beras –50 gram
  • Garam halus –1 sendok teh

Cara Membuat Kerupuk Buah Naga :

  1. Pertama-tama siapkan bahan-bahan.
  2. Kemudian campurkan bawang putih dan air dengan menggunakan blander.
  3. Setelah itu masukkan jus buah, tepung tapioa, garam halus, dan campuran bawang putih ke dalam panci.
  4. Aduk-aduk sampai rata.
  5. Kemudian nyalakan api dan masak hingga mendidih dan mengental.
  6. Setelah itu campurkan adonan dengan tepung kanji.
  7. Aduk dengan tangan sampai kalis.
  8. Kemudian bentuk adonan menjadi seperti mpek-mpek lenjer.
  9. Setelah itu didihkan air dan 1 sendok teh minyak goreng ke dalam panci.
  10. Setelah mendidih rebus adonan hingga mengapung.
  11. Jika sudah mengapung, angkat dan tiriskan.
  12. Kemudian masukkan adonan ke dalam kulkas kira-kira 1 hari.
  13. Setelah itu iris tipis-tipis dan jemur di bawah sinar matahari kira-kira 1 sampai 2 hari.
  14. Goreng kerupuk dengan menggunakan minyak panas.
  15. Kerupuk buah naga siap disajikan. ( Anda juga bisa menggunakan Mesin Vacuum Frying )

Baca juga : cara membuat ayam frozen food

Sekian dari saya kurang lebinya mohon maaf. Semoga artikel saya tentang cara membuat kerupuk buah naga bermanfaat. Jika anda ingin mencoba membuatnya anda dapat melihat tutorial di atas.

Terima kasih:)

Leave a Reply