3 Alasan Kenapa Harus Memiliki Gaya Hidup Minim Sampah

Adanya banyak sampah – sampah non organik pasti tidak lepas dari yang namanya gaya hidup seseorang yang konsumtif. Coba saja hitung, dalam sehari kita menggunakan plastik berapa kali? Nah dan ini yang kemudian jadi permasalahan ketika plastik – plastik itu sudah tidak digunakan lagi dan dibuang tidak pada tempatnya seperti salah satunya tong sampah stainless. Kemanakah larinya plastik – plastik itu ?

Dan sudah ada banyak studi yang meneliti bahwa hampir 50% lebih sampah yang dibuang ternyata tidak hanya ada di daratan saja, tapi juga yang sangat banyak dibuang kelautan. Nah Indonesia ini tergolong sebagai peringkat kedua yang paling banyak membuang sampah kelautan. Tentu hal ini akan jadi masalah lingkungan yang sangatlah berbahaya.

Nah berikut ini adalah beberapa kenapa sebaiknya kamu harus mulai gaya hidup dengan minim sampah.

  1. Plastik lama kelamaan malah kita makan

Taukah kamu, bahwa plastik yang tertimbun ke lautan, lama kelamaan akan jadi makanan ikan, dan termakan oleh biota laut lainnya. Nah, saat ikan itu ditangkap oleh nelayan dan dijual ke pasar dan dikonsumsi oleh kita, maka plastik yang ada di pencernaan ikan juga akan ikut termakan oleh kita. Dan lama kelamaan kita akan terserang macam – macam penyakit berbahaya mulai dari kanker, tumor, dll. Mengerikan bukan ?

  1. Lebih hemat

Dengan kita memulai kebiasaan dengan mengurangi sampah. Pasti nanti kita juga akan lebih fokus kepada macam – macam keperluan yang dibutuhkan saja. Tidak terlalu banyak membeli barang atau keperluan yang sebetulnya tidak kita perlu.

Karena terlalu foya – foya membeli barang yang sebetulnya tidak diperlukan, maka kita akan menyumbangkan sampah lebih banyak nantinya. Dan gaya hidup pun cenderung boros.

Makanya, beli barang seperlunya saja agar hidup lebih hemat dan tidak menyumbang sampah terlalu banyak.

  1. Belajar mencintai diri sendiri dan lingkungan

Ya dengan kamu belajar hidup untuk mengurangi sampah. Maka kamu juga telah belajar untuk mencintai diri sendiri dan juga lingkungan. Hidup jadi lebih bersih, aman, sehat, lingkungan juga lebih nyaman untuk ditinggali.

Nah itu dia beberapa alasan kenapa sebaiknya mulai dari sekarang kamu untuk hidup minim sampah. Selain untuk kebaikanmu, untuk kebaikan lingkungan, juga untuk kebaikan anak cucu kita nanti.

Post A Comment