Cara Membuat Kerajinan Sabut Kelapa Mudah

Jaman sekarang banyak kerajinan dari sabut kelapa. Cara membuat kerajinan dari sabut kelapa pun tidak susah tetapi sangat mudah.

Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki banyak tanaman kelapa. Sejak kecil kita sudah dikenalkan bahwa pohon kelapa memiliki banyak khasiat mulai dari akar hingga daunnya.

Salah satu contohnya adalah sabut kelapa yang biasanya hanya dibuang yang dapat diolah kembali menjadi alas yang terbuat dari sabut kelapa.

Selama ini buahnya digunakan sebagai santan dan minyak. Batangnya digunakan untuk membuat kayu dan daunnya untuk kerajinan sapu, antara lain.

Limbah kulit kelapa yang selama ini dibuang dapat dimanfaatkan sebagai produk yang bermanfaat bagi lingkungan dan juga memberikan nilai ekonomis bagi pedesaan.

Sabut kelapa umumnya hanya dimanfaatkan oleh masyarakat untuk keperluan bahan bakar rumah tangga yang masih menggunakan kayu bakar sebagai bahan bakar.

Di daerah yang merupakan penghasil kelapa, sabut kelapa ini sering kali dibuang begitu saja. Mungkin hanya usaha pembuatan batako dan genteng saja yang membutuhkan sabut kelapa untuk melalui sistem tersebut.

Namun ada beberapa pengrajin yang memanfaatkan sabut kelapa ini untuk diolah menjadi produk yang memiliki nilai ekonomis. Seperti apa ide bisnis pengolahan sabut kelapa?

Cocofiber atau disebut sabut kelapa alias sabut kelapa merupakan bahan utama pembuatan berbagai produk kerajinan tangan.

Sabut kelapa yang masih kasar dan menggumpal dapat diolah untuk mendapatkan serat halus dengan dua cara yaitu teknik tradisional dan teknik modern.

 

Kerajinan dari Sabut Kelapa

Keset Sabut Kelapa

cara membuat kerajinan dari sabut kelapa

Keset ini memiliki bahan baku yang hampir sama dengan sapu ijuk dan juga sabut sabut. Biasanya keset dari sabut kelapa ii di luar rumah.

Kelapa merupakan salah satu jenis buah tropis yang sangat terkenal dengan khasiatnya bagi manusia dan juga hewan. Air dari buah kelapa dapat digunakan sebagai media penyegar, dan dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang akibat aktivitas sehari-hari.

Hampir seluruh bagian pohon kelapa dapat dimanfaatkan untuk keperluan tertentu. Oleh karena itu kelapa merupakan salah satu jenis pohon yang multifungsi. Hal ini tidak pernah lepas dari kehidupan masyarakat, terutama yang tinggal di pesisir pantai.

Produk yang dihasilkan pun memiliki bentuk yang beragam. Produk kerajinan sabut kelapa ini memiliki nilai jual yang tinggi tergantung tingkat kesulitannya.

Jika kemarin kita membuat resep cumi goreng tepung, pada artikel kali ini kami akan membagikan contoh produk kerajinan dari sabut kelapa. Berikut ini adalah aneka produk kerajinan dari sabut kelapa.

Alat yang Dibutuhkan:

  • Rimbagan
  • Palu
  • Pisau
  • Gunting
  • Gobet

Bahan yang digunakan:

  • Sabut kelapa
  • Tali kelapa
  • Minyak kelapa

Cara Membuat Kerajinan dari Sabut Kelapa Keset:

  1. Siapkan alat dan bahan. Bentuk sabut kelapa seperti bantal. Pasang tali atau tali ke hutan sebagai alur untuk menenun. Oleskan minyak secukupnya pada tali agar saat bahan ditenun tidak tersedak.
  2. Menenun tali sebagai permulaan sekaligus fondasi. Menenun sabut kelapa seolah-olah kita sedang menenun, masukan dari atas ditata sejajar hingga semuanya terisi penuh. Setiap baris ditutup dengan pemukulan dari atas dengan palu sehingga kesetiaan menjadi kokoh dan juga memiliki kekuatan.
  3. Setelah selesai menganyam, kemudian permukaan keset diratakan agar rata. Kunci tali atau tali agar anyaman tidak mudah lepas.

 

Jok Mobil | Cara Membuat Kerajinan dari Sabut Kelapa

Industri otomotif terkemuka di dunia, misalnya Mercedes BenzVolkswagen Porche, dan Opel di Eropa, ternyata menggunakan serabut kelapa untuk mengisi jok mobil. Bahkan saat ini serabut kelapa digunakan untuk jok pesawat terbang.

Kelebihan sabut kelapa sebagai pengisi jok mobil yaitu karena mempunyai daya lentur yang sangat baik, tahan lama, tidak berbau, dan memiliki tingkat pencemaran yang sangat rendah (bioderedability).

 

Briket | Cara Membuat Kerajinan dari Sabut Kelapa

Anda pasti sering mendengar nama briket berasal dari batu bara atau batok kelapa bukan? dan itu benar. Namun ternyata sekarang briket juga bisa dibuat dari sabut kelapa. Jadi anda akan merasa aneh jika briketnya berasal dari serabut kelapa.

Briket berbahan dasar sabut kelapa memiliki sifat yang lebih ramah lingkungan dan Anda akan dikenakan biaya pembuatan, karena biaya produksi briket sabut kelapa lebih murah dibandingkan briket batubara.

 

Matras | Cara Membuat Kerajinan dari Sabut Kelapa

Matras Sabut Kelapa ini berfungsi sangat baik sebagai matras kesehatan bagi orang-orang yang memiliki kecenderungan penyakit pinggang, sangat baik memakai produk matras ini.

Sifatnya yang sangat lentur, tetapi tidak mudah tertekan, aman untuk orang yang sedang dalam perawatan sakit pinggang.

Matras Sabut kelapa ini cocok juga untuk matras bagi bayi, karena sifatnya yang mampu menyerap bau, menjadikannya tetap nyaman jika pun sering diompoli berkali-kali oleh si bayi.

Matras ini juga dapat digunakan sebagai sandwich atau campuran untuk membuat lapisan spring bed yang berkualitas.

 

Kasur Sabut Kelapa | Cara Membuat Kerajinan dari Sabut Kelapa

Kasur sabut kelapa adalah perpaduan dari sabut kelapa dan juga lateks karet, yang menghasilkan sebuah produk yang bekualitas tinggi, sebab kasur ini tidak perlu lagi menggunakan pegas/per, kasur sabut kelapa dan karet ini sudah lentur dan empuk secara alami, hasil dari proses pengeritingan serat serabut kelapa.

Kelebihan dari kasur ini yaitu juga anti bakteri, anti air (terkena air atau ompol anak atau susu anak mudah di bersihkan dan cepat kering. Sehingga dipastikan sehat untuk bayi dan anak-anak.

 

Selain keset dan beberapa contoh kerajinan diatas, ada juga cocomesh jaring sabut kelapa yang merupakan produk dari sabut kelapa.

Anda bisa menemukan orang yang jual cocomesh murah dan berkualitas dimana mana termasuk di toko – toko peralatan rumah tangga.

Leave a Reply