Apa itu Bordir Komputer dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Tentunya anda tidak asing dengan gambar bunga dari benang pada kain kebaya. Hiasan pada kain yang membuat pakaian menjadi menarik dan indah. Atau tulisan dan ilustrasi di atas kain yang menjadi identitas atau merek suatu brand produk. Gambar, atau tulisan pada kain tersebut disebut sebagi bordir. Yang bisa membuat berbagai bentuk dan ilustrasi sesuai dengan keinginan.

Dalam dunia fashion, bordir memiliki minat yang baik. Karena dengan bordir, kain menjadi memiliki hiasan tiga dimensi yang seolah nyata, sehingga terlihat indah dan elegan. Bordir juga digunakan sebagai ilustrasi atau logo untuk identitas. Karena gambar dari bordir bersifat tahan lama, tidak luntur, dan tidak hilang seperti beberapa sablon.

Supaya Anda mendapatlan informasi lebih jelas mengenai bordir, mesin bordir, dan cara kerjanya tentu perlu penjelasan lebih lanjut. Mari simak ulasan tentang mesin bordir komputer dan cara kerjanya berikut ini.

Pengertian Bordir Komputer dan Cara Kerjanya

Apakah anda tahu apa itu bordir? Bordir merupakan proses pembuatan motif seperti tulisan, ilustrasi, gambar, atau logo di atas kain. Namun dapat juga di atas kertas ataupun kulit. Motif tersebut dibuat dari berbagai macam dan warna benang. Apakah anda tahu bordir komputer dan cara kerjanya? Jika belum, ulasan dibawah ini akan memberikan informasi tentang mesin yang biasa digunakan dalam membordir. Mari simak.

  1. Apa itu mesin Bordir Komputer?

Sejak dulu, bordir sudah dikenal oleh masyarakat. Hanya saja proses membordirnya menggunakan tangan atau biasa disebut bordir manual. Namun, bordir manual akan menyulitkan untuk produksi dalam jumlah besar dan banyak. Karena sulit untuk menghasilkan bordir yang sama persis antar produk satu dengan lainnya.

 

Seiring dengan perkembangan teknologi, dapat digunakan bordir komputer. Mesin bordir sendiri berarti suatu alat yang digunakan untuk membordir dalam membuat pola atau desain di atas kain dengan hiasan berupa benang. Sedangkan mesin bordir komputer berarti alat menyulam atau mesin bordir yang dalam prosesnya dihubungkan dengan komputer yang sebelumnya telah diatur untuk program bordir. Proses bordir komputer dikerjakan oleh operator yang telah paham dalam cara kerja mesin bordir komputer. Mesin ini lebih cocok untuk membordir dalam jumlah besar. Selain menghemat biaya, hasilnya juga rapi dan sama persis antara produk bordir satu dengan yang lainnya maka dari itu jasa bordir komputer ini sangat di minati oleh orang orang karena banyak kelebihannya

 

  1. Bagaimana cara kerja mesin bordir komputer?

Dalam pengerjaan bordir komputer, pertama anda membutuhkan desain dalam bentuk softfile. Anda dapat membuat desain sesuai dengan kebutuhan dan keinginan anda dengan menggunakan berbagai macam aplikasi seperti Corel draw, Photoshop, atau yang lainnya. Jika desain yang anda miliki dalam bentuk hardfile yang telah dicetak, maka anda bisa menscan terlebih dahulu. Desain atau program gambar tersebut biasanya disebut film punching dalam istilah bordir komputer.

Tahap selanjutnya, film punching disimpan dengan nama dan format tertentu yang menyesuaikan dengan mesin bordir. Film punc

mesin bordir kompuiter

hing selanjutnya dimasukkan ke dalam head bordir komputer. Sehingga, desain anda bisa dibaca oleh komputer. Dan operator akan mengatur warna, jenis benang, margin, dan letak bahan atau kain yang akan dibordir. Lalu proses bordir akan berjalan.

Itulah pengertian bordir komputer dan bagaimana cara kerjanya. Penggunaan mesin ini akan menghasilkan desain sesuai dengan desain yang dibuat. Walaupun demikian, jika anda berencana membuat bordir, maka pilihlah jasa bordir komputer yang telah berpengalaman dan ahli dalam pengerjaannya

.

 

Post A Comment